Harga Huawei Honor 4A dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Huawei Honor 4A – Salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok, Huawei, kembali meramaikan pasar smartphone entry-level. Kali ini yang menjadi jagoan baru dari vendor smartphone asal Negeri Tirai Bambu itu adalah Huawei Honor 4A yang menurut rencana akan dirilis resmi pada tanggal 28 Juli 2015 ini. Lewat produk barunya ini, Huawei memang menyasar pengguna smartphone kelas menengah ke bawah. Meski hanya berstatus ponsel pintar kelas entry-level, bukan berarti Huawei Honor 4A hanya dibekali dengan spesifikasi ala kadarnya. Sebelum Huawei Honor 4A, produk terakhir yang diperkenalkan oleh Huawei adalah Huawei Honor 7 yang merupakan smartphone kelas premium. Sebagai informasi, Huawei Honor 7 sendiri cukup sukses di pasar gadget dunia dengan bukti berupa proses pre-ordernya yang diminati banyak calon pembeli. Meski berbeda segmentasi, Huawei Honor 4A ini digadang-gadang akan mengikuti jejak Honor 7 yang berhasil mencuri perhatian penggila gadget dunia.

huawei honor 4a

Sedikit mengingatkan memori kawan Begawei, produk gadget murah yang dirilis oleh Huawei sebelum Huawei Honor 4A adalah Huawei Honor Bee. Nah kali ini, Huawei menghadirkan sentuhan baru dalam sosok Huawei Honor 4A yang memiliki spesifikasi sedikit di atas Honor Bee meski menempati level yang sama. Jualan utama dari Huawei Honor 4A pastinya adalah teknologi Dual SIM GSM/CDMA. Untuk slot GSM-nya, Huawei sudah mengusung teknologi jaringan data 4G LTE yang pastinya akan menghadirkan akses internet super cepat. Selain teknologi konektivitas yang menjadi andalannya, Huawei Honor 4A juga mengusung layar yang memiliki luas hingga 5 inci. Selain cukup luas, layar tersebut juga memiliki resolusi dan tingkat kerapatan yang cukup tinggi. Tak ketinggalan, Huawei Honor 4A juga dibekali dengan duet kamera 8 MP dan 2 MP pada lini fotografinya. Agar kawan Begawei mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai spesifikasi dan harga Huawei Honor 4A ini, kami sudah membuat review lengkap tentang produk baru dari Huawei ini pada segmen-segmen di bawah ini.

hp huawei honor 4a

Review Huawei Honor 4A

Smartphone Tipis dengan Dukungan Layar 5 Inci

Kita mulai pembahasan spesifikasi Huawei Honor 4A dari tampilan fisiknya. Saat ini mulai banyak smartphone entry-level namun memiliki tampilan fisik layaknya smartphone kelas atas, salah satunya adalah Huawei Honor 4A ini. Huawei mendesain produk barunya ini dengan penampilan yang cukup menari lewat bezel tipis yang mengapit layarnya. Selain memiliki desain sederhana namun elegan, Huawei Honor 4A juga memiliki dimensi yang cukup tipis. Smartphone ini hanya memiliki ketebalan sebesar 7.8 mm. Dengan desain bodi yang tipis tersebut, Huawei Honor 4A ini akan sangat mudah untuk dioperasikan dan pastinya akan terasa sangat ringan. Berpindah ke bagian layarnya, kali ini Huawei mengusung jenis layar IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan ukuran 5 inci. Layar ini memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pixles dengan tingkat kerapatan mencapai 294 ppi pixel density. Jadi, selain memiliki luas yang cukup lega, layar pada Huawei Honor 4A  juga mampu menampilkan visualisasi yang bagus karena memiliki resolusi dan tingkat keraptan yang tinggi. Huawei pun menyematkan teknologi tampilan antarmuka Emotion 3.1 UI yang akan membantu meningkatkan kualitas tampilan visual pada Huawei Honor 4A ini. Kekurangan dari spesifikasi Huawei Honor 4A di sektor tampilan fisik mungkin hanyalah belum adanya sistem proteksi layar yang akan melindungi layarnya dari resiko goresan saat pemakaian sehari-hari.

Kinerja Stabil dengan Prosesor Quad-core dan RAM 1 GB pada Ruang Mesinnya

Bergerak ke bagian dalam, kita akan membahas spesifikasi Huawei Honor 4A di bagian ruang dapur pacunya. Untuk smartphone kelas menengah ke bawah atau entry level, sebenarnya ponsel ini memiliki komponen mesin yang cukup baik. Performa Huawei Honor 4A memang cukup stabil karena sudah didukung oleh chip Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210. Chipset racikan Qualcomm ini sebenarnya sering digunakan pada smartphone-smartphone kelas atas. Kemudian kinerja Huawei Honor 4A juga didukung oleh prosesor Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7. Meski kecepatan prosesornya terbatas, namun dengan dukungan chip yang berkualitas prosesor tersebut tetap mampu bekerja maksimal. Performa Huawei Honor 4A juga akan semakin tangguh berkat kehadiran RAM berkapasitas 2 GB. Kapasitas RAM yang cukup besar ini juga merupakan salah satu keunggulan yang dihadirkan oleh Huawei. Biasanya, smartphone entry-level hanya dibekali dengan RAM berkapasitas di bawah 2 GB. Sedangkan untuk sektor grafisnya, Huawei Honor 4A ini didukung oleh kartu pengolah grafis (GPU) Andreno 304. Kesemua komponen-komponen dari spesifikasi Huawei Honor 4A di sektor dapur pacu ini dikendalikan oleh sistem operasi Android OS Lollipop v5.1.

spesifikasi huawei honor 4a

Memori Bisa Maksimalkan Hingga 128 GB

Keberadaan storage merupakan hal penting dalam sebuah unit smartphone. Menyadari hal ini, spesifikasi Huawei Honor 4A di sektor storage pun dibekali dengan memori internal berkapasitas cukup besar. Kali ini, Huawei membekali Huawei Honor 4A dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung keperluan penyimpanan file sistem serta file-file pribadi penggunanya. Selain kapasitas internal memory yang cukup luas, Huawei Honor 4A juga didukung dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas storage-nya. Spesifikasi Huawei Honor 4A memang dilengkapi dengan slot microSD yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas memorinya hingga mencapai kapasitas 128 GB.

Kamera Belakang 8 MP Jadi Andalan di Sektor Fotografi

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Huawei Honor 4A di sektor fotografinya. Lini fotografi merupakan salah satu andalan dari produk terbaru dari perusahaan teknologi asal Tiongkok ini. Sebagai buktinya, Huawei Honor 4A dibekali dengan sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Huawei Honor 4A dibekali dengan kamera 8 MP yang memiliki resolusi 3264 x 2448 pixels. Kamera yang terletak di sisi belakang itu telah dilengkapi dengan fitur LED Flash yang akan membantumu untuk bisa menghasilkan jepretan foto yang berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu untuk menghasilkan kualitas foto yang bagus, kamera utama pada Huawei Honor 4A tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 720 pixels. Sebagai pelengkap spesifikasi Huawei Honor 4A di bagian fotografi, disematkanlah kamera berukuran 2 MP yang terletak di bagian depannya.

spesifikasi hp huawei honor 4a

Akses Internet Melaju Kencang di Jaringan 4G LTE

Seperti yang sudah sempat Begawei singgung pada bagian awal tadi, salah satu bagian andalan dari spesifikasi Huawei Honor 4A adalah lini konektivitasnya. Pada bagian konektivitasnya, Huawei memang menghadirkan teknologi koneksi terbaik yang ada saat ini. Huawei membekali Huawei Honor 4A dengan teknologi jaringan data 4G LTE sebagai jaringan utamanya. Dengan jaringan 4G LTE yang ada pada smartphone ini, kawan Begawei bisa menikmati akses internet hingga mencapai 150 Mbps untuk keperluan download, dan 50 Mbps untuk upload. Tak hanya jaringan 4G LTE saja yang menghadirkan kecepatan akses internet, Huawei Honor 4A juga dibekali dengan pilihan jaringan CDMA. Ponsel ini memang bisa dipasangi kartu SIM Card CDMA karena memiliki dua slot kartu seluler. Jaringan data CDMA yang ada pada Huawei Honor 4A ini mampu mencapai level CDMA2000 1xEV-DO. Jadi, baik menggunakan kartu GSM maupun CDMA, ponsel ini mampu menghadirkan koneksi data yang sama-sama cepatnya. Kemudian, fitur-fitur koneksi jarak dekat juga telah ada pada Huawei Honor 4A ini, mulai dari fitur WiFi, Bluetooth v4.1 dan juga hotspot. Sementara untuk keperluan navigasi penggunanya, spesifikasi Huawei Honor 4A dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS.

Baterai Kelas Menengah Berkapasitas 2.200 mAh

Melengkapi spesifikasi Huawei Honor 4A yang cukup berkualitas di atas, Huawei pun menyematkan baterai dengan kapasitas cukup besar guna menopang operasional smartphone barunya ini. Sebenarnya, konsumsi daya Huawei Honor 4A ini tak terlalu besar karena komponen-komponen yang ada di dalamnya merupakan komponen yang cukup irit daya. Namun meski begitu, demi memaksimalkan operasionalnya, Huawei Honor 4A dibekali dengan baterai berkapasitas 2.200 mAh. Untuk smartphone entry-level, kapasitas baterai ini memang sudah cukup besar. Selain memiliki kapasitas yang cukup besar, spesifikasi Huawei Honor 4A di bagian baterai juga sudah menggunakan jenis baterai modern, yaitu baterai jenis Lithium-Polymer.

Spesifikasi Huawei Honor 4A

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / EVDO / LTE
2G bands GSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 – SCL-TL00H
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 – SCL-CL00, SCL-AL00
3G bands HSDPA 900 / 2100 – SCL-AL00
TD-SCDMA – SCL-TL00H
CDMA2000 1xEV-DO – SCL-CL00, SCL-AL00
4G bands LTE band 38(2600), 39(1900), 40(2300) – SCL-TL00H
LTE band 1(2100), 3(1800), 41(2500) – SCL-CL00
LTE band 1(2100), 3(1800), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) – SCL-AL00
Kecepatan HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, July
Status Coming soon. Exp. release 2015, July 28th
Bodi
Dimensi 7.8 mm thickness
Weight
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.0 inches
Resolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
– Emotion 3.1 UI
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
CPU Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 304
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 8 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 720p@30fps
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Po 2200 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Honor 4A

Sebagai ponsel kelas entry-level, sebenarnya spesifikasi yang dimiliki oleh Huawei Honor 4A ini memang sudah cukup baik. Ponsel ini memiliki teknologi dual SIM Card GSM/CDMA yang akan memudahkan komunikasi penggunanya. Selain itu, akses internet yang cepat merupakan unggulan lain dari ponsel ini. Sedangkan untuk kelemahannya adalah belum adanya sistem proteksi yang melindungi layar smartphone ini. Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkum kelebihan Huawei Honor 4A dan kekurangan Huawei Honor 4A pada tabel berikut ini:

Kelebihan Huawei Honor 4A
  • Dual SIM GSM / CDMA
  • Slot GSM sudah mendukung teknologi 4G LTE
  • Dimensi tubuh cukup tipis 7.8 mm
  • Layar luas 5 inci
  • Resolusi dan tingkat kerapatan layar cukup tinggi
  • Sudah menggunakan OS Android Lolliop v5.1
  • Layar dilengkapi tampilan antarmuka Emotion 3.1 UI
  • Menggunakan GPU Andreno 304
  • Kapasitas RAM cukup besar 2 GB
  • Baterai cukup bertenaga 2.200 mAh
Kekurangan Huawei Honor 4A
  • Belum dilengkapi dengan teknologi perlindungan layar
  • Prosesor Quad-core hanya berkecepatan 1.1 GHz

Harga Huawei Honor 4A

Menjadi smartphone yang menghuni segmen entry-level, sudah barang tentu jika kisaran harga Huawei Honor 4A ini tak akan semahal ponsel-ponsel kelas premium. Jika menilik spesifikasinya, Huawei Honor 4A ini sebenarnya sudah dibekali dengan komponen yang cukup baik. Ponsel ini menggunakan layar 5 inci yang memiliki resolusi dan tingkat kerapatan cukup tinggi. Selain itu, banderol harga Huawei Honor 4A juga dipengaruhi oleh penggunaan teknologi dual SIM, GSM dan CDMA, yang masing-masing menyajikan kecepatan akses data internet. Kemudian, lini fotografi smartphone ini juga hadir dengan amunisi terbaik berupa kamera utama 8 MP dan kamera sekunder 2 MP. Nah, dengan spesifikasi seperti itu, kisaran harga Huawei Honor 4A ini berapa ya?

harga huawei honor 4a

harga huawei honor 4a terbaru

Seperti Begawei himpun dari berbagai sumber, kisaran harga Huawei Honor 4A ini adalah sekitar Rp 1,4 hingga Rp 1,8 jutaan. Cukup murah bukan? Harga tersebut memang sangat sesuai dengan komponen-komponen yang ada dalam Huawei Honor 4A ini. Dengan harganya yang sangat terjangakau tersebut, smartphone ini memang ditargetkan untuk segmen menengah ke bawah. Namun pengguna gadget kelas atas pun juga bisa memanfaatkan kisaran harga Huawei Honor 4A yang cukup terjangkau ini apabila mereka memang sedang berburu gadget berkualitas dengan harga murah. Selain itu, banderol harga Huawei Honor 4A yang murah meriah tersebut juga akan menjadi pesaing serius bagi produk selevel lainnya, seperti contohnya adalah LG Bello 2.

Harga Huawei Honor 4A
Sekitar Rp 1.400.000,- s/d Rp 1.800.000,-

Banderol harga Huawei Honor 4A di atas memang bukanlah harga resmi karena sampai saat ini Huawei sendiri belum merilis harga ponsel barunya itu. Namun jika melihat spesifikasinya, kemungkinan besar memang harga jual Huawei Honor 4A akan berkisar pada angka di atas. Kehadiran smartphone terbaru asal Tiongkok ini pastinya akan semakin mempersengit persaingan gadget di kelas entry-level. Meski hanya merupakan smartphone murah, Huawei sendiri mempersiapkan Huawei Honor 4A dengan komponen-komponen yang tak murahan. Harga Huawei Honor 4A yang sangat terjangkau tadi pastinya juga akan sangat cocok bagi kawan Begawei yang baru saja berpindah dari feature phone ke smartphone. Bagaimana? Tertarik untuk menebus ponsel pintar baru dari Huawei ini ini? Tunggu sampai tanggal rilis resminya ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Huawei Honor Bee dan juga LG Bello 2.

Top