Ketika Instagram Dikuasai Robot

Jutaan “Pengguna” Instagram Adalah Robot – Popularitas Instagram sebagai media berbagai foto, memang sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan, media yang satu ini seolah-olah menjadi lambang kekinian, terutama bagi generasi muda. Instagram pun memang punya ratusan juta pengguna aktif di seluruh dunia. Kawan Begawei mungkin adalah salah satunya. Tapi tahukah anda, kalau 24 juta diantara sekian banyak pengguna aktifnya, ternyata merupakan akun-akun yang dikendalikan oleh mesin. Secara sederhana, sekian banyak “pemilik” akun Instagram adalah robot.

jutaan pengguna instagram adalah robot

Pernyataan tersebut bukan berdasarkan perkiraan belaka, melainkan merupakan hasil penelitian. Adalah Andrea Stroppa, blogger asal Amerika Serikat yang mengaku telah meneliti lebih dari 10 juta akun Instagram secara acak. Hasilnya, Andrea membuktikan bahwa 7,9 persen di antara akun-akun yang diteliti itu bukan

dikendalikan oleh manusia. Menurutnya, akun-akun robot itu, tampaknya sengaja dibuat oleh oknum tertentu untuk diperjualbelikan. Bisa untuk meningkatkan jumlah followers. Sudah bukan rahasia lagi, merk-merk dan selebritis tertentu menggunakan “jasa” akun robot tersebut untuk menambah followers. Namun sebenarnya, hal itu justru sebuah ancaman yang serius bagi “kelangsungan hidup” Instagram.

“Saya rasa sudah saatnya Instagram untuk lebih transparan, karena mereka sedang memiliki masalah spambot yang cukup serius,” kata Stroppa.

Spambot sendiri bisa diartikan sebagai robot yang berupa program dengan sejumlah perintah sederhana, misalnya menyebarkan pesan tertentu di akun yang dituju. Program ini diciptakan untuk bisa bekerja secara otomatis. Bahkan, Spambot dibuat semirip mungkin dengan akun manusia, sehingga tak sedikit pengguna yang akan terkecoh dengan aktivitasnya.

“Mereka (Instagram) menjual iklan, dan sudah sepantasnya mereka memberikan data yang akurat pada investor dan pemasang iklan,” lanjut Andrea. Lalu, bagaimana tanggapan pihak Instagram?

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Instagram ternyata lebih menolak untuk mengeluarkan komentar. Namun ia menegaskan bahwa Instagram telah menerapkan sistem proteksi anti spambot yang berjalan secara otomatis dan manual. Sistem ini juga dipakai oleh Facebook. Baca juga Instagram Versi Baru Lebih Responsif dan Informatif dan Instagram Luncurkan Aplikasi Untuk Apple Watch.

 

Top