Harga Samsung Galaxy V Plus dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy V Plus – Hai, apa kabar kawan Begawei? Sudah siap mengupas tuntas ganget terbaru? Kali ini Begawei akan mengajak kamu kembali menyambangi Sang Raja Smartphone, Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu baru saja memperkenalkan Samsung Galaxy V Plus sebagai produk ponsel pintar teraburnya. Embel-embel ‘Plus’ yang menempel pada Galaxy V edisi terbaru ini menunjukkan bahwa Samsung Galaxy V Plus merupakan versi lain dari Galaxy V generasi lama. Sedikit berbeda dari kebiasaannya yang selalu mengusung komponen baru dan fitur teranyar, kali ini Samsung membekali Samsung Galaxy V Plus dengan spesifikasi yang sedikit ketinggalan jaman. Namun meski begitu, kawan Begawei jangan sampai meremehkan produk baru Samsung ini karena bagaimanapun juga Samsung Galaxy V Plus ini merupakan ponsel pintar racikan perusahaan teknologi yang sudah tak bisa diragukan lagi reputasinya.

samsung galaxy v plus

Salah satu contoh ‘ketertinggalan’ Samsung Galaxy V Plus adalah masih berjalannya ponsel pintar ini pada sistem operasi Android OS v4.4.2 KitKat. Entah apa maksud Samsung menanamkan OS Android KitKat sementara para kompetitornya sudah beralih ke OS Android Lollipop. Tapi jangan kecewa dulu. Meski Samsung Galaxy V Plus ini memiliki sedikit kekurangan pada OS-nya, namun dari segi performa dan fitur-fitur tetap bisa diandalkan. Samsung membekali Samsung Galaxy V Plus dengan prosesor dual-core 1.2 GHz yang bertandem dengan RAM 512 MB. Walaupun bukan komponen mesin kelas atas, namun performanya cukup bagus. Selain itu, Samsung pun menyematkan duet kamera 3.15 MP dan VGA pada lini fotografi Samsung Galaxy V Plus ini. Jika melihat spesifikasinya, jelas smartphone terbaru buatan Samsung ini ditujukan untuk level menengah ke bawah atau pemula. Pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah di Indonesia memang sedang menggeliat karena banyaknya produk murah namun berkualitas. Nah untuk lebih jelasnya, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy V Plus pada segmen-segmen berikut ini.

hp samsung galaxy v plus

Spesifikasi Samsung Galaxy V Plus

Desain Khas Samsung dengan Layar TFT 4.0 Inci

Spesifikasi Samsung Galaxy V Plus di sektor bodi dibangun dengan dimensi 121.4 x 62.9 x 10.7 mm dengan bobot mencapai 123 gram, tak terlalu bongsor dan juga tidak terlalu berat. Dengan ukuran dan bobot seperti itu, Samsung Galaxy V Plus akan sangat pas dan nyaman di genggaman. Berpindah ke sektor visualisasi, Samsung membekali Samsung Galaxy V Plus dengan layar jenis TFT Capacitive Touchsreen yang memiliki luas bentangan mencapai 4.0 inci. Layar pada Samsung Galaxy V Plus ini memang tidak berukuran terlalu luas karena memang menyesuaikan dengan fungsi utamanya. Namun meski begitu, visualisasi Samsung Galaxy V Plus ini tergolong cukup baik karena layarnya memiliki resolusi 480 x 800 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 233 ppi pixel density. Meski visualisasinya tak sebaik ponsel-ponsel kelas menengah ke atas, namun untuk keperluan normal tampilan visual Samsung Galaxy V Plus ini tergolong cukup baik. Sedikit catatan minus pada ponsel pintar terbaru racikan Samsung ini adalah belum disertakannya sistem proteksi guna melindungi layarnya. Seperti halnya kebanyakan smartphone kelas pemula lainnya, spesifikasi Galaxy V Plus di sektor layar memang belum dilengkapi dengan fitur pelindung, jadi kawan Begawei harus memasang screen guard tambahan untuk melindungi layarnya.

Dapur Pacu Standar Andalkan Prosesor Dual-core 1.2 GHz

Sekarang saatnya kita masuk pada spesifikasi Samsung Galaxy V Plus pada bagian dapur pacunya. Seperti yang sudah Begawei singgung pada bagian awal tadi, Samsung memang tak mengusung komponen-komponen kelas wahid pada Samsung Galaxy V Plus ini. Namun meski tak dibekali dengan komponen mesin kelas atas, performa smartphone ini tetap bisa diandalkan untuk kebutuhan komunikasi dan hiburan sehari-hari. Pada inti mesinnya, Samsung menanamkan prosesor dual-core 1.2 GHz. Kemampuan prosesor yang digunakan oleh Samsung pada Samsung Galaxy V Plus ini memang sedikit lebih lambat jika dibandingkan produk lain yang kebanyakan telah menggunakan prosesor quad-core atau di atasnya. Samsung sendiri hingga kini belum mengumumkan chipset dan juga GPU yang dipasangkan pada Samsung Galaxy V Plus ini. Namun jika melihat komponen lainnya, kemungkinan besar Samsung masih akan menggunakan chipset dan juga GPU kelas menengah. Kinerja prosesor Samsung Galaxy V Plus yang tak terlalu gahar tadi tertolong oleh kehadiran sistem operasi Android OS v4.4.2 KitKat. Meski bukan sistem operasi terbaru, namun OS Android KitKat dikenal cukup ‘cerdas’ untuk mengatur kinerja sebuah smartphone. Spesifikasi Samsung Galaxy V Plus di sektor dapur pacu diakhiri dengan penempatan RAM berkapasitas 512 MB yang akan menopang kinerja mesinnya.

spesifikasi samsung galaxy v plus

Internal Memory Berkapasitas 4 GB

Selanjutnya kita beralih pada spesifikasi Samsung Galaxy V Plus di sektor ruang penyimpanan datanya. Kali ini, Samsung menyematkan internal memory berkapasitas 4 GB pada Samsung Galaxy V Plus ini. Ruang seluas 4 GB tersebut sebenarnya sudah cukup untuk mengakomodasi keperluan file sistem serta mewadahi file-file pribadi penggunanya. Namun jika pengguna Samsung Galaxy V Plus memiliki file berkapasitas besar, tentunya membutuhkan ruang yang lebih luas lagi. Untuk menyiasati hal ini, spesifikasi Galaxy V Plus telah dilengkapi dengan slot micro SD yang bisa digunakan untuk mengekspansi memorinya hingga mencapai 64 GB.

Lini Fotografi Dibekali Duet Kamera 3.15 MP dan VGA

Spesifikasi Samsung Galaxy V Plus yang serba minimalis juga terlihat pada sektor fotografinya. Smartphone terbaru buatan Samsung ini memang tak dibekali dengan perangkat fotografi kelas atas layaknya ponsel-ponsel mahal. Namun, perangkat fotografi pada Samsung Galaxy V Plus ini tetap bisa diandalkan untuk mengabadikan momen-momen berharga kamu. Sebagai kamera utamanya, Samsung menempatkan kamera 3.15 MP pada sisi belakang Samsung Galaxy V Plus ini. Kamera tersebut memang tak berukuran besar, namun tetap bisa menghasilkan jepretan foto yang cukup baik. Kamera utama Samsung Galaxy V Plus memiliki resolusi 2048 x 1536 pixels serta sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash. Selain bisa menjalankan fungsi fotografi, kamera tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 480 pixels. Kemudian spesifikasi Samsung Galaxy V Plus pada sektor fotografi juga diperlengkap oleh kehadiran kamera sekunder bertipe VGA yang pastinya sangat selfie-able.

spesifikasi galaxy v plus

Koneksi Internet Andalkan Jaringan HSPA

Pada segmen ini kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy V Plus pada sektor konektivitasnya. Galaxy V Plus ini merupakan ponsel berjenis dual SIM stand by, artinya kawan Begawei bisa menggunakan dua SIM Card sekaligus dan mengaktifkannya secara bersamaan. Slot SIM Card yang digunakan pada Samsung Galaxy V Plus ini merupakan slot micro SIM. Sementara untuk mendukung keperluan akses internet penggunanya, Samsung membekali produk barunya ini dengan jaringan data yang cukup lengkap. Sebagai jaringan data utama, Samsung Galaxy V Plus mengusung koneksi data HSPA yang akan menghadirkan layanan internet yang cepat dan stabil. Selain jaringan data utama HSPA, Samsung Galaxy V Plus juga dibekali dengan pilihan jaringan lainnya, seperti GPRS dan juga EDGE. Untuk keperluan konektivitas jarak dekat, Samsung pun telah menyematkan beberapa fitur fungsional pada produk barunya ini, seperti fitur WiFi, Bluetooth v4.0, hotspot, serta slot microUSB. Spesifikasi Galaxy V Plus pada sektor konektivitas juga dilengkapi dengan fitur navigasi A-GPS dan juga GLONASS yang akan memudahkan kawan Begawei ketika ingin menentukan lokasi suatu tempat.

Kapasitas Baterai Minim 1500 mAh

Pada segmen terakhir spesifikasi Samsung Galaxy V Plus ini, kita akan menengok kapasitas ruang penyuplai daya yang dimiliki oleh smartphone asal Korea ini. Untuk menunjang operasionalnya, Samsung membekali Samsung Galaxy V Plus dengan baterai berkapasitas 1500 mAh. Kapasitas baterai sebesar 1500 mAh tersebut sebenarnya cukup kecil. Namun jika kita kembali kepada spesifikasi mesin, layar, dan yang lainnya, baterai berkapasitas 1500 mAh itu sudah cukup untuk menopang ‘kehidupan’ Samsung Galaxy V Plus ini. Hal ini dikarenakan Galaxy V Plus tidak dibekali dengan komponen kelas atas yang boros konsumsi daya. Catatan minus pada spesifikasi Samsung Galaxy V Plus di sektor baterai hanyalah jenis baterainya yang masih berupa baterai Lithium-Ion, bukan Lithium-Polymer yang lebih awet dan tahan lama.

Samsung Galaxy V Plus

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA
2G bandsGSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 900 / 2100
KecepatanHSPA
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, July
StatusAvailable. Released 2015, July
Bodi
Dimensi121.4 x 62.9 x 10.7 mm (4.78 x 2.48 x 0.42 in)
Berat123 g (4.34 oz)
SIMDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeTFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.0 inches (~59.6% screen-to-body ratio)
Resolusi480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4.2 (KitKat)
CPUDual-core 1.2 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 64 GB
Internal4 GB, 512 MB RAM
Kamera
Kamera Belakang3.15 MP, 2048 x 1536 pixels, LED flash
FiturGeo-tagging
Video480p@30fps
Kamera DepanVGA
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML
Baterai
Li-Ion 1500 mAh battery

Harga Samsung Galaxy V Plus

Seolah tak ingin kehilangan konsumen di segmen menengah ke bawah, Samsung pun kembali menghadirkan produk baru berharga terjangkau. Banderol harga Samsung Galaxy V Plus memang tak akan terlalu mahal karena menggunakan komponen-komponen kelas menengah pula. Hadir sebagai ponsel pintar kelas pemula, Samsung Galaxy V Plus mengusung spesifikasi yang tak terlalu istimewa. Kali ini, Samsung hanya membekali produk barunya ini dengan prosesor dual-core 1.2 GHz yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 512 MB. Kombinasi mesin tersebut memang bukan termasuk mesin kelas wahid. Hal itu pula lah yang akhirnya mempengaruhi banderol harga Samsung Galaxy V Plus di pasaran. Selain dapur pacunya yang tak terlalu bertenaga, ponsel ini juga hanya dibekali dengan sepasang kamera minimalis, 3.15 MP dan VGA. Namun meski spesifikasinya keok, harga Samsung Galaxy V Plus masih tertolong oleh kuatnya brand Samsung di Indonesia. Nama Samsung memang merupakan jaminan kualitas untuk setiap produk-produk gadget.

harga samsung galaxy v plus

Seperti dilansir oleh GSM Arena pada Kamis (9/7), banderol harga Samsung Galaxy V Plus ini adalah sekitar 70 euro untuk pasaran internasional. Jika dikonversikan ke mata uang kita, maka kisaran harga Samsung Galaxy V Plus tersebut adalah Rp 1,4 jutaan. Untuk pasar gadget Indonesia, harga Rp 1,4 jutaan pastinya merupakan nominal yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Namun harga tersebut merupakan harga jual Samsung Galaxy V Plus untuk pasar dunia. Begawei memprediksi, setelah ponsel ini masuk ke Indonesia, harga jualnya akan sedikit berbeda, namun tak akan menyentuh angka Rp 2 jutaan. Jika melihat spesifikasinya, harga Samsung Galaxy V Plus yang tak sampai Rp 2 juta memang sudah sesuai dengan apa yang ada di dalamnya.

harga galaxy v plus

Banderol harga Samsung Galaxy V Plus ini juga sangat kompetitif dengan produk lainnya, misalnya adalah si pendatang baru Wiko Highway Pure atau Bolt Powerphone E1. Jika dibandingkan dengan Wiko Hihgway Pure, jelas Samsung Galaxy V Plus akan kalah karena Highway Pure sudah didukung oleh jaringan data 4G LTE. Selain itu, harga Wiko pun hampir dua kali lipat dari harga Galaxy V Plus ini. Namun sekali lagi, meski spesifikasinya tak terlalu istimewa, smartphone ini memang mengusung nama besar Samsung. Dengan kuatnya brand Samsung di Indonesia dan bahkan dunia, serta didukung dengan harga Samsung Galaxy V Plus yang sangat terjangkau, kami memprediksi bahwa ponsel ini akan cukup sukses di pasar smartphone kelas menengah ke bawah Indonesia. Baca juga Bolt Powerphone E1 dan Wiko Highway Pure.

  • lisna

    Downgrade tpi lbih mhal. Penurunan.

  • edot

    Mahal

  • nisful lqelati

    Harganya lumayan terjangkau

  • DULL

    MAHAL

Top