15 tahun Dilarang, Akhirnya Tiongkok Buka Pintu untuk Konsol Game

Tiongkok Buka Pintu untuk Konsol Game Setelah 15 Tahun Ditutup – Negara Tiongkok memang cukup tersohor dengan peraturannya yang cukup ketat, termasuk untuk soal game. Sejak tahun 2000—alias sudah 15 tahun berjalan, pemerintah Tiongkok melarang semua konsol game dijual di negaranya. Pemerintah menetapkan aturan tersebut,  dengan alasan demi melindungi anak-anak. Beredarnya game di negeri tersbut, dianggap membuat anak-anak membuang waktunya, hanya untuk bermain game. Namun saat ini, peraturan tersebut mulai dihapuskan. Ini artinya, sebuah tonggak sejarah baru tercipta di Tiongkok.

Akhirnya Tiongkok Buka Pintu untuk Konsol Game

Terbaru, pemerintah Tiongkok mulai membuka jalan agar produsen konsol game bisa menjual produknya di negara tersebut. Hal ini tentu saja menjadi angina segar dan pelepas dahaga, utamanya untuk warga yang memang sudah sangat lama memendam hasrat untuk bermain game.

Sky mengabarkan, bahwa melalui Kementerian Budaya, pemerintah Tiongko menjelaskan bahwa konsol yang dirakit di Shanghai Free-Trade zone secara otomatis akan diizinkan untuk menjual produknya di negara tersebut. Sebenarnya, ada apa dibalik pemberlakukan aturan baru ini?

Usut punya usut, ternyata saat ini pemerintah setempat tengah mempromosikan zona industri dan manufaktur yang baru. Namun kendati telah diberi izin untuk menjual dan merakit konsol di dalam negeri, namun ada syarat lain yang harus dipenuhi oleh para pengembang. Pemerintah setempat tetap memberlakukan aturan, dimana produsen konsol game yang menjual produknya harus tetap diperiksa dengan teliti dan disetujui untuk menjual secara individu. Selain itu juga, pemerintah tetap akan melakukan pemeriksaan terhadap konten-konten di setiap konsol game yang masuk agar tak melanggar dengan peraturan yang dibuat oleh pemerintah.

Menanggapi hal itu, Sony sebagai salah satu pengembang game besar menyadari betul bahwa hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi perusahaannya. Berita ini adalah kesempatan besar Sony untuk membuka pasar PlayStation 4 yang yang besar dari konsumen baru. “Ini adalah berita bagus bagi kami,” kata juru bicara Sony tentang pencabutan larangan tersebut. Baca juga Berhati-hatilah, Gamer Juga Bisa Diperas dan Game Android Terbaik 2015.

 

Top