Ini Dia, Chip Komputer Terkencang Di Dunia

IBM Luncurkan Chipset Komputer Terkencang Di Dunia – International Business Machines Corporation atau yang dikenal sebagai IBM, terus berinovasi menciptakan teknologi-teknologi baru di dunia teknologi. Terbaru, perusahaan yang berbasis di merika itu meluncurkan produk baru, yang kinerjanya begitu dahsyat. Adalah chip computer terkencang di dunia, yang sedang mereka garap. Disebut terkencang di dunia, karena kabarnya, chipset generasi terbaru IBM ini, empat kali lebih kuat dibandingkan dengan chip terkuat yang beredar di pasar saat ini.

chip komputer terkencang di dunia dari IBM

Chip komputer terbaru besutan IBM iini, dibuat dengan fabrikasi 7 nanometer, hanya separuh dari chip generasi kelima Intel Broadwell, yang yang memiliki fabrikasi 14nm. Bahkan chip yang diklaim terkencang di dunia tersebut, merngalahkan produk Intel yang rencananya juga akan menghadirkan prosesor dengan fabrikasi 10nm tahun depan.

Dalam membesut chip computer tergarang itu, ternyata IBM tak sendirian. Adalah Polytechnic Institute, Samsung dan Global Foundries, yang didaulat untuk menjadi patner bagi IBM dalam project ini. Tak tanggung-tanggung, IBM mengelontorkan dana sebesar USD 3 miliar untuk riset selama 5 tahun, dalam rangka membesut chip computer 7nm itu. Penelitian ini sendiri dilakukan oleh SUNY Polytechnic Institute’s Colleges of Nanoscale Science and Engineering. Lalu, apa kehebatan chip computer besutan IBM itu?

PC World menulis, konsorsium dari beberapa perusahaan yang bekerjasama ini, akan menggantikan penggunaan pure silicon dengan paduan silicon-germanium (SiGe) untuk saluran transistor. Hal ini dapat meningkatkan mobilitas elektron. Lebih dari itu, meski fabrikasinya hanya 7nm, IBM mampu membenamkan hingga lebih dari 20 miliar transistor ke dalam satu chip. Alhasil, perangkat ini akan jauh lebih bertenaga namun sangat hemat daya. Selain itu penggunaan prosesor ini bakal membuat perangkat jauh lebih tipis dan kecil.

Dengan chip komputer berkekuatan super mumpuni ini, nampaknya IBM benar-benar ingin mematahkan dominasi Intel. Seperti yang kita ketahui bersama, selama bertahun-tahun, industri komputer didominasi Intel. So, kapan chip computer besutan IBM ini bakal muncul ke pasaran? Eits, yak perlu terburu-buru…! Hingga saat ini, prosesor tersebut masih jauh dari tahap produksi. Tapi IBM “and the gank” berencana mengomersialiasi prosesor ini pada tahun 2017. Baca juga Qualcomm Snapdragon 820 CPU Flagship Quad Core dan MediaTek Resmi Kenalkan Helio X20.

Top