Harga Samsung Galaxy Folder dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Folder – Beberapa waktu yang lalu Begawei sempat memberitakan bahwa Samsung akan mencoba menghidupkan kembali jenis ponsel flip. Jenis ponsel lipat sendiri pernah mengharumkan nama Samsung pada awal 2000-an lewat seri flip feature phone. Nah kali ini, keinginan Samsung untuk menghidupkan kembali ponsel flip diwujudkan dalam bentuk Samsung Galaxy Folder yang merupakan jenis smartphone berbasis Android. Samsung memang sempat meninggalkan jenis ponsel flip sejak ponsel Android mulai menjadi tren. Mungkin bermaksud ingin mengembalikan kenangan para penggemarnya, Samsung akhirnya meluncurkan Samsung Galaxy Folder yang terlihat jadul namun memiliki teknologi masa kini. Berbeda dengan flip phone yang hanya merupakan feature phone untuk kepentingan komunikasi, kali ini perusahaan raksasa asal Korea Selatan itu menghadirkan Samsung Galaxy Folder yang mengusung gen smartphone berbasis Android, Jadi Galaxy Folder ini bisa dikategorikan sebagai smartphone, tentunya dengan nuansa klasik.

samsung galaxy folder

Tampang jadul ponsel flip Samsung Galaxy Folder sepertinya memang akan menipu orang-orang yang melihatnya. Orang awam mungkin akan mengira smartphone terbaru dari Samsung ini hanya merupakan feature phone biasa tanpa memiliki sistem operasi dan tidak diliengkapi dengan fitur canggih. Jika pandangan kawan Begawei seperti itu, hal itu adalah sesuatu yang salah. Pasalnya, Samsung Galaxy Folder ini memiliki sejumlah teknologi canggih dibalik bodi flipnya yang jadul. Misalnya adalah sistem operasi Android Lollipop v5.1 yang menjadi ‘otak’ dari perangkat ini. Selain itu, Samsung Galaxy Folder juga dibekali dengan prosesor Quad-core yang memiliki clock-speed mencapai 1.2 GHz. Prosesor pada ponsel ini merupakan prosesor yang cukup baik karena smartphone kelas menengah ke bawah lainnya banyak yang menggunakan prosesor Dual-core saja. Selain OS dan juga prosesor tersebut, smartphone ini masih menyipan banyak komponen-komponen menarik yang tersembunyi di balik tubuh mungilnya. Nah kali ini, Begawei akan mengajak kamu mengupas detail spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Folder ini secara lengkap melalui segmen-segmen di bawah ini.

hp samsung galaxy folder

Review Samsung Galaxy Folder

Desain Unik Berbentuk Flip yang Asyik Dioperasikan

Menawarkan bodi ramping dengan desain  flip yang menarik, spesifikasi Samsung Galaxy Folder di bagian bodi menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang mengutamakan tampilan stylish. Biasanya, desain ini juga lebih disukai kaum hawa. Namun bukan berarti tak cocok untuk laki-laki. Badan ramping Samsung Galaxy Folder membentuk dimensi sebesar 122 x 60.2 x 15.3 mm. Maklum, karena perangkat ini hanya mengandalkan layar dengan ukuran 3.8 inci saja. Pada layar yang memiliki kemampuan multitouch cukup baik itu diaplikasikan teknologi TFT. Layar dengan panel TFT memang membawa kemampuan yang lebih unggul dibandingkan dengan layar LCD biasa. Namun layar pada Samsung Galaxy Folder ini juga memiliki kelemahan, yaitu lumayan boros daya. Resolusi layar ponsel ini tergolong kecil itu, yaitu hanya 480 x 800 pixels dengan kerapatan 246 ppi pixel density. Jika diaplikasikan pada layar 3.8 inci, resolusi dan tingkat kerapatan layar Samsung Galaxy Folder itu masih mampu menampilkan gambar yang baik, meski tak akan setajam dan mendetail layar beresolusi tinggi. Kemudian, untuk soal proteksi layar, Samsung memang belum menyematkan teknologi lapisan antigores pada ponsel barunya ini. Sedikit kelemahan memang. Namun secara keseluruhan, spesifikasi Galaxy Folder di bagian fisik ini cukup baik, dan pastinya sangat unik.

Dapur Pacu Kelas Pemula Bisa Diandalkan

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy Folder pada ruang dapur pacunya. Menempati segmen smartphone kelas menengah, produk baru racikan Samsung ini memang tak dibekali dengan komponen mesin kelas atas. Namun meski begitu, Samsung Galaxy Folder tetap bisa diandalkan untuk keperluan komunikasi dan akses internet. Guna mendukung aktivitas operasionalnya, Samsung membekali Samsung Galaxy Folder dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz. Prosesor pada ponsel ini memiliki kemampuan yang cukup baik karena biasanya smartphone kelas menengah ke bawah hanya dibekali dengan prosesor Dual-core saja. Untuk komponen-komponen yang lain, sayangnya hingga kini Samsung belum memberikan informasi lengkapnya. Namun jika melihat segmentasi Samsung Galaxy Folder, sepertinya Samsung tetap akan menggunakan komponen mesin kelas menengah juga. Yang pasti, spesifikasi Samsung Galaxy Folder di ruang dapur pacu ini akan mengusung sistem operasi Android OS Lollipop v5.1 yang akan memberikan pengalaman dunia Android yang seru kepada pengguananya.

spesifikasi samsung galaxy folder

Memori Internal Cukup Besar 8 GB

Berpindah sedikit lebih dalam, sekarang kita akan mengulas spesifikasi Samsung Galaxy Folder di ruang memori internalnya. Untuk ukuran smartphone kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy Folder ini memiliki kapasitas storage yang cukup luas, mencapai 8 GB. Jika telah dikurangi untuk keperluan file sistem, maka sisa ruang memori pada smartphone ini masih sanggup untuk menyimpan file-file pribadi penggunanya, termasuk file yang berukuran besar. Namun jika kawan Begawei menghendaki kapasitas yang lebih besar lagi, Samsung Galaxy Folder juga telah dibekali dengan slot external memory guna menambah kapasitas memorinya. Spesifikasi Galaxy Folder di sektor memori telah dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung kartu external memory hingga kapasitas 128 GB.

Kamera Belakang Berukuran 8 MP

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Samsung Galaxy Folder pada lini fotografinya. Di balik tampang jadulnya, ternyata ponsel ini memiliki komponen-komponen yang cukup berkualitas, termasuk pada lini fotografinya. Samsung Galaxy Folder ini dibekali dengan kamera utama berukuran 8 MP yang memiliki resolusi sebesar 3264 x 2448 pixels. Kamera utama yang terletak pada bagian belakang Samsung Galaxy Folder ini juga lebih unggul dari beberapa produk smartphone kelas menengah lainnya yang menggunakan kamera utama 5 MP saja. Namun sayanganya, kamera belakang pada ponsel ini belum dilengkapi dengan LED Flash yang akan membuat kawan Begawei sedikit menemui kesulitan saat ingin mengambil gambar di tempat minim cahaya. Selain bisa digunakan untuk fungsi fotografi, kamera utama Samsung Galaxy Folder juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil rekaman cukup bagus, berukuran 1080 pixels. Kemudian, untuk keperluan selfie, spesifikasi Samsung Galaxy Folder pada lini fotografi dilengkapi dengan kamera sekunder berukuran 2 MP.

spesifikasi galaxy folder

Koneksi Data Andalkan Jaringan 4G LTE

Bicara soal koneksi internet, ternyata spesifikasi Samsung Galaxy Folder ini juga telah dibekali dengan teknologi-teknologi konektivitas modern. Meski bentuknya jadul, namun untuk sektor konektivitas smartphone ini bisa diadu dengan smartphone canggih masa kini lainnya. Guna memberikan akses internet kencang kepada penggunanya, Samsung Galaxy Folder dibekali dengan teknologi jaringan 4G LTE. Kehadiran jaringan 4G LTE ini akan mengajak kawan Begawei berseluncur secara cepat di dunia maya. Jika kamu tinggal di daerah yang belum tercover jaringan 4G LTE, kamu masih bisa memanfaatkan pilihan jaringan lainnya yanh disediakan oleh ponsel ini. Selaian 4G LTE, Samsung Galaxy Folder juga memiliki jaringan GSM hingga HSPA. Sedangkan jika kamu ingin menikmati akses internet secara gratis, kamu bisa memanfaatkan fitur WiFi yang telah ada pada ponsel ini. Samsung Galaxy Folder juga telah didukung dengan fitur-fitur canggih lainnya, mulai dari fitur Bluetooth, Hotspot sampai slot microUSB v2.0. Tak ketinggalan, spesifikasi Galaxy Folder pada sektor konektivitas juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS untuk membantu keperluan navigasi penggunanya.

Baterai Minimalis Berkapasitas 1.800 mAh

Pada segmen terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy Folder pada sektor penyuplai dayanya. Karena hanya dibekali dengan komponen-komponen minimalis, Samsung pun juga menyematkan baterai berkapasitas minim pada ponsel barunya ini. Tercatat, Samsung Galaxy Folder hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 1.800 mAh. Kapasitas baterai tersebut memang tergolong minim. Seperti yang sudah Begawei singgung tadi, meski layarnya memiliki resolusi rendah, namun konsumsi dayanya cukup tinggi karena jenisnya masih TFT. Jika untuk keperluan normal, baterai pada Samsung Galaxy Folder ini sanggup bertahan selama kurang lebih 10 jam dalam kondisi stand-by di jaringan 3G. Jadi, kami menyarankan pada kawan Begawei untuk selalu menyiapkan penyuplai daya portabel saat menggunakan ponsel ini karena spesifikasi Samsung Galaxy Folder pada sektor baterai tak didukung dengan baterai berkapasitas besar.

Spesifikasi Samsung Galaxy Folder

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 1900 / 2100
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850)
Kecepatan HSPA, LTE
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, July
Status Available. Released 2015, July
Bodi
Dimensi 122 x 60.2 x 15.3 mm (4.80 x 2.37 x 0.60 in)
Berat 155 g (5.47 oz)
SIM Micro-SIM
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 3.8 inches (~56.0% screen-to-body ratio)
Resolusi 480 x 800 pixels (~246 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
CPU Quad-core 1.2 GHz
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 8 GB, 1.5 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio No
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion 1800 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Folder

Bicara soal keunggulan, pastinya Samsung Galaxy Folder memiliki kelebihan pada sektor konektivitasnya yang telah menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE. Selain itu, lini fotografi ponsel ini juga cukup baik. Sedangkan kelemahan ponsel ini terletak pada layarnya yang tak terlalu tajam dan juga kapasitas baterainya yang minim. Agar lebih jelas, kami sudah merangkum kelebihan Samsung Galaxy Folder dan kekurangan Samsung Galaxy Folder pada tabel di bawah ini:

Kelebihan Samsung Galaxy Folder
  • Desain flip yang unik
  • Layar cukup lebar 3.8 inci
  • Bobot lumayan ringan 155 gram
  • Nyaman di genggaman
  • Sudah menggunakan OS Android Lollipop v5.1
  • Prosesor Quad-core 1.2 GHz
  • Jaringan data sudah 4G LTE
  • Kamera utama 8 MP
Kekurangan Samsung Galaxy Folder
  • Jenis layar TFT tak terlalu tajam
  • Resolusi layar rendah, hanya 480 x 800 pixels
  • Kamera belakang tanpa LED Flash
  • Layar tanpa proteksi
  • Kapasitas baterai rendah, hanya 1800 mAh

Harga Samsung Galaxy Folder

Tampil unik dengan desain flip, Samsung memang menyasar pengguna yang memiliki selara lain daripada yang lain. Menempati segmen kelas menengah bawah, pastinya kisaran harga Samsung Galaxy Folder ini tak akan terlalu mahal. Sebelum berbicara nominal harga Samsung Galaxy Folder ini, kami akan memberikan sediki kesimpulan dari apa yang telah kita bahas pada segmen spesifikasi di atas tadi. Jika tolak ukurnya adalah performa, jelas Samsung Galaxy Folder ini kalah karena hanya dibekali dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz dan RAM 1.5 GB. Namun jika bicara soal konektivitas, ponsel ini jagonya. Akses internet kamu dijamin lancar karena ponsel ini telah mengusung teknologi jaringan data 4G LTE. Sektor konektivitas ini lah yang sedikit banyak mempengaruhi banderol harga Samsung Galaxy Folder di pasaran.

harga samsung galaxy folder

harga samsung galaxy folder terbaru

Samsung sendiri hingga kini belum merilis harga Samsung Galaxy Folder secara resmi, karena memang ponsel ini menurut rencana akan dihadirkan pada awal Agustus 2015 mendatang. Namun jika mengacu pada spesifkasinya, kami memprediksi bahwa harga Samsung Galaxy Folder ini akan berada pada level Rp 2,9 jutaan. Angka yang lumayan mahal untuk smartphone kelas menengah yang memiliki performa tak terlalu istimewa seperti Samsung Galaxy Folder ini. Namun sekali lagi, Samsung memang mengandalkan desainnya yang unik dan langka pada pemasaran produk barunya ini. Jika sudah seperti itu, maka banderol harga Samsung Galaxy Folder pun tak akan menjadi masalah bagi mereka yang memiliki selera unik.

Harga Samsung Galaxy Folder
Sekitar Rp 2.900.000,-

Dengan para kompetitor yang menghadirkan produk berspesifikasi lebih tinggi dan dibanderol dengan harga satu level, jelas banderol harga Samsung Galaxy Folder di atas akan membuat orang sedikit berpaling. Namun jika bicara kualitas, maka Samsung Galaxy Folder ini memiliki jaminan kualitas dari perusahaan sebesar Samsung. Oleh karena itu, jika kawan Begawei tak mempermasalahkan banderol harga Galaxy Folder di atas, tak ada salahnya jika kamu menjadikan ponsel ini sebagai pilihan. Harga Samsung Galaxy Folder di atas memang sudah sesuai dengan kemasan fisik maupun isi dari produk baru asal Korea Selatan ini. Baca juga ulasan Begawei mengenai HTC Desire 626s dan juga LG Tribute 2.

Top