Harga HTC Desire 520 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga HTC Desire 520 – Lama tak terdengar gaungnya, HTC seperti tenggelam dalam persaingan gadget dunia yang semakin sengit. Perusahaan asal Taiwan itu memang cukup lama berpuasa dalam percaturan smartphone di pasar internasional. Produk terakhir dari HTC yang kita ingat mungkin adalah HTC One ME serta HTC 820 G+. Seakan tak ingin semakin tenggelam di pasar gadget dunia, kali ini HTC kembali menggebrak lewat HTC Desire 520 yang menurut rencana akan dipasarkan pada akhir Juli atau paling lambat pertengahan Agustus 2015 mendatang. Berbeda dengan HTC One ME yang merupakan smartphone kelas atas, kali ini HTC menempatkan HTC Desire 520 di pasar smartphone kelas pemula atau menengah ke bawah. Berbekal nama besar HTC yang cukup disegani di jagad teknologi dunia, khususnya di pasar Asia, HTC Desire 520 ini hadir sebagai solusi kebutuhan gadget masyarakat kelas menengah. Meski spesifikasinya tergolong minimalis, namun smartphone racikan HTC ini tetap menawarkan keunggulan tersendiri.

htc desire 520

Hal yang paling mencolok sebagai nilai jual utama HTC Desire 520 ini pastinya adalah jaringan data 4G LTE. Meski saat ini sudah banyak ponsel pintar murah berteknologi 4G, HTC mencoba mencuri perhatian pasar lewat HTC Desire 520 yang pastinya dibanderol dengan harga merakyat. Selain jaringan data 4G LTE yang menjadi keunggulannya, HTC Desire 520 juga mengusung panel layar 4.5 inci yang akan menghadirkan tampilan visual memuasakan. Sedangkan pada sektor dapur pacunya, HTC mempercayakan performa HTC Desire 520 kepada prosesor Quad-core Cortex-A7 yang memiliki clock speed 1.1 GHz. Prosesor tersebut bertandem dengan chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210. Pengguanaan chip Snapdragon 210 ini juga cukup menarik karena biasanya smartphone pemula tak menggunakan chip sekelas Snapdragon. Lalu, HTC Desire 520 ini memiliki keunggulan apa lagi ya? Nah, untuk kamu yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga HTC Desire 520 ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

hp htc desire 520

Review HTC Desire 520

Ponsel Berdesain Simpel dengan Panel Layar 4.5 Inci

Penampilan luar pasti akan memberikan impresi yang bagus pada sebuah smartphone. Jika diamati dari luar, spesifikasi HTC Desire 520 ini memang terlihat sangat sederhana. Desain fisiknya serupa dengan desain smartphone murah lainnya. Hal yang membuat HTC Desire 520 tak menjadi ponsel ‘pasaran’ adalah desain tombol navigasi utamanya yang menyatu dengan layar. Pada bagian bodi bawah HTC Desire 520 dipermanis dengan akses speaker yang memanjang. Dimensi smartphone ini sebenarnya belum diungkap oleh HTC. Namun sekilas ponsel ini memiliki ukuran tubuh yang mantap untuk digenggam. Bergerak ke bagian layarnya, HTC membekali HTC Desire 520 ini dengan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki luas bentangan mencapai 4.5 inci. Ukuran layar tersebut cukup lebar untuk sebuah smartphone kelas menengah ke bawah. Layar pada HTC Desire 520 ini memiliki resolusi sebesar 480 x 854 pixels, cukup rendah memang. Apalagi, layar pada smartphone ini juga hanya memiliki tingkat kerapatan layar sebesar 218 ppi pixel density. Jadi, kawan Begawei jangan mengharapkan tampilan visual yang menawan dari HTC Desire 520 ini. Namun meski resolusi dan juga kerapatan layarnya tergolong rendah, spesifikasi HTC Desire 520 pada sektor visual tertolong oleh kehadiran user interface HTC Sense 7 UI. User interface racikan HTC tersebut akan membantu meningkatkan kualitas tampilan layarnya.

Dapur Pacu Pemula Berkekuatan Chip Snapdragon 210 dan Prosesor Quad-core

Selanjutnya kita akan membedah spesifikasi HTC Desire 520 pada bagian dapur pacunya. Karena hanya merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, komponen yang ada pada mesin HTC Desire 520 ini pun tak segahar komponen pada mesin smartphone kelas atas. Namun meski begitu, performa dapur pacu HTC Desire 520 ini masih bisa diandalkan untuk kebutuhan komunikasi dan juga hiburan. Sebagai inti mesin atau CPU-nya, HTC menyematkan prosesor Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7. Kecepatan proses data prosesor tersebut memang tak terlalu kencang. Namun hal ini tertolong oleh kehadiran chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210. Chip pada HTC Desire 520 ini tergolong cukup berkualitas karena biasa disematkan pada smartphone-smartphone kelas atas. Performa HTC Desire 520 juga semakin tangguh berkat kehadiran RAM berkapasitas 1 GB. Sedangkan pada sektor grafis, HTC menyerahkan urusan grafisnya pada kartu grafis atau GPU Andreno 304. Semua komponen pada spesifikasi HTC Desire 520 ini akan berjalan pada sistem operasi Android versi terbaru, yaitu Android OS v5.1 Lollipop.

spesifikasi htc desire 520

Memori Internal Seluas 8 GB

Beralih pada spesifikasi HTC Desire 520 di ruang penyimpanan file atau storage, kita akan menengok kapasitas memori yang disediakan oleh HTC. Smartphone terbaru racikan HTC ini dibekali dengan memori internal berkapasitas cukup luas, yaitu 8 GB. Untuk ukuran smartphone kelas menengah ke bawah, memori internal pada HTC Desire 520 ini sudah tergolong luas. Selain digunakan untuk mewadahi file-file pribadi penggunanya, memori tersebut juga akan digunakan untuk mengolah file-file sistem. Selain memiliki memori internal yang cukup luas, HTC Desire 520 juga telah dilengkapi dengan slot extrenal memory yang bisa digunakan untuk menambah storage-nya. Spesifikasi HTC Desire 520 di sektor memori sudah lengkap dengan slot microSD yang bisa menampung external memory hingga kapasitas 32 GB.

Kamera Utama Mumpuni 8 MP

Membahas spesifikasi HTC Desire 520, sudah pasti kita tak bisa melewatkan sektor fotografinya. Lini fotografi merupakan salah satu sektor unggulan yang coba ditawarkan oleh HTC Desire 520 ini. Jika kawan Begawei membutuhkan unit smartphone murah dengan kualitas fotografi yang cukup baik, pilihan memang bisa jatuh pada HTC Desire 520 ini. HTC memang menempatkan sepasang kamera berkualitas cukup baik pada produk barunya ini. Sebagai kamera utama, disematkanlah kamera berukuran 8 MP yang memiliki resolusi 3264 x 2448 pixels. Kamera utama pada HTC Desire 520 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash yang akan meningkatkan kualitas jepretan foto di tempat-tempat minim cahaya. Selain bisa menjalankan fungsi fotografi, kamera utama pada ponsel ini juga mampu merekam video dengan kualitas yang cukup baik pula. Sebagai pelengkap spesifikasi HTC Desire 520 di sektor fotografinya, disematkanlah kamera sekunder berukuran 2 MP pada sisi depan smartphone ini.

spesifikasi hp htc desire 520

Jaringan 4G LTE Jadi Andalan di Sektor Konektivitas

Saatnya kita mengupas spesifikasi HTC Desire 520 pada sektor yang menjadi unggulanya. Yup, benar sekali! Sektor konektivitas pada HTC Desire 520 merupakan salah satu sektor yang paling dikedepankan oleh HTC lewat produk barunya ini. Layaknya smartphone kelas atas, HTC Desire 520 ini dibekali dengan teknologi jaringan data 4G LTE. Dengan jaringan 4G LTE, kamu bisa menikmati akses internet berkecepatan tinggi. Untuk keperluan download, HTC Desire 520 bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 150 Mbps, sedangkan untuk upload bisa mencapai 50 Mbps. Selain jaringan utama 4G LTE, HTC Desire 520 juga dilengkapi dengan pilihan jaringan data alternatif seperti jaringan GSM, EDGE dan juga HSPA. Sedangkan untuk keperluan konektivitas nirkabel jarak dekat, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Bluetooth v4.1, WiFi, dan juga hotspot. Spesifikasi HTC Desire 520 pada sektor konektivitas juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan memudahkan keperluan pemetaan penggunanya.

Baterai Lemah 2.000 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi HTC Desire 520 pada sektor ruang penyuplai dayanya. Karena tak dibekali dengan komponen-komponen kelas atas yang boros konsumsi daya, HTC Desire 520 ini pun hanya dibekali dengan baterai berkapasitas minim. Tercatat, smartphone ini hanya didukung oleh baterai berkapasitas 2.000 mAh. Kapasitas tersebut memang terhitung sangat minim. Bagian paling boros tentunya adalah konektivitasnya karena sudah mengusung teknologi 4G LTE. Selain itu, konsumsi daya layar HTC Desire 520 juga cukup tinggi karena luas layarnya mencapai 4.5 inci. Jadi, kami menyarankan agar kawan Begawei selalu menyediakan power bank atau pemasok daya portable karena spesifikasi HTC Desire 520 pada sektor baterai tak didukung oleh baterai berkapasitas besar.

Spesifikasi HTC Desire 520

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA
4G bandsLTE
KecepatanHSPA, LTE
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, July
StatusComing soon. Exp. release 2015, July
Bodi
Dimensi
Berat
SIMYes
Layar
TipeCapacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.5 inches
Resolusi480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
MultitouchYes
– HTC Sense 7 UI
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
ChipsetQualcomm MSM8909 Snapdragon 210
CPUQuad-core 1.1 GHz Cortex-A7
GPUAdreno 304
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FiturYes
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTo be confirmed
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorYes
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML
Baterai
Li-Ion 2000 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan HTC Desire 520

Sebagai smartphone kelas pemula, sebenarnya HTC Desire 520 ini memiliki kelebihan pada bagian panel layarnya yang cukup luas, selain tentunya jaringan data 4G LTE. Selain itu, komponen mesinnya, terutama chipset, juga sangat bagus karena menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 210. Sedangkan kekurangan smartphone ini salah satunya adalah baterainya yang tak terlalu bertenaga serta tingkat kerapatan layar yang tergolong rendah. Kelebihan HTC Desire 520 dan kekurangan HTC Desire 520 kami rangkum pada tabel berikut ini:

Kelebihan HTC Desire 520
  • Bentangan layar cukup luas 4.5 inci
  • Jaringan data sudah 4G LTE
  • Sudah menggunakan user interface HTC Sense 7 UI
  • Kamera utama 8 MP
  • Chipset Snapdragon 210 berkualitas cukup baik
  • Tampilan grafis didukung oleh GPU Andreno 304
Kekurangan HTC Desire 520
  • Jenis layar Capacitive Touchscreen tak terlalu tajam
  • Prosesor Quad-core hanya berkecepatan 1.1 GHz
  • Tingkat kerapatan layar rendah hanya 218 ppi pixel density
  • Baterai lemah, hanya 2000 mAh

Harga HTC Desire 520

Jika tadi sudah puas dengan spesifikasinya, saatnya kita membahas kisaran harga HTC Desire 520 yang akan segera diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2015 ini. Jika dilihat dari spesifikasinya, HTC Desire 520 ini memang cukup berkualitas untuk ukuran smartphone kelas menengah ke bawah. Panel layar yang digunakannya merupakan layar jenis layar TFT Capacitive Touchsecereen yang meski resolusinya rendah namun memiliki bentangan cukup luas, yakin sebesar 4.5 inci. Sementara itu, dapur pacu ponsel ini juga sangat tangguh berkat kehadiran prosesor Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7 yang didukung oleh chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210. Banderol harga HTC Desire 520 pun juga akan dipengaruhi oleh adanya kamera utama berukuran 8 MP. Nah dengan spesifikasi yang cukup berkualitas tersebut, kira-kira harga HTC Desire 520 ini berapa ya?

harga htc desire 520

harga htc desire 520 terbaru

Dengan target segmentasi kelas menengah bawah maka Begawei harga HTC Desire 520 ini akan jatuh pada level yang tak terlalu mahal. Menurut perhitungan Begawei, kisaran harga HTC Desire 520 ini akan berada pada level Rp 1,5 jutaan, atau maksimal Rp 2 jutaan. Nominal tersebut mengacu pada komponen-komponen yang ada di dalam HTC Desire 520 ini. Meski hanya merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, banderol harga HTC Desire 520 memang masih terkatrol oleh teknologi 4G LTE yang menjadi andalan di sektor konektivitasnya.

Harga HTC Desire 520
Sekitar Rp 1.500.000,-

Banderol harga HTC Desire 520 di atas memang bukanlah harga resmi karena hingga detik ini pihak HTC memang belum merilis banderol resmi dari HTC Desire 520 ini. Namun sekali lagi, jika kita mengacu pada spesifikasinya, ada kemungkinan harga HTC Desire 520 akan berada pada level di atas. Kalaupun ada peningkatan, kami memprediksi tak akan terlalu jauh. Yang jelas, banderol harga HTC Desire 520 pasti akan dipatok selevel dengan smartphone-smartphone di kelas menengah ke bawah lainnya, seperti K-Touch Hexa Dual atau ZTE Blade D6. Untuk lebih jelasnya, mari kita sama-sama tunggu rilis resmi dari HTC dalam waktu dekat! Baca juga ulasan Begawei mengenai ZTE Blade D6 dan juga K-Touch Hexa Dual.

Top