Harga Asus Zenfone 2E dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2E – Sempat memberikan jeda yang cukup lama setelah merilis Zenfone seri 4, 5 dan 6, kini Asus kembali menyapa para penggemarnya lewat seri terbaru dari Asus Zenfone 2. Kali ini, produk terbaru dari Asus adalah Asus Zenfone 2E yang merupakan produk satu gen dari Asus Zenfone 2 ZE500CL. Meski merupakan produk satu gen, namun Asus Zenfone 2E ini memiliki komposisi yang sedikit berbeda dari seri lainnya. Ponsel pintar terbaru racikan Asus ini sejatinya menempati segmen kelas menengah ke bawah atau pemula. Oleh sebab itu, Asus Zenfone 2E ini memiliki spesifikasi di bawah Asus Zenfone 2 ZE500CL. Meski hanya merupakan gadget kelas pemula, namun tetap saja Asus membekali Asus Zenfone 2E dengan komponen-komponen berkualitas guna menjamin performanya. Hal ini bertujuan untuk menjaga nama baik Asus yang mulai mendapatkan porsi cukup besar di dunia gadget lewat kesuksesan Asus Zenfone  series-nya.

asus zenfone 2e

Sebagai gadget Android kelas pemula, memang Asus Zenfone 2E ini hanya dibekali dengan komponen-komponen standar. Namun kualitas dan juga performa dari smartphone ini tetap bisa diandalkan karena Asus sendiri tak main-main dalam meracik Asus Zenfone 2E. Sebagai salah satu bukti kualitas yang coba ditawarkan oleh Asus adalah penggunaan chip Intel Atom Z2560 pada smartphone andalannya ini. Meski selama ini chipset racikan Intel masih dianggap tak segahar chip Snapdragon, namun chip Intel Atom pada Asus Zenfone 2E ini merupakan chipset generasi baru yang tak perlu diragukan performanya. Chip Intel Atom ini juga sekaligus untuk menutupi kinerja prosesor Asus Zenfone 2E yang hanya dibekali dengan prosesor Dual-core 1.6 GHz. Kemudian, Asus coba menawarkan keunggulan lain melalui produk terbarunya ini. Adalah lini fotografi yang menjadi salah satu keunggulan Asus Zenfone 2E karena dibekali dengan kamera utama 8 MP. Agar kawan Begawei mendapatkan informasi lengkap mengenai spesifikasi dan harga Asus Zenfone 2E ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap jagoan baru Asus edisi terbaru ini pada segmen-segmen berikut.

hp asus zenfone 2e

Review Asus Zenfone 2E

Ponsel Pintar 5 Inci dengan Bodi yang Tak Terlalu Berat

Asus masih mendesain produk barunya ini dengan basis desain yang hampir sama dengan seri Asus Zenfone terdahulunya. Spesifikasi Asus Zenfone 2E di bagian fisik ini masih setia dengan bentuk bodi memanjang dengan sudut lengkungan tipis di empat ujungnya. Selain itu, desain tombol navigasi Asus Zenfone 2E juga masih menggunakan komposisi tombol yang berada di luar layar utamanya, menyatu dengan bodi. Ukuran bodi Asus Zenfone 2E sendiri cukup lebar dengan dimensi mencapai 148.1 x 71.4 x 10.9 mm. Meski ukuran tubuhnya cukup lebar, nyatanya smartphone ini berbobot cukup ringan, yaitu hanya mencapai 155.1 gram. Sedangkan untuk sektor layar, Asus mengusung jenis layar IPS Capacitive Touchscreen yang memiliki luas bentangan layar mencapai 5.0 inci. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pixles dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Untuk ukuran smartphone kelas menengah, resolusi dan kerapatan layar Asus Zenfone 2E ini tergolong cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan tampilan visual yang cukup bagus.  Asus juga menanamkan tampilan antarmuka (user interface) Asus ZenUI pada Asus Zenfone 2E ini yang akan membuat penampilan visualnya semakin menarik. Satu catatan dari spesifikasi Asus Zenfone 2E di sektor layar adalah belum adanya sistem perlindungan layar.

Performa Stabil Berkat Prosesor Dual-core 1.6 GHz dan Chip Intel Atom Z2560

Saatnya kita mengulik spesifikasi Asus Zenfone 2E pada bagian ruang kerjanya. Pada sektor dapur pacunya ini, Asus menggunakan komposisi mesin yang cukup baik, meski bukanlah komponen mesin kelas atas. Asus Zenfone 2E dibekali dengan prosesor Dual-core yang memiliki kecepatan hingga 1.6 GHz. Prosesor tersebut memang memiliki clock speed yang cukup cepat. Namun karena hanya merupakan prosesor Dual-core, kinerja mesin Asus Zenfone 2E pun tak akan terlalu istimewa. Untuk itulah, guna menutupi kelemahan prosesornya, Asus pun menyematkan chip Intel Atom Z2560 pada Asus Zenfone 2E ini. Kehadiran chipset tersebut mampu menolong kinerja mesin Asus Zenfone 2E menjadi lebih stabil. Lalu, Asus juga menggunakan RAM berkapasitas 1 GB serta GPU PowerVR SGX-544MP2 guna mendukung tampilan grafis pada ponsel ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Asus Zenfone 2E, disematkanlah sistem operasi Android OS v5.0 Loillipop.

spesifikasi asus zenfone 2e

Memori Iternal Berkapasitas 8 GB

Berpindah ke spesifikasi Asus Zenfone 2E di ruang penyimpanan file, kita akan melihat berapa luas storage yang disediakan oleh Asus pada produk barunya ini. Kali ini, Asus membekali Asus Zenfone 2E dengan memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB itu pastinya akan sanggup untuk menampung segala kebutuhan file sistem dan juga mampu mewadahi file-file pribadi penggunanya. Namun jika kamu merasa kapasitas internal Asus Zenfone 2E ini masih kurang luas, Asus pun menyediakan slot external memory pada spesifikasi Asus Zenfone 2E ini. Dengan tambahan kartu microSD, kawan Begawei bisa menambah kapasitas memori pada ponsel ini hingga mencapai 64 GB.

Kamera Utama 8 MP Lengkapi Kualitas Lini Fotografi

Dari setiap seri Zenfone yang dirilisnya, Asus tetap menjadikan lini fotografi sebagai unggulannya. Nah spesifikasi Asus Zenfone 2E kali ini pun juga menjadikan sektor fotografinya sebagai sektor andalan. Untuk seri Zenfone 2 edisi terbarunya ini, Asus mengusung kamera utama 8 MP. Kamera 8 MP pada sisi belakang Asus Zenfone 2E itu sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash yang akan membantu kamu saat ingin mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya. Selain memiliki fitur fotografi yang cukup lengkap, kamera belakang Asus Zenfone 2E juga memiliki resolusi sebesar 3264 x 2448 pixels. Untuk ukuran smartphone kelas menengah, jelas resolusi kamera pada Asus Zenfone 2E tersebut sudah tergolong tinggi. Selain itu, kamera belakang pada ponsel ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik, yaitu dengan resolusi 1080 pixels. Senjata terakhir Asus yang melengkapi spesifikasi Asus Zenfone 2E pada lini fotografi adalah kamera sekunder 2 MP yang terletak di sisi depannya.

spesifikasi hp asus zenfone 2e

Teknologi 4G LTE Jadi Andalan di Sektor Konektivitas

Kawan Begawei sedang mencari ponsel dengan akses internet cepat? Jika iya, jawaban kamu pastinya adalah Zenfone 2E dari Asus ini. Kecepatan akses internet memang menjadi andalan lain dari spesifikasi Asus Zenfone 2E ini. Guna memenuhi kebutuhan akses internet cepat para penggunanya, Asus membekali Asus Zenfone 2E dengan teknologi jaringan data 4G LTE. Dengan jaringan 4G LTE yang ada pada ponsel ini, kamu dapat menikmati akses internet yang cepat dan stabil. Untuk keperluan download, Asus Zenfone 2E bisa meraih kecepatan maksimal mencapai 150 Mbps. Sedangkan untuk download, smartphone ini memiliki kecepatan akses hingga mencapai 50 Mbps. Jika kawan Begawei tinggal di area yang belum tercover jaringan 4G LTE, Asus Zenfone 2E juga menyediakan pilihan jaringan data lainnya, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur WiFi yang bisa digunakan untuk internetan secara gratis, atau ada juga fitur thetering hotspot yang memungkinkan kamu untuk berbagi koneksi data. Fitur-fitur konektivitas lainnya seperti Bluetooth v4.0 dan juga slot microUSB pun juga telah ada pada Asus Zenfone 2E ini. Kemudian, Asus pun juga menyematkan teknologi navigasi A-GPS yang melengkapi spesifikasi Asus Zenfone 2E pada sektor konektivitasnya.

Baterai Kelas Menengah dengan Daya 2.500 mAh

Terakhir, kita akan mengulik spesifikasi Asus Zenfone 2E pada ruang suplai dayanya. Meski hanya merupakan smartphone kelas pemula dan tak memiliki spesifikasi mesin kelas wahid, ternyata Asus Zenfone 2E ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 2.500 mAh. Jika kita mencermati, biasanya smartphone kelas pemula atau menengah ke bawah hanya menggunakan baterai berkapasitas di bawah 2.500 mAh. Besarnya kapasitas baterai Asus Zenfone 2E pastinya akan membuatnya lebih unggul daripada produk lainnya. Selain memiliki kapasitas baterai yang mampu bertahan hingga seharian (hampir 19 jam saat stand-by di jaringan 3G), spesifikasi Asus Zenfone 2E di bagian ruang penyuplai daya juga telah menggunakan jenis baterai modern. yaitu jenis Non-removable Lithium-Polymer.

Spesifikasi Asus Zenfone 2E

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE
KecepatanHSPA, LTE
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, July
StatusComing soon. Exp. release 2015, July
Bodi
Dimensi148.1 x 71.4 x 10.9 mm (5.83 x 2.81 x 0.43 in)
Berat155.1 g (5.47 oz)
SIMMicro-SIM
Layar
TipeIPS capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~65.2% screen-to-body ratio)
Resolution720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
MultitouchYes
– Asus ZenUI
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0 (Lollipop)
ChipsetIntel Atom Z2560
CPUDual-core 1.6 GHz
GPUPowerVR SGX544MP2
Memori
Card slotmicroSD, up to 64 GB
Internal8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video1080p@30fps
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTo be confirmed
USBmicroUSB v2.0
Sensor
SensorAccelerometer, proximity, compass
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Po 2500 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 2E

Keunggulan dari Zenfone series yang sudah ternama pastinya adalah lini fotografinya. Namun, Asus Zenfone 2E ini tetap menyajikan keunggulan-keunggulan lain selain kameranya, salah satunya adalah luas bentangan layar yang mencapai 5 inci. Itu masih ditambah dengan resolusi dan juga tingkat kerapatannya yang cukup tinggi. Sayangnya, karena hanya merupakan ponsel pintar kelas pemula, produk terbaru dari Asus ini tetap memiliki beberapa catatan minus. Untuk lebih lengkapnya, kami rangkum kelebihan Asus Zenfone 2E dan kekurangan Asus Zenfone 2E pada tabel di bawah ini:

Kelebihan Asus Zenfone 2E
  • Layar luas 5.0 inci
  • Koneksi data sudah 4G LTE
  • Bobot tak terlalu berat, hanya 155.1 gram
  • Visualisasi layar tajam (resolusi 720 x 1280 pixels, kerapatan 294 ppi)
  • Chip menggunakan Intel Atom Z2560
  • Kamera utama 8 MP
  • Baterai kapasitas 2.500 mAh
  • Jenis baterai sudah Lithium-Polymer
Kekurangan Asus Zenfone 2E
  • Performa kurang bertenaga, hanya didukung prosesor Dual-core 1.6 GHz
  • GPU hanya menggunakan PowerVR SGX544MP2
  • Baterai tak bisa diganti (non-removable)
  • Tanpa teknologi proteksi layar

Harga Asus Zenfone 2E

Asus kembali memproduksi seri terbaru dari Zenfone 2 setelah bekerjasama dengan perusahaan penyedia layanan operator seluler asal Amerika Serikat, AT&T. Mengambil segmen kelas bawah, jelas harga Asus Zenfone 2E ini tak akan semahal Zenfone 4, 5 dan juga 6. Meski hanya merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, namun Asus Zenfone 2E ini tetap memiliki kualitas lewat chip Intel Atom yang mendukung prosesor Dual-core 1.6 GHz di ruang mesinnya. Selain itu, harga Asus Zenfone 2E juga dikatrol oleh penggunaan kamera 8 MP yang menjadi kamera utamanya. Meski tampilan visual layarnya tak setajam Asus Zenfone 4, namun layar HD 1280 x 720 pixel pada ponsel ini sudah merupakan salah satu layar terbaik di level smartphone kelas menengah ke bawah. Nah, dengan spesifikasi seperti itu, kira-kira harga Asus Zenfone 2E ini berapa ya?

harga asus zenfone 2e

 

Asus memang lebih mendahulukan penjualan Zenfone 2E ini di pasar Amerika Serikat. Untuk pasar Amerika, banderol harga Asus Zenfone 2E adalah sekitar 119,99 USD, atau hampir setara dengan Rp 1,6 jutaan. Di Amerika, Asus Zenfone 2E ini bakal dijual dengan cara eksklusif di toko AT&T mulai 24 Juli yang akan datang. Sedangkan untuk pasar Asia dan lainnya, kemungkinan besar harga Asus Zenfone 2E ini akan sedikit lebih mahal. Untuk Indonesia sendiri, kisaran harga Asus Zenfone 2E diprediksi berada pada level Rp 2 jutaan.

Harga Asus Zenfone 2E
Sekitar Rp 1.600.000,- s/d Rp 2.000.000,-

Meski harga Asus Zenfone 2E ini masih dibawah Asus Zenfone 2 Selfie Edition, ponsel terbaru dari Asus ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Kehadiran Asus Zenfone 2E ini juga sangat cocok bagi kawan Begawei penghobi fotografi karena seri smartphone Zenfone memang dikenal memiliki kualitas fotografi yang yahud. Selain itu, kisaran harga Asus Zenfone 2E ini juga pas bagi kamu yang menghendaki smartphone berharga murah tapi memiliki kualitas yang baik. Kalau begitu, siapkan dana sekitar Rp 2 jutaan untuk menebus harga Asus Zenfone 2E ini ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Asus Zenfone 2 ZE500CL dan ZTE Blade D6.

Top