Harga Samsung Galaxy A8 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A8 – Nama Samsung memang tak bisa dilepaskan dari perkembangan dunia teknologi dunia. khususnya di jagad perangkat seluler. Samsung merupakan barometer gadget dunia yang punya pengaruh cukup besar. Produk-produk Samsung, entah itu kelas bawah ataupun kelas premium, selalu menjadi primadona publik. Salah satu produk terbaru lansiran Samsung yang sudah sering dibicarakan adalah Samsung Galaxy A8, yang merupakan generasi penerus phone tablet (phablet) Samsung Galaxy A7 yang sudah lama beredar. Sebagai versi upgrade dari generasi lamanya, jelas Samsung Galaxy A8 ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dan juga dibekali dengan fitur-fitur baru. Samsung Galaxy A7 sendiri cukup sukses di pasar gadget dunia dan menjadi salah satu unit phablet paling digemari. Beberapa sentuhan baru yang dihadirkan oleh Samsung pada Samsung Galaxy A8 ini adalah sektor fotografi dan juga dapur pacunya yang tampil lebih bertenaga.

samsung galaxy a8

Tampil sebagai phone tablet kelas premium, Samsung Galaxy A8 mengusung komponen-komponen terbaik disertai dengan tampilan fisik yang menawan. Pada sektor visualnya, phablet racikan perusahaan asal Negeri Ginseng Ini menggunakan layar jenis Super AMOLED yang memiliki bentangan seluas 5.7 inci. Layar pada Samsung Galaxy A8 pastinya akan menampilkan efek visual yang memanjakan penggunanya karena resolusi dan tingkat kerapatannya sangat tinggi. Tak hanya bagian visual saja, sektor dapur pacu Samsung Galaxy A8 pun tak kalah kualitasnya. Berbekal tandem dua unit prosesor quad-core 1.5 GHz dan juga 1.0 GHz, Samsung Galaxy A8 pun akan memberikan garansi kinerja tangguh dan performa kelas atas. Sementara itu, lini fotografi phablet terbaru buatan Samsung ini juga dipersenjatai dengan perangkat-perangkat fotografi kelas wahid berupa duet kamera 16 MP dan 5 MP. Jika dirangkum dalam satu kata, kata yang paling pas untuk Samsung Galaxy A8 ini adalah: fantastis! Samsung benar-benar menjaga reputasinya sebagai penghasil gadget-gadget berkualitas lewat produk phone tablet terbarunya ini. Lebih jauh lagi, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai detail spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A8 pada segmen-segmen di bawah ini.

hp samsung galaxy a8

Review Samsung Galaxy A8

Phablet Mewah dengan Layar Super AMOLED 5.7 Inci

Kita awali pembahasan spesifikasi Samsung Galaxy A8 dari tampilan luarnya. Kali ini, Samsung masih membawa sentuhan mewah dalam generasi penerus Samsung Galaxy A7 ini. Desain fisik Samsung Galaxy A8 nampak begitu mewah dengan sudut lebar di masing-masing ujungnya. Kemudian, bezel tipis yang berada pada sisi layar berpadu manis dengan tombol Home yang terletak di bawah layarnya. Desain fisik Samsung Galaxy A8 semakin nampak elegan karena tombol navigasinya menyatu dengan layar. Beralih ke bagian dimensi, ukuran tubuh Samsung Galaxy A8 memang terhitung lumayan bongsor karena memang jenisnya adalah phone tablet. Phablet terbaru racikan Samsung ini memiliki ukuran tubuh 158 x 76.8 x 5.9 mm dengan bobot mencapai 151 gram. Dengan dimensi tubuh yang cukup lebar, namun ternyata bobot Samsung Galaxy A8 tidak begitu berat. Sementara itu, untuk urusan visual, Samsung mempercayakannya pada panel layar berjenis Super AMOLED Capacitive Touchscreen berukuran 5.7 inci. Layar Super AMOLED sendiri merupakan jenis layar ponsel terbaik saat ini karena tetap mampu menampilakn gambar yang cukup baik walau dilihat dari sudut kemiringan 180 derajat. Selain canggih, layar pada Samsung Galaxy A8 juga akan menampilkan efek visual yang sangat menawan karena memiliki resolusi sebesar 1080 x 1920 pixels dengan tingkat kerapatan mencapai 386 ppi pixel density. Selain lebih canggih dan memiliki tampilan visual yang lebih baik dari Galaxy A7, tipe layar yang ada pada Samsung Galaxy A8 ini juga lebih hemat daya sampai dengan 20 persen. Jadi, meski layarnya merupakan jenis layar kelas atas, konsumsi daya Galaxy A8 tak akan terlalu boros. Spesifikasi Galaxy A8 juga akan dilengkapi dengan proteksi layar premium, yaitu Corning Gorilla Glass 4. Sistem perlindungan tersebut akan melindungi layar Galaxy A8 dari resiko goresan saat penggunaan.

Performa Gahar Berkat Prosesor Octa-core

Saatnya kita membedah dapur pacu pada spesifikasi Samsung Galaxy A8 untuk melihat seberapa tangguh performanya. Seperti yang sudah Begawei sempat singgung di awal tadi, Samsung Galaxy A8 ini memiliki komponen-komponen yang lebih baik dari Galaxy A7, salah satunya adalah pada bagian dapur pacu. Performa Samsung Galaxy A8 dipastikan akan sangat tangguh berkat kehadiran duet prosesor quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan juga quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Kedua prosesor yang tertanam pada CPU itu didukung oleh chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 sehingga akan menghasilkan performa yang benar-benar stabil dan responsif. Kemudian, sektor dapur pacu Samsung Galaxy A8 juga akan semakin berkualitas dengan disematkannya RAM berkapasitas 2 GB. Sementara untuk meningkatkan kualitas grafisnya, Samsung pun membekali Samsung Galaxy A8 dengan kartu pengolah grafis (GPU) Andreno 405 yang merupakan salah satu varian kartu pengolah grafis terbaik. Komponen-komponen berkualitas yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy A8 di sektor dapur pacu itu berjalan sempurna pada sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop yang merupakan versi terkini dari sistem operasi Android.

spesifikasi samsung galaxy a8

Memori Tersedia Dalam 2 Pilihan Kapasitas: 16 GB dan 32 GB

Kapasitas ruang penyimpanan file atau storage merupakan salah satu hal paling penting dalam unit smartphone. Untuk itu, spesifikasi Samsung Galaxy A8 pada sektor storage pun diracik sedemikian rupa untuk mengakomodasi kepentingan penyimpanan file penggunanya. Kali ini, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy A8 dalam dua pilihan, yaitu versi pertama yang dibekali dengan internal memory berkapasitas 16 GB, lalu Samsung Galaxy A8 versi kedua dengan bekal internal memory berkapsitas 32 GB. Dengan dua pilihan tersebut, kawan Begawei akan lebih mudah menentukan tipe Samsung Galaxy A8 mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kapasitas sebesar 16 GB dan 32 GB itu sebenarnya akan membuat kamu tak membutuhkan external memory lagi karena sudah cukup untuk menampung keperkuan file sistem dan juga file-file pribadimu. Namun jika kawan Bagawei menghendaki kapasitas memori yang lebih besar, spesifikasi Galaxy A8 pada sektor storage juga dilengkapi dengan slot microSD yang bisa ditambahi kartu external memory hingga kapasitas 128 GB.

Lini Fotografi Kelas Wahid dengan Duet Kamera 16 MP dan 5 MP

Saatnya kita mengulas spesifikasi Samsung Galaxy A8 pada bagian yang juga menjadi andalannya, yaitu sektor fotografi. Seperti yang sudah sempat Begawei singgung pada bagian awal tadi, komponen-komponen fotografi yang ada pada Samsung Galaxy A8 ini juga merupakan komponen kelas atas. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan kamera utama 16 MP yang memiliki resolusi sebesar 5312 x 2988 pixels. Dengan resolusi kamera utama Samsung Galaxy A8 yang cukup tinggi itu, kawan Begawei bisa menghasilkan jepretan foto yang tajam dan berkualitas. Selain resolusinya yang cukup tinggi, kamera utama pada Samsung Galaxy A8 juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur fotografi modern, seperti LED Flash, Touch Focus, Face Detection dan juga fitur Panorama. Selain kamera utama yang sangat berkualitas, Samsung Galaxy A8 juga dilengkapi dengan kamera sekunder yang tak kalah kerennya juga. Samsung menyematkan kamera sekunder berukuran 5 MP yang terletak pada sisi depan phablet edisi terbarunya ini. Tak hanya bisa menjalankan fungsi-fungsi fotografi saja, sepasang kamera yang menjadi bagiaan spesifikasi Samsung Galaxy A8 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080 pixels.

spesifikasi galaxy a8

Jaringan 4G LTE Berikan Jaminan Akses Internet Super Kencang

Senada dengan sektor-sektor lain yang mengusung teknologi terbaik Samsung, pun demikian dengan spesifikasi Samsung Galaxy A8 pada lini konektivitas. Sebagai gadget kelas premium, sudah barang tentu jika Samsung Galaxy A8 dibekali dengan teknologi jaringan data terbaik. Phablet terbaru racikan Samsung ini dipersenjatai dengan teknologi 4G LTE sebagai koneksi data utamanya. Dengan koneksi data 4G LTE yang ada pada Samsung Galaxy A8 ini, kawan Begawei bisa menikmati akses internet super kencang dan pastinya juga stabil. Untuk keperluan download, Galaxy A8 bisa dipacu hingga kecepatan 300 Mbps, sementara untuk upload bisa mencapai kecepatan 50 Mbps. Selain koneksi data seluler 4G LTE yang menjadi andalannya, Samsung Galaxy A8 juga dilengkapi dengan pilihan konektivitas lainnya, seperti jaringan GSM, EDGE, dan juga HSPA. Sementara itu, fitur-fitur koneksi jarak dekat dan wireless macam Bluetooth v4.1, NFC, WiFim dan juga hotspot juga telah disematkan pada phablet ini. Spesifikasi Galaxy A8 pada sektor konektivitas juga semakin lengkap dengan hadirnya teknologi navigasi A-GPS yang telah dilengkapi dengan GLONASS yang memiliki kemampuan pemetaan sangat baik.

Kapasitas Baterai Ekstra Besar 3050 mAh

Pada segmen terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy A8 pada sektor pemasok dayanya. Kali ini Samsung membekali produk barunya dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3050 mAh. Kapasitas baterai sebesar 3050 mAh sebenarnya sudah cukup untuk menopang kehidupan Samsung Galaxy A8 selama seharian penuh. Meski mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi pada masing-masing sektornya, Samsung Galaxy A8 sebenarnya merupakan jenis gadget yang irit daya. Efektivitas konsumsi daya pada phablet baru Samsung ini bisa dilihat dari layarnya. Meski berukuran lebar dan memiliki resolusi tinggi, konsumsi daya dari layar Samsung Galaxy A8 tidak begitu boros karena jenis layarnya adalah Super AMOLED. Satu-satunya catatan minus dari spesifikasi Samsung Galaxy A8 di sektor baterai mungkin mungkin hanya terletak pada jenis baterai yang digunakan, yaitu baterai Removable Lithium-Ion yang kualitas dan daya tahannya tak sebaik baterai jenis Lithium-Polymer.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (optional)
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands LTE
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, July
Status Coming soon. Exp. release 2015, Q3
Bodi
Dimensi 158 x 76.8 x 5.9 mm (6.22 x 3.02 x 0.23 in)
Berat 151 g (5.33 oz)
SIM Optional Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
– Fingerprint sensor
Layar
Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.7 inches (~73.8% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~386 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan Corning Gorilla Glass 4 (To be confirmed)
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
Internal 16/32 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 16 MP, 5312 x 2988 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP, 1080p
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, EDR, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS/ Beidou (market dependant)
NFC Yes
Radio FM radio with RDS; recording
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 3050 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8

Dari review diatas apakah kawan Begawei sudah mengetahui kelebihan Samsung Galaxy A8 ini? Atau sudah menemukan kelemahan Samsung Galaxy A8 ini? Nah untuk memudahkan kawan Begawei untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini, yuk lihat tabel dibawah:

Kelebihan Samsung Galaxy A8
  • Prosesor Quadcore 1.5 GHz
  • RAM besar yaitu 2 GB
  • Resolusi kamera tinggi (depan 8MP,belakang 16 MP)
  • Support jaringan 4G
  • Layar Super Amoled dan dilindungi Corning Gorilla Glass 2
  • Tingkat kerapatan layar tinggi (386 ppi pixel density)
  • Dual SIM Card
  • Body tipis 5.9 mm
Kekurangan Samsung Galaxy A8
  • Baterai tidak bisa dilepas

Harga Samsung Galaxy A8

Samsung kembali menambah anggota baru pada keluarga Galaxy A. Jika tadi kita sudah puas membedah spesifikasinya dari lini per lini, sekaranga saatnya kita membahas kisaran harga Samsung Galaxy A8 yang menurut rencana akan dirilis pada kuartal ketiga tahun 2015 ini. Jika mengacu pada detail spesifikasinya, kita sudah bisa menebak bahwa harga Samsung Galaxy A8 ini pastinya akan membumbung tinggi. Hal ini memang wajar karena produk terbaru racikan Samsung ini memang ditujukan untuk pengguna gadget kelas premium. Kemewahan Samsung Galaxy A8 bisa dilihat dari penggunaan panel layar Super AMOLED 5.7 inci yang memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels. Selain pada bagian layar, dapur pacu Galaxy A8 ini juga sangat ‘mewah’ karena didukung oleh duet prosesor quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan juga quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Sektor-sektor lain seperti fotografi dan juga konektivitas pun tak luput dari teknologi-teknologi terbaik milik Samsung. Dengan spesifikasi kelas wahid seperti itu, memang sangat wajar bila akhirnya harga Samsung Galaxy A8 masuk pada level ‘sangat mahal’.

harga samsung galaxy a8

harga galaxy a8

Sebagai generasi penerus Galaxy A7 yang membawa spesifikasi lebih baik, maka dipastikan pula banderol harga Samsung Galaxy A8 pun akan lebih mahal jika dibandingkan dengan saudara tuanya tersebut. Jika Galaxy A7 dibanderol dengan harga Rp 7,5 jutaan, maka kemungkinan besar harga Galaxy A8 ini akan jatuh pada level Rp 8,2 jutaan. Selisih harga antara Samsung Galaxy A7 dengan Samsung Galaxy A8 memang cukup jauh karena Galaxy A8 membawa spesifikasi satu tingkat lebih baik daripada Galaxy A7. Jika menilik kualitas spesifikasinya lagi, banderol harga Samsung Galaxy A8 yang berkisar di atas Rp 8 jutaan rasanya memang sangat wajar.

Harga Samsung Galaxy A8
Sekitar Rp 8.200.000,-

Harga Samsung Galaxy A8 memang disesuaikan dengan segmentasinya, yaitu pengguna gadget kelas premium. Bagi mereka yang terbiasa bersentuhan dengan gadget-gadget berkualitas tinggi, banderol harga Samsung Galaxy A8 ini mungkin masih bisa dicapai. Selain mengincar para pengguna gadget kelas atas, Samsung juga menghadirkan Samsung Galaxy A8 bagi mereka yang memang mementingkan kualitas dan jaminan kinerja tangguh pada suatu unit gadget. Dengan banderol harga Samsung Galaxy A8 yang selangit tadi, kawan Begawei tak akan kecewa karena uang yang kamu keluarkan akan setimpal dengan kualitas dan kecanggihan yang dibawa oleh produk terbaru racikan Samsung ini. Baca juga ulasan lengkap khas Begawei mengenai Samsung Galaxy A7 dan Samsung Galaxy A5.

  • fatma

    Waw jadi bakalan beli nih

Top