Demi Ketipisan New MacBook, Apple Korbankan Beberapa Hal

Apple Mengorbankan Performa Demi Menciptakan New MacBook yang Super Tipis – Generasi baru komputer jinjing milik Apple, MacBook, baru saja dirils secara resmi. New MacBook versi terbaru ini diklaim sebagai versi MacBook yang paling tipis, sekaligus paling ringan. Namun dibalik ketipisan New MacBook tersebut, CEO Apple Tim Cook mengungkapkan beberapa penyesalannya karena memilih ‘mengorbankan’ beberapa fitur demi menciptakan New MacBook yang super slim.

apple-mengorbankan-performa-demi-menciptakan-new-macbook-yang-super-tipis

Melalui keterangan di sela-sela acara penjualan Apple Watch, Tim Cook menyampaikan bahwa sebenarnya ia telah mengesampingkan beberapa hal guna menghasilkan komputer jinjing dengan dimensi tipis serta bobot yang tidak terlalu berat.’

New MacBook sendiri ditempatkan pada segmen pasar di tengah-tengah, antara MacBook Air dan MacBook Pro. New MacBook memiliki layar 12 inci dengan resolusi layar mencapai 2304 x 1440 pixel. Dengan ketebalan mencapai 13.1 mm dan bobot kurang dari 1 kg, MacBook memang lebih ringan dan lebih tipis dari MacBook Air yang memiliki ketebalan 17.3 mm.

Namun sayangnya, di balik desain super slim yang diusungnya, New MacBook ternyata memiliki beberapa ‘kekurangan’. Salah satunya adalah dihapuskannya beberapa port untuk mengakomodir tempat USB, HDMI, serta konektor lainnya. Untuk menggantikan port yang dihilangkan tersebut, Apple menghadirkan konektor USB type-C yang merupakan slot all-in one yang terdapat pada bagian sisi bodi sebelah kiri.

Selain itu, sisi performa nampaknya juga menjadi bagian yang ‘dikorbankan’ Apple. Tercatat, New MacBook hanya dibekali dengan prosesor Intel Core M Broadwell yang didukung oleh kehadiran RAM 8 GB. New MacBook juga tersedia dalam varian SSD berkapsitas 256 GB dan 512 GB.

Jika New MacBook dibongkar, maka di dalam tubuhnya hanya akan ditemukan unit motherboard berukuran pendek. Hal ini memang disesuaikan dengan dimensinya yang berukuran sangat tipis.

Meski mendapatkan beberapa ‘pengorbanan’, Apple sendiri mengklaim bahwa New MacBook merupakan versi terbaik di antara keluarga MacBook. New MacBook mampu berselancar dengan koneksi WiFi selama 9 jam dan mampu memutar video di iTunes selama 10 jam non stop. Baca juga Si tipis New Macbook Berharga Rp 18 Juta di Indonesia dan Windows 10 Bakal Dijual Lewat USB Flashdisk.

Top