Harga ZTE Sonata 2 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga ZTE Sonata 2 – Selain ZTE Maven yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, ZTE masih punya satu unit smartphone baru lagi. Adalah ZTE Sonata 2 yang menjadi jagoan baru ZTE di pasar gadget kelas menengah ke bawah. Ponsel pintar baru racikan perusahaan asal Tiongkok ini mulai diperkenalkan di Amerika Serikat pada Juni 2015 ini. Sedikit berbeda dengan ZTE Maven, kali ini ZTE Sonata 2 dilepas dalam satu paket bundling bersama operator Cricket Wireless. Itulah sebabnya pada ZTE Sonata 2 tertera nama ‘Cricket’ di bagian sisi belakangnya. Sama-sama menempati level menengah ke bawah, antara ZTE Sonata 2 dan ZTE Maven mengandalkan teknologi jaringan 4G LTE sebagai sektor andalannya. Untuk pasar Asia sendiri, ZTE berencana melepas ZTE Sonata 2 ke publik pada awal Juli 2015 ini. Waktu perilisannya pun dikabarkan akan berbarengan dengan waktu perilisan ZTE Maven. Sama halnya dengan ZTE Maven, kali ini ZTE Sonata 2 pun akan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, khususnya untuk masyarakat Indonesia.

zte sonata 2

Hadir sebagai unit ponsel pintar berharga murah, tak serta merta membuat ZTE Sonata 2 hanya dibekali dengan spesifikasi ala kadarnya. Kali ini ZTE masih menjaga reputasinya dengan menyematkan komponen-komponen terbaik di kelasnya pada ZTE Sonata 2 ini. Sebagai contoh, ZTE menyematkan prosesor quad-core 1.2 GHz pada produk barunya ini. Sebagai pembanding, kebanyakan smartphone murah di Indonesia hanya dibekali dengan prosesor berkecepatan 1 GHz. Selain itu, ZTE Sonata 2 masih memiliki komponen berkualitas lainnya berupa RAM berkapasitas 1 GB serta penggunaan sistem operasi Android OS v4.4 KitKat. Sebagai sektor andalan, pastinya adalah konektivitas 4G LTE serta teknologi Dragon Trail Glass yang melindungi layarnya. Bagaimana? Spesifikasinya tidaklah sembarangan bukan? Nah, bagi kawan Begawei yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga ZTE Sonata 2 ini, kamu sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

hp zte sonata 2

Spesifikasi ZTE Sonata 2

Smartphone Kelas Pemula dengan Desain Stylish dan Layar Berkualitas

Kita mulai pembahasan spesifikasi ZTE Sonata 2 dari sisi desain dan bagian visualnya. Sekilas, bentuk smartphone baru buatan ZTE ini memang menyerupai ZTE Maven karena sama-sama merupakan ponsel entry-level. Namun, ZTE Sonata 2 ini memiliki ukuran lebih kecil karena dimensinya hanya mencapai 125 x 63,8 x 11,4 mm dan bobot mencapai 147 gram. Secara desain, ZTE Sonata 2 ini pun juga memiliki konsep desain serupa dengan ZTE Maven dengan tombol navigasi berada di bodinya, bukan di layarnya. Pada sektor visualnya, ZTE membekali ZTE Sonata 2 ini dengan layar berjenis TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan mencapai 4.0 inci. Karena hanya merupakan layar berjenis TFT, jadi jangan harap smartphone ini akan memiliki tampilan visual setajam ponsel-ponsel kelas atas. Layar pada ZTE Sonata 2 tersebut memiliki resolusi 480 x 800 pixels dengan tingkat kerapatan mencapai 233 pixel density. Meski resolusinya rendah, namun layar pada ponsel ini tetap mampu memberikan visualisasi yang cukup baik karena tingkat kerapatannya termasuk bagus. Salah satu yang menjadi keunggulan spesifikasi ZTE Sonata 2 di sektor visual adalah layarnya yang sudah dilindungi oleh teknologi proteksi layar Dragon Trail Glass. Hal ini merupakan keunggulan tersendiri dari smartphone ini karena biasanya ponsel entry-level tak disertai dengan sistem proteksi layar.

Dapur Pacu Andalkan Prosesor Quad-core 1.2 GHz

Kini saatnya membedah spesifikasi ZTE Sonata 2 di bagian dapur pacunya. ZTE lagi-lagi menghadirkan kejutan pada unit smartphone barunya ini. Meski merupakan smartphone entry-level, ternyata ZTE Sonata 2 ini memiliki komponen-komponen mesin yang cukup baik. Salah satu komponen berkualitas yang ada pada ZTE Sonata 2 ini adalah prosesor quad-core 1.2 GHz. Penggunaan prosesor dengan clock speed 1.2 GHz pada smartphone ini memang cukup menarik. Biasanya, produk-produk smartphone kelas menengah ke bawah hanya menggunakan prosesor 1 GHz. Prosesor quad-core pada ZTE Sonata 2 ini ditandemkan dengan RAM berkapasitas 1 GB. Meski kinerjanya tak setangguh smartphone kelas atas, namun performa ponsel baru racikan ZTE ini tetap bisa diandalkan untuk fungsi-fungsi standar. Selain itu, spesifikasi ZTE Sonata 2 juga diperkuat oleh kehadiran sistem operasi Android OS v4.4 KitKat yang akan memberikan interface menarik pada ponsel ini.

spesifikasi zte sonata 2

Internal Memory 4 GB dengan Slot External Memory Sampai 32 GB

Sekarang kita beralih pada spesifikasi ZTE Sonata 2 di sektor storage-nya. Kali ini ZTE membekali smartphone barunya dengan internal memory berkapasitas rendah. Hal ini karena disesuaikan dengan segmentasinya di kelas menengah ke bawah. Tercatat, ZTE Sonata 2 ini dibekali dengan internal memory berkapasitas 4 GB. Jika dibagi dengan kebutuhan penyimpanan file sistem, tentunya kapasitas 4 GB pada ZTE Sonata 2 ini sangatlah kurang. Masalah pun pasti muncul apabila kawan Begawei memiliki data-data atau file berukuran besar. Tapi tak perlu khawatir, ZTE telah menyiapkan solusi untuk masalah ini. Spesifikasi ZTE Sonata 2 di sektor storage telah dilengkapi dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk memperluas memory-nya hingga kapasitas 32 GB.

Kamera Standar Namun Fungsional

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi ZTE Sonata 2 di sektor fotografi. Seperti yang sudah Begawei singgung di bagian awal tadi, lini fotografi pada ponsel pintar asal Tiongkok ini memang sedikit mengecewakan. ZTE hanya membekali ZTE Sonata 2 dengan kamera utama 5 MP yang memiliki resolusi 2592 x 1944 pixels. Meski resolusinya rendah, namun kemampuan kamera utama ZTE Sonata 2 tersebut tertolong oleh adanya fitur LED Flash. Meski kemampuannya sedikit mengecewakan, namun kamera tersebut masih bisa diandalkan untuk mengabadikan momen-momen terbaik kamu. Spesifikasi ZTE Sonata 2 di sektor fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder 2 MP yang pastinya selfie-able.

spesifikasi hp zte sonata 2

Koneksi Internet Cepat dengan Teknologi Jaringan 4G LTE

Setelah membedah sektor mesin hingga lini fotografinya, sekarang kita akan membahas spesifikasi ZTE Sonata 2 di bagian konektivitas. Seperti yang Begawei singgung di awal tadi, sektor konektivitas pada smartphone ini merupakan salah satu sektor unggulan dari ZTE. Kali ini, ZTE membekali ZTE Sonata 2 dengan teknologi jaringan data terbaik saat ini, yaitu koneksi 4G LTE. Berbekal jaringan data 4G LTE, pengguna ZTE Sonata 2 akan bisa menikmati akses internet super cepat dan stabil. Selain koneksi utama 4G, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan pilihan koneksi lainnya, mulai dari jaringan GSM hingga HSPA. Ponsel pintar racikan ZTE ini juga telah dipersenjatai dnegan fitur-fitur koneksi nirkabel jarak dekat seperti Bluetooth v4.0, WiFi, serta fitur hotspot. Spesifikasi ZTE Sonata 2 di sektor konektivitas juga dilengkapi dengan fitur navigasi A-GPS.

Baterai Lemah Tapi Sudah Berteknologi Quick Charging

Pada segmen terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi ZTE Sonata 2 di bagian pemasok daya. Sesuai dengan levelnya, yakni ponsel pintar kelas menengah ke bawah, ZTE hanya menanamkan baterai yang berkapasitas standar. Kapasitas baterai pada ZTE Sonata 2 ini hanya sebesar 1.650 mAh. Kapasitas tersebut pastinya akan sangat kurang bagi kawan Begawei yang sangat mobile dan membutuhkan smartphone yang mampu bertahan hidup dengan lama. Selain itu, karena ZTE Sonata 2 telah didukung oleh jaringan 4G maka konsumsi dayanya pun akan lumayan tinggi. Untuk menyiasati kebutuhan dayanya yang cukup tinggi, ZTE pun telah melengkapi spesifikasi ZTE Sonata 2 dengan teknologi Quick Charge 1.0. Teknologi isi ulang baterai super cepat ini akan membuat baterai pada smartphone ini bisa terisi hingga 30 persen hanya dalam 30 menit saja.

ZTE Sonata 2

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman2015, June
StatusAvailable. Released 2015, June
Bodi
Dimensi125 x 63.8 x 11.4 mm (4.92 x 2.51 x 0.45 in)
Berat
SIMYes
Layar
TipeCapacitive touchscreen
Ukuran4.0 inches (~57.1% screen-to-body ratio)
Resolusi480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
MultitouchYes
PerlindunganDragon Trail Glass
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4 (KitKat)
CPUQuad-core 1.2 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal4 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
FiturYes
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML
Baterai
Li-Ion 1650 mAh battery

Harga ZTE Sonata 2

Nah, setelah puas membedah spesifikasinya, kini saatnya kita membahas banderol harga ZTE Sonata 2 ini. Sebelum kita melihat kisaran harganya lebih rinci, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi ZTE Sonata 2 ini. Meski hanya merupakan smartphone kelas bawah, ternyata spesifikasi smartphone baru buatan ZTE ini cukup baik lewat penggunaan prosesor quad-core 1.2 GHz dan juga RAM 1 GB. Keunggulan ponsel pintar ini jelas pada sektor koneksinya yang telah mengusung teknologi 4G LTE. Selain itu, kisaran harga ZTE Sonata 2 juga dipengaruhi oleh adanya teknologi Quick Charge 1.0 yang jarang kita temukan pada ponsel-ponsel kelas bawah. Dengan spesifikasi seperti ini, lalu berapakah banderol harga ZTE Sonata 2 ini ya?

harga zte sonata 2

Seperti yang sudah Begawei singgung pada bagian awal tadi, kisaran harga ZTE Sonata 2 ini memang berada pada segmen entry-level. Beberapa kabar menyebutkan bahwa banderol harga ZTE Sonata 2 untuk pasar Amerika berada pada kisaran USD 30, atau sama dengan Rp 400 ribuan. Wow! Murah sekali, kan! Jika kita melihat spesifikasinya, jelas harga tersebut tergolong super murah. Bahkan kompetitor ZTE Sonata 2 pun tak dibenderol dengan harga semurah itu. Namun sekali lagi, banderol harga ZTE Sonata 2 tersebut adalah harga untuk pasar luar negeri. Untuk pasar Indonesia, kami memprediksi harganya akan sedikit naik, mendekati harga ZTE Maven.

harga zte sonata 2 terbaru

Banderol harga ZTE Sonata 2 untuk pasar internasional memang sangat mengejutkan. Bagaimanapun juga, smartphone ini memiliki beberapa komponen canggih yang tak pantas dihargai semurah itu. Apalagi ZTE Sonata 2 ini memiliki teknologi jaringan data 4G LTE serta fitur Quick Charge yang biasa kita temukan pada ponsel-ponsel kelas menengah ke atas. Bahkan banderol harga ZTE Sonata 2 di Amerika jauh lebih murah dari harga smartphone buatan vendor lokal Indonesia. Pastinya akan sangat menarik menunggu rilis resmi ZTE untuk produk barunya ini. Jika banderol harga ZTE Sonata 2 akan sama dengan harga di pasar internasional, kami memperdiksi smartphone ini akan langsung menjadi buruan para penggemar gadget Tanah Air. Nah, untuk kawan Begawei yang sudah menunggu kehadiran smartphone baru racikan ZTE ini, sabar sebentar ya! Kita tunggu rilis resmi ZTE pada awal Juli 2015 ini. Baca juga review Begawei mengenai ZTE Maven dan Smartfren Andromax Es.

Top