Facebook Ajak Semua Operator untuk Bergabung Internet.Org

Facebook Ajak Semua Operator untuk Bergabung Internet.Org – Program internet gratis yang diluncurkan oleh Facebook, Internet.org telah genap satu tahun. Program internet yang dapat memberikan manfaat besar oleh masyarakat dunia ini pada awalnya pertama kali diluncurkan di Afrika. Kini program internet besutan Facebook telah hadir di 17 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Facebook Ajak Semua Operator untuk Bergabung Internet.Org

Pada awalnya, Internet.org yang diluncurkan oleh Facebook memang hanya bekerja sama pada operator telekomunikasi tertentu saja. Di Indonesia sendiri, Facebook lebih memilih bekerja sama dengan Indosat sehingga hanya pelanggan Indosat saja yang dapat mendapatkan akses gratis pada beberapa layanan yang ada di Internet.org.

Tetapi saat ini, Facebook berusaha untuk mendorong operator lainnya untuk ikut serta pada program internet gratis, Internet.org ini. Bahkan diketahui Facebook sendiri telah menyediakan portal tersendiri untuk para operator yang belum bergabung dengan Internet.org agar dapat mengajukan diri bergabung bersama Facebook dalam program akses internet gratis ini. Demi menarik operator seluler yang belum bergabung diketahui Facebook telah menunjukkan statisik dari Internet.org sejak pertama kali diluncurkan.

“Setelah meluncurkan layanan gratis, secara rata-rata, Internet.org berhasil mengajak para pengguna baru untuk menggunakan jaringan pada perangkat mobile 50 persen lebih cepat. Selain itu, lebih dari 50 persen dari mereka bersedia membayar paket data untuk memulai mengakses internet dalam waktu 30 hari,” tulis Facebook.

Dengan hal tersebut berarti Internet.org memang tak hanya mengubah hidup orang untuk lebih baik, namun juga membantu pihak operator untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Beberapa waktu setelah Internet.org diluncurkan memang sempat menuai banyak protes dan kecaman dari berbagai pihak. Sebab adanya program tersebut dianggap menjebak para penggunanya untuk memberikan data pribadi mereka demi mendapatkan akses internet gratis. Selain itu dengan hadirnya program tersebut juga dianggap sebagai perusak netralitas internet, dimana seharusnya setiap situs yang ada memiliki kemungkinan akses yang sama. Namun Facebook menjawab hal tersebut yang menyatakan bahwa Facebook dapat bekerja sama dengan sebanyak mungkin operator dan pengembang situs sehingga mereka dapat memaksimalkan manfaat internet. Tetapi pada kenyataannya, Facebook ternyata memberikan persyaratan tertentu bagi para pengembang yang ingin memasukkan situsnya kedalam layanan Internet.org. Baca juga Google Translate Perkaya Amunisinya dengan 20 Bahasa Tambahan dan Windows 10, Windows Terbaik Sepanjang Sejarah.

Top