Harga Motorola Moto X Play dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Motorola Moto X Play – Selain Moto X Style yang menempati pasar phone tablet kelas menengah ke atas, Motorola juga menghadirkan Motorola Moto X Play yang merupakan varian smartphone kelas menengah juga. Sebenarnya, kedua produk tersebut memiliki basis komposisi yang sama, hanya saja Motorola Moto X Style memiliki layar yang lebih luas. Kali ini, Motorola Moto X Play dibekali dengan layar seluas 5.5 inci. Meski sedikit lebih kecil dari Motorola Moto X Style, namun smartphone ini tetap mampu menghasilkan tampilan visual yang menarik karena layarnya memiliki resolusi dan tingkat kerapatan yang cukup tinggi. Motorola pun memperkenalkan Motorola Moto X Play dengan cara yang unik, yaitu dengan cara membuat acara serentak di kota-kota besar dunia seperti New York, London serta Sao Paulo yang berhasil mempertemukan para fans Motorola di masing-masing kota. Sama halnya dengan Moto X Style, Motorola Moto X Play ini juga merupakan produk generasi awal setelah Motorola secara resmi diambil alih oleh perusahaan teknologi asal Tiongkok, Lenovo.

motorola moto x play

Diplot menempati segmen smartphone Android kelas menengah, pastinya Motorola Moto X Play ini dibekali dengan spesifikasi yang sangat berkualitas. Pada layarnya, smartphone ini masih menggunakan panel layar IPS LCD 5.45 inci yang dilengkapi dengan sistem proteksi layar Cornig Gorilla Glass 3. Teknologi layar pada Motorola Moto X Play ini sama dengan yang digunakan pada Moto X Style. Selain itu, smartphone ini juga mengusung prosesor Octa-core, lebih tinggi dari pada Motorola Moto X Style. Dukungan RAM 2 GB pun juga hadir melengkapi spesifikasi smartphone ini. Dengan komponen-komponen yang sangat berkualitas tersebut, pastinya Motorola Moto X Play akan menghadirkan performa tangguh. Nah, kira-kira smartphone terbaru racikan Motorola ini memiliki keunggulan apa lagi ya? Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkum ulasan spesifikasi dan harga Motorola Moto X Play pada segmen-segmen di bawah ini.

hp motorola moto x play

Review Motorola Moto X Play

Smartphone Berlayar Lebar dengan Proteksi Corning Gorilla Glass 3

Dilihat dari desainnya, spesifikasi Motorola Moto X Play memiliki desain khas smartphone yang juga diusung ponsel pintar kebanyakan. Mengandalkan layar 5.5 inci, membuat tampilannya cukup besar. Dengan begitu, pengguna bisa mengeksplor visual dengan cukup leluasa. Dimensi yang diboyong oleh ponsel ini adalah 148 x 75 x 10.9 mm, dengan bobot 169 gram. Secara fisik, bodi Motorola Moto X Play ini memang cukup tebal. Jika kawan Begawei memperhatikan, hal itu memang menjadi salah satu ciri khas dari handset besutan Motorola. Namun dibalik itu, kesan gagah dan mantap di genggaman muncul secara jelas pada Motorola Moto X Play ini. Motorola menggunakan IPS LCD capacitive touchscreen untuk membesut layar smartphone terbarunya ini. Tak sekedar membawa kemampuan multitouch yang cukup bagus, layar tersebut juga memiliki kemampuan visual berkualitas tinggi. Hal tersebut dimunculkan oleh resolusi layar Motorola Moto X Play mencapai 1080 x 1920 pixels. Kerapatan layarnya juga tergolong tinggi, yakni 403 ppi pixel density. Hal ini akan membuat tampilan gambar Motorola Moto X Play terlihat tajam dan memanjakan mata. Kehadiran sertifikat IP52 juga membuat Moto X Play menjadi handset yang anti air, namun bukan berarti kawan Begawei bisa mengajaknya menyelam seenaknya karena pasti ada batasan tertentu untuk perangkat ini bisa bermain-main dengan air. Melengkapi ketahanan yang menakjubkan itu, spesifikasi Motorola Moto X Play pada sektor layar dilengkapi dengan sistem proteksi Corning Gorilla Glass 3. Dengan begitu, layar sentuhnya akan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap goresan yang sangat mungkin muncul akibat sentuhan jari.

Kinerja Mesin Stabil Berkat Prosesor Octa-core dan RAM 2 GB

Untuk ukuran smartphone kelas menengah, hampir bisa dipastikan bahwa vendor pembesutnya akan menghadirkan juga hardware yang mumpuni. Hal itu pula lah yang akan kita temui pada spesifikasi Motorola Moto X Play pada ruang dapur pacunya. Demi rangkaian mesin yang menghasilkan tenaga tinggi, Moto X Play diramu dengan prosesor berkualitas dari Qualcomm, yakni MSM8939 Snapdragon 615 yang disematkan di dalam delapan inti yang akan membuat performa Motorola Moto X Play menjadi sangat tangguh. Prosesor delapan inti (Octa-core) pada smartphone ini terdiri dari prosesor Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan juga Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Selain itu, dihadirkan pula RAM berkapasitas 2 GB pada Motorola Moto X Play ini yang akan membantu meringankan kerja prosesornya. Untuk urusan grafis, Motorola mempercayakan sektor grafis smartphone barunya ini pada part GPU Andreno 405 yang juga merupakan kartu pengolah grafis yang sangat berkualitas. Kemudian, spesifikasi Motorola Moto X Play di ruang dapur pacu dikendalikan oleh sistem operasi Android OS Lollipop v5.1.1 yang memiliki beberapa fitur canggih yang bisa kamu gunakan.

spesifikasi motorola moto x play

Memori Internal Beragam 16 GB dan 32 GB

Sama halnya dengan Moto X Style, kali ini spesifikasi Motorola Moto X Play di ruang penyimpanan data tersedia dalam pilihan kapasitas memori internal yang beragam. Meski tak selengkap varian Moto X Style, namun kehadiran Motorola Moto X Play dalam kapasitas memori 16 GB dan juga 32 GB pasti akan memudahkan penggunanya. Kapasitas sebesar 16 GB dan 32 GB tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung file sistem dan juga file-file pribadi penggunanya. Tanpa tambahan external memory pun, sebenarnya kapasitas memori internal Motorola Moto X Play ini sudah cukup luas dan akan menyisakan banyak ruang, Namun jika kawan Begawei merasa kapasitas tersebut masih kurang, spesifikasi Motorola Moto X Play pada bagian memori dibekali juga dengan slot microSD yang bisa digunakan untuk menambah ruang memorinya hingga mencapai kapasitas 128 GB.

Kamera Utama 21 MP Dilengkapi dengan Dual-LED Flash Light

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian awal tadi, bahwa keunggulan spesifikasi Motorola Moto X Play masih terletak pada lini fotografinya. Bagaimana tidak, kali ini Motorola membekali produk barunya dengan sepasang kamera berkualitas tinggi layaknya perangkat fotografi profesional. Pada bagian belakang, Motorola Moto X Play didukung oleh kamera utama 21 MP yang memiliki resolusi sebsar 5248 x 3936 pixels. Sama seperti Motorola Moto X Style, kamera tersebut juga telah dibekali dengan dual LED Flash yang akan membantu kawan Begawei untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus meski berada di tempat yang minim cahaya. Selain berteknologi tinggi, kamera utama Motorola Moto X Play juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur fotografi modern, seperti Autofocus, Face Detection, serta Auto-HDR. Kamera belakang Motorola Moto X Play pun juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080 pixels. Sebagai tandem kamera utama 21 MP, spesifikasi Motorola Moto X Play di sektor fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder 5 MP yang berada pada bagian depan smartphone ini.

spesifikasi hp motorola moto x play

Koneksi Data Andalkan Jaringan 4G LTE

Apakah kawan Begawei termasuk yang sedang memburu gadget dengan kemampuan menjangkau jalur 4G? Jika iya, maka spesifikasi Motorola Moto X Play di sektor konektivitas ini bisa jadi salah satu pilihan berkualitas. Dengan mengandalkan teknologi 4G LTE, koneksi data Motorola Moto X Play ini mampu mengantarkan kawan Begawei pada kecepatan akses internet yang sangat tinggi. Disamping itu, masih tersedia juga koneksi cepat 3G/HSPA yang akan menjadi solusi jika pengguna Motorola Moto X Play belum terjangkau jaringan 4G LTE. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone ini telah didukung oleh fitur-fitur konektivitas nirkabel jarak dekat macam WiFi, Bluetooth, dan juga Hotspot. Selain itu, Motorola Moto X Play juga memiliki fitur Near Field Connectivity (NFC) dan juga terdapat slot microUSB. Sebagai pelengkap spesifikasi Motorola Moto X Play pada sektor konektivitas, disematkan pula teknologi navigasi A-GPS pada perangkat ini.

Baterai Bertenaga 3.630 mAh

Guna mengimbangi spesifikasi layar dan dapur pacu yang mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi, spesifikasi Motorola Moto X Play pada bagian ruang penyuplai daya pun juga harus didukung dengan baterai berkapasitas besar pula. Nah, untuk masalah daya, kawan Begawei tak perlu meragukan kemampuan Motorola Moto X Play ini. Pasalnya, Motorola membekali Moto X Play degan baterai berkapasitas super besar, yaitu mencapai 3.630 mAh. Bahkan, kapasitas baterai pada Motorola Moto X Play ini lebih besar daripada baterai pada Moto X Style. Dengan kapasitasnya yang sangat besar, smartphone ini mampu bertahan hidup selama kurang lebih seharian penuh. Spesifikasi Motorola Moto X Play pada bagian baterai ini sekaligus menutup segemen ini. Selanjutnya kita akan membahas kekurangan dan kelebihan serta kisaran harga smartphone terbaru dari Motorola ini.

Spesifikasi Motorola Moto X Play

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (optional)
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1800 / 1900 / 2100 – XT1562
4G bandsLTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 19(800), 20(800), 28(700), 38(2600), 41(2500) – XT1562
KecepatanHSPA, LTE
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, July
StatusComing soon. Exp. release 2015, August
Bodi
Dimensi148 x 75 x 10.9 mm (5.83 x 2.95 x 0.43 in)
Berat169 g (5.96 oz)
SIMOptional Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
– Water repellant nano-coating (IP52 certified)
Layar
TipeCapacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.5 inches (~74.4% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
MultitouchYes
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.1.1 (Lollipop)
ChipsetQualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPUQuad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 405
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal16/32 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang21 MP, 5248 x 3936, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, auto-HDR
Video1080p@30fps
Kamera Depan5 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS
NFCYes
RadioTo be confirmed
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorYes
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable 3630 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Motorola Moto X Play

Secara umum, spesifikasi yang diusung oleh Motorola Moto X Play ini masih memiliki basis yang sama dengan Moto X Style. Perbedaannya adalah layar yang lebih kecil, yaitu 5.5 inci. Meski begitu, smartphone ini memiliki keunggulan pada kapasitas baterainya yang sangat besar serta sudah menggunakan teknologi Dual Nano SIM Card. Sedangkan catatan kekurangan ponsel ini adalah layarnya yang maisih berjenis IPS LCD dan baterainya yang tidak bisa diganti. Agar kawan Begawei mendapatkan gambaran lebih jelas, kami sudah merangkum kelebihan Motorola Moto X Play serta kekurangan Motorola Moto X Play pada tabel berikut ini:

Kelebihan Motorola Moto X Play
  • Bentangan layar cukup luas 5.5 inci
  • Sudah didukung oleh jaringan data 4G LTE
  • Resolusi layar mencapai 1080 x 1920 pixels
  • Tingkat kerapatan layar 403 ppi
  • Dual Nano-SIM Card
  • Memiliki sertifikasi IP52
  • Layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3
  • Prosesor Octa-core (Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53)
  • Chipset Snapdragon 615
  • Kapasitas RAM cukup besar 2 GB
  • Memori internal bervariasi 16 GB dan 32 GB
  • Baterai tahan lama 3630 mAh
Kekurangan Motorola Moto X Play
  • Jenis layar masih IPS LCD
  • Baterai tidak bisa diganti (Non-removable)

Harga Motorola Moto X Play

Sampailah kita pada segmen harga Motorola Moto X Play ini. Namun sebelum masuk ke detail harganya, apa pendapat kawan Begawei tentang smartphone yang satu ini? Secara fisik, handset ini punya desain yang standar, namun tetap elegan dengan bezel tipis yang mengapit layarnya. Selain itu, performa Motorola Moto X Play ini juga cukup tangguh berkat kehadiran chip Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 yang mendukung duet prosesor Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 di dalamnya. Banderol harga Motorola Moto X Play pun sedikit banyak akan dipengaruhi oleh sektor fotografi dan juga konektivitasnya. Tak bisa dipungkiri, nilai plus smartphone ini terletak pada kualitas fotografinya yang mengusung kamera utama 21 MP. Untuk spesifikasi tersebut, kira-kira harga Motorola Moto X Play ini berapa ya?

harga motorola moto x play

harga motorola moto x play terbaru

Jika kita kembali melihat isi jeroan lini per lini yang dibenamkan pada ponsel ini, maka kita dapat mengira-ngira jika harga Motorola Moto X Play ini akan berada pada level yang tergolong mahal. Benar saja, sesuai dengan informasi yang Begawei dapatkan, banderol harga yang diberikan oleh Motorola pada produk barunya ini berada pada kisaran Rp 3,7 jutaan. Kisaran harga Motorola Moto X Play tersebut juga hampir sama dengan saudara kandungnya, yaitu Motorola Moto X Style. Menurut Begawei, banderol harga yang tersemat pada Motorola Moto X Play ini memang sudah sesuai dengan apa yang ada di dalamnya. Meski ada beberapa bagian yang menjadi kelemahannya, namun secara umum kisaran harga Motorola Moto X Play ini sudah merupakan harga terbaik untuk smartphone di segmen menengah.

Harga Motorola Moto X Play
Sekitar Rp 3.700.000,-

Meski harga Motorola Moto X Play ini masih dibawah Motorola Moto X Style, ponsel terbaru dari Motorola ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Kehadiran Motorola Moto X Play ini juga sangat cocok bagi kawan Begawei penghobi fotografi karena smartphone baru dari Motorola ini memiliki perangkat fotografi yang ciamik. Saat ini, banyak smartphone kelas menengah yang harganya hampir sama dengan harga Motorola Moto X Play ini. Namun, Moto X Play jelas memiliki keunggulan tersendiri, terutama pada lini fotografinya. Nah bagi kawan Begawei yang tertarik menebus harga Motorola Moto X Play ini, tunggu sampai rilis resminya sekitar awal Agustus 2015 ini ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Motorola Moto X Style dan juga Asus Zenfone 2E.

Top