Harga LG Tribute 2 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga LG Tribute 2 – Tak ingin kalah dengan vendor-vendor smartphone asal Tiongkok yang membanjiri pasar ponsel kelas menengah Tanah Air dengan produk-produk murah, LG kembali memperkenalkan unit smartphone baru untuk segmen menengah ke bawah. Setelah LG Bello 2, kali ini LG meluncurkan LG Tribute 2 juga akan ditempatkan pada level yang sama dengan Bello 2. Menurut rencana, LG Tribute 2 ini akan diluncurkan pada akhir Juli 2015 ini. Menempati segmen yang sama, antara LG Bello 2 dan Tribute 2 memang memiliki spesifikasi yang hampir seimbang. Jika LG Bello 2 memiliki keunggulan di sektor layar dan juga baterainya, kali ini LG Tribute 2 mengusung kelebihan berupa teknologi dual SIM GSM dan CDMA serta sudah mengaplikasikan teknologi jaringan data 4G LTE. Yang pasti, smartphone terbaru racikan LG ini akan dibanderol dengan harga yang bersahabat. LG sendiri sudah mulai menawarkan LG Tribute 2 untuk pasar Amerika Utara lewat kerjasama dengan dua operator seluler lokal, yaitu Sprint dan juga Virgin Mobile.

lg tribute 2

Kawan Begawei masih ingat dengan smartphone Android LG Tribute generasi pertama? Nah, kali ini LG menciptakan LG Tribute 2 dengan basis yang hampir sama dengan generasi pertamanya. Sebagai produk upgrade, pastinya LG Tribute 2 membawa keunggulan dan peningkatan komponen yang lebih baik dari generasi lamanya. Salah satu contoh sentuhan baru yang ada pada LG Tribute 2 adalah resolusi dan tingkat kerapatan layarnya yang lebih tinggi. Meski sama-sama menggunakan jenis layar TFT Capacitive Touchscreen, namun resolusi layar LG Tribute 2 adalah sebesar 480 x 854 pixels. Selain itu, smartphone terbaru racikan LG ini sudah mengusung teknologi jaringan data 4G LTE yang akan menawarkan akses internet super kencang pada penggunanya. Nah agar kawan Begawei lebih jelas lagi, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga LG Tribute 2 pada segmen-segmen di bawah ini.

hp lg tribute 2

Review LG Tribute 2

Smartphone 4.5 Inci dengan Desain Menawan

Spesifikasi LG Tribute 2 kali ini membawa tema revolusioner dari versi lamanya. Hal ini bisa dilihat dari tampilan fisik Tribute 2 yang terlihat lebih stylish dari Tribute generasi awal. Selain lebih elegan, LG Tribute 2 juga memiliki bobot yang lumayan ringan, yaitu hanya seberat 138.9 gram. Smartphone ini juga akan terasa sangat pas saat digenggam karena memiliki ukuran tubuh 129.9 x 64.9 x 10.9 mm. Sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, desain serta dimensi LG Tribute 2 ini memang tergolong cukup menarik, layaknya ponsel mahal. Selain bagian depannya yang cukup elegan, sisi belakang LG Tribute 2 pun juga memancarkan aura kemewahan dengan penempatan kamera utama di bagian tengah yang dipadukan dengan lampu flash yang berada di dekatnya. Kemudian, berpindah ke bagian layar, kali ini LG Tribute 2 masih menggunakan tipe layar yang sama dengan generasi pertamanya, yaitu layar jenis TFT. Meski tipe layarnya sama, namun layar pada LG Tribute 2 memiliki resolusi dan tingkat kerapatan yang lebih tinggi. Layar pada smartphone ini adalah sebesar 480 x 854 pixels dan tingkat kerapatannya mencapai 218 ppi pixel density. Sedikit kekurangan pada spesifikasi LG Tribute 2 bagian layarnya adalah belum adanya sistem proteksi layar yang melindungi layarnya dari resiko goresan.

Kinerja Mesin Stabil Berkat Prosesor Quad-core 1.2 GHz dan Chip Snapdragon 410

Selain pada sektor layarnya, sentuhan baru juga terdapat pada spesifikasi LG Tribute 2 pada bagian dapur pacunya. Sebagai produk versi upgrade, tentu saja LG Tribute 2 membawa komponen-komponen mesin yang berkualitas guna meningkatkan kinerjanya. Salah satu komponen baru yang digunakan oleh LG pada produk barunya ini adalah prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Untuk ukuran smartphone kelas pemula, prosesor pada LG Tribute 2 tersebut sudah cukup baik. Kemudian, prosesor yang menjadi inti dari mesin itu ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Chip yang disematkan pada LG Tribute 2 ini juga tergolong chip yang berkualitas tinggi karena biasanya smartphone kelas menengah ke bawah tak memakai chip sekelas Snapdragon. Performa LG Tribute 2 juga semakin meningkat berkat kehadiran RAM berkapasitas 1 GB. Sedangkan untuk urusan grafis, LG menyerahkan pemrosesan grafis smartphone ini pada GPU Andreno 306. Lalu, semua komponen yang menjadi bagian dari spesifikasi LG Tribute 2 di sektor dapur pacu ini berjalan pada sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop. OS Android Lollipop versi 5.1 merupakan sistem operasi terbaru dari generasi Android Lollipop.

spesifikasi lg tribute 2

Memori Internal Cukup Luas 8 GB

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi LG Tribute 2 pada bagian memori internalnya. Karena memang merupakan smartphone kelas menengah, LG Tribute 2 pun juga dibekali dengan memori kelas menengah pula. Tercatat, LG membekali LG Tribute 2 dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Kapasitas tersebut memang tak terlalu besar. Namun jika hanya untuk mengakomodasi keperluan sistem dan juga penyimpanan file pribadi, ruang selus 8 GB pada LG Tribute 2 ini sudah cukup luas. Atau jika kawan Begawei masih merasa kurang dengan kapasitas memori internal tersebut, spesifikasi LG Tribute 2 di bagian storage sudah dilengkapi dengan slot external memory yang bisa ditambahkan dengan microSD hingga kapasitas 32 GB.

Duet Kamera Standar 5 MP dan VGA

Beralih ke sektor fotografi dari spesifikasi LG Tribute 2, sepertinya produk baru dari LG ini tidak mengunggulakan sektor fotografinya. Hal ini dapat dilihat dari sepasang kamera LG Tribute 2 yang kualitasnya terhitung rendah. Kamera utama pada smartphone ini hanya berukuran 5 MP. Sangat kecil memang. Namun untungnya, kamera utama pada LG Tribute 2 tersebut sudah dibekali dengan fitur LED Flash. Fitur LED Flash itu akan sangat membantu saat kawan Begawei ingin mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya. Selain bisa digunakan untuk keperluan fotografi, kamera utama LG Tribute 2 juga bisa menghasilkan rekaman video dengan resolusi 1080 pixels. Kemudian, untuk melengkapi spesifikasi LG Tribute 2 pada lini fotografinya, LG menyematkan kamera sekunder berjenis VGA pada sisi depan smartphone barunya ini. Meski tak terlalu bagus, lini fotografi pada produk baru LG ini masih bisa diandalkan.

spesifikasi hp lg tribute 2

Ponsel Dual SIM Berteknologi GSM 4G dan CDMA EVDO

Seperti yang sudah sempat Begawei singgung pada bagian awal tadi, salah satu sektor unggulan dari spesifikasi LG Tribute 2 ini adalah pada teknologi konektivitasnya. Sebagai smartphone kelas bawah, ternyata LG Tribute 2 dibekali dengan sistem koneksi yang terbilang lengkap. Sebagai informasi, generasi kedua dari LG Tribute ini merupakan jenis ponsel dual SIM, satu slot untuk GSM dan satu lagi untuk CDMA. Untuk jaringan GSM-nya, LG Tribute 2 sudah mengusung teknologi 4G LTE, dimana kawan Begawei bisa mengakses internet dengan kecepatan maksimal mencapai 150 Mbps (download) dan 50 Mbpas (upload). Sedangkan jaringan CDMA pada LG Tribute 2 ini sudah menggunakan teknologi EV-DO Rev A 3.1 yang mampu mencapai kecepatan 3.1 Mbps. Selain mengusung teknologi jaringan data seluler yang menawarkan akses internet super kencang, LG Tribute 2 juga dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi jarak dekat yang pastinya sangat bermanfaat, seperti misalnya Bluetooth v4.0, WiFi, serta slot microUSB. Sedangkan untuk sistem navigasinya, spesifikasi LG Tribute 2 telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS.

Kapasitas Baterai Standar 1.900 mAH

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi LG Tribute 2 pada bagian pemasok daya atau baterainya. Kali ini, LG membekali LG Tribute 2 dengan baterai berjenis Lithium-Ion yang memiliki kapasitas 1.900 mAh. Kapasitas sebesar 1.900 mAh sendiri sebenarnya merupakan kapasitas yang tergolong rendah. Tapi mengingat spesifikasi ‘jeroan’ LG Tribute 2 juga berisikan komponen-komponen yang tak terlalu boros tenaga, baterai tersebut masih mampu untuk menopang kehidupan LG Tribute 2 selama seharian. Namun jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget yang aktiv dengan perangkatnya, kami sarankan agar selalu menyiapkan penyuplai daya cadangan karena spesifikasi LG Tribute 2 ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas rendah.

Spesifikasi LG Tribute 2

Jaringan
Teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
CDMA 800
3G bands HSDPA
CDMA2000 1xEV-DO
4G bands LTE band 2(1900), 4(1700/2100), 5(850), 12(700), 25(1900), 26(850), 41(2500)
Kecepatan HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps
GPRS No
EDGE No
Pengumuman
Pengumuman 2015, July
Status Available. Released 2015, July
Bodi
Dimensi 129.9 x 64.9 x 10.9 mm (5.11 x 2.56 x 0.43 in)
Berat 138.9 g (4.94 oz)
SIM Micro-SIM
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.5 inches (~66.2% screen-to-body ratio)
Resolusi 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
Fitur Yes
Video 1080p
Kamera Depan VGA
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS
Radio No
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, IM
Browser HTML
Baterai
Li-Ion 1900 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan LG Tribute 2

Jika mengacu pada detail spesifikasi di atas, LG Tribute 2 ini memang cocok untuk pengguna pemula, atau pengguna yang baru saja berpindah dari feature phone ke smartphone. Kelebihan yang dimiliki oleh smartphone terbaru racikan LG ini adalah jaringan datanya yang sudah mengusung teknologi 4G LTE. Selain itu, ponsel ini juga memiliki dimensi yang cukup pas di genggaman. Namun, karena hanya merupakan smartphone kelas pemula pastinya ponsel ini juga memiliki beberapa catatan kekurangan. Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkum kelebihan LG Tribute 2 dan kekurangan LG Tribute 2 pada tabel di bawah ini:

Kelebihan LG Tribute 2
  • Dual SIM GSM / CDMA
  • Koneksi internet kencang 4G (GSM) / 1XEV-DO (CDMA)
  • Layar cukup luas 4.5 inci
  • Tingkat kerapatan layar tinggi 218 ppi pixel density
  • Chip Snapdragon 410
  • Sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop
Kekurangan LG Tribute 2
  • Jenis layar TFT tak terlalu tajam
  • Duet kamera hanya 5 MP dan VGA
  • Kapasitas baterai rendah, hanya 1.900 mAh

Harga LG Tribute 2

Hadir sebagai generasi penerus LG Tribute versi lama, pastinya generasi kedua dari Tribute ini menawarkan keunggulan yang tak ada pada versi lamanya. Karena memiliki peningkatan spesifikasi, pastinya banderol harga LG Tribute 2 juga akan lebih mahal dari versi lamanya. Kisaran harga LG Tribute 2 memang telah disesuaikan dengan spesifikasinya. Smartphone ini telah mengusung layar yang lebih halus, meski jenisnya masih TFT. Selain itu, LG Tribute 2 juga memiliki sektor unggulan berupa koneksi data 4G dan juga CDMA. Meski kapasitas baterainya rendah, namun hal itu tak akan berpengaruh banyak pada banderol harga LG Tribute 2 di pasaran.

harga lg tribute 2

harga lg tribute 2 terbaru

Dari informasi yang Begawei dapatkan, banderol harga LG Tribute 2 ini adalah sekitar Rp 1,4 jutaan. Jika melihat spesifikasinya, banderol harga LG Tribute 2 ini memang sudah sesuai dengan apa yang ada di dalamnya. Menempati segmen kelas menengah ke bawah, LG Tribute 2 dipastikan akan duel head-to-head dengan produk-produk murah asal Tiongkok yang membanjiri pasar smartphone murah. Selain itu, harga LG Tribute 2 yang cukup terjangkau itu pastinya juga akan banyak dilirik oleh para pecinta gadget karena spesifikasinya tergolong cukup baik.

Harga LG Tribute 2
Sekitar Rp 1.400.000,-

Kisaran harga LG Tribute 2 ini sangat cocok bagi kawan Begawei yang menginginkan unit gadget berkualitas dengan harga yang bersahabat. Strategi LG yang membanderol harga LG Tribute 2 dengan nominal tak terlalu mahal ini memang disesuaikan dengan segmentasinya. Bagi kawan Begawei yang memang mengerti kualitas sebuah ponsel, tentu LG Tribute 2 ini bisa menjadi pilihan gadget yang menarik. Meski dalam beberapa waktu terakhir sering merilis ponsel-ponsel mahal, namun LG kembali menunjukkan bahwa perusahaan asal Korea Selatan itu belum meninggalkan pangsa pasar smartphone kelas menengah yang masih memiliki potensi besar. Dengan harga LG Tribute 2 yang cukup terjangkau ini, kami memperkirakan bahwa ponsel ini akan cukup laris di pasaran. Baca juga ulasan Begawei mengenai LG Bello 2 dan ZTE Blade D6.

Top