Microsoft Akan PHK 7.800 Karyawan, Mayoritas Mantan Karyawan Nokia

Microsoft Akan PHK 7.800 Karyawan – Demi menghasilkan visi dan misi yang sesuai, Microsoft berencana melakukan tata ulang struktur perusahaan. Imbasnya perusahaan besar yang bergerak pada bidang perangkat lunak komputer serta mobile yang sangat populer di dunia ini harus memutuskan hubungan kerja (PHK) untuk sekitar 7.800 karyawannya.

Microsoft To Layoff 18,000

Ternyata dari jumlah karyawan yang akan di PHK oleh Microsoft tersebut sebagain besarnya merupakan karyawan dari divisi ponsel Microsoft. Dimana kebanyakan dari karyawan tersebut adalah mantan karyawan Nokia yang telah diakuisisi beberapa waktu lalu.

Microsoft yang memutuskan mengakuisisi Nokia memang memiliki harapan agar dapat bersaing bahkan diharapkan dapat menguasai pasar smartphone saat ini, seperti halnya yang terjadi pada Apple dan Samsung. Namun setelah akuisisi ini berjalan beberapa bulan kenyataannya masih jauh dari harapan dan impian Microsoft.

Keputusan saat itu diketahui, diambil oleh Steve Ballmer yang selaku CEO Microsoft. Banyak pihak yang menyatakan bahwa keputusan tersebut merupakan strategi yang membingungkan. Bahkan CEO Microsoft saat ii, Satya Nadella menyatakan bahwa dirinya sempat menentang keputusan akusisi tersebut.

“Ini adalah kerumitan yang diwariskan kepada Nadella. Ia benar-benar diminta untuk membereskan semua kekacauan yang dibuat Ballmer,” kata Daniel Ives, seorang analis pasar dari analis FBR Capital Markets, dikutip dari New York Times yang dilansir oleh CNN Indonesia.

Salah satu langkah yang berani yang diambil oleh Nadella dengan terjadinya akusisi tersebut adalah melakukan pengurangan sekitar enam persen karyawan mereka di seluruh dunia. Dengan langkah yang akan diambil oleh Microsoft ini maka jumlah karyawan yang sudah dipecat mulai tahun 2014 lalu mencapai 18 ribu karyawan.

“Kami menghapus strategi untuk menumbuhkan bisnis telepon yang berdiri sendiri menjadi strategi untuk menciptakan ekosistem Windows yang dinamis,” tulis pernyataan resmi Nadella.

Diketahui Microsoft telah menyiapkan dana sebesar 750 USD hingga 850 USD untuk melalukan restrukturisasi perusahaan. Mereka juga akan melakukan perubahan strategi bisnis untuk jangka waktu beberapa waktu kedepan. Bahkan dikabarkan bahwa Microsoft yang sebelumnya memproduksi smartphone Windows Phone akan beralih ke basis smartphone Android demi dapat bersaing di pasar smartphone Global yang sangat ketat saat ini. Baca juga Guvera, Sajikan Streaming Musik yang Kian Hemat Kuota Internet dan Insiden Kesalahan Pengiriman Lazada Terulang Kembali.

Top