Wireless Charging untuk Smartphone Sukes Diuji Coba

Wireless Charging via WiFi untuk Smartphone Sukses Lewati Uji Coba – Ilmuwan dari University of Washington baru-baru ini sukses menguji coba pengisian baterai ponsel secara nirkabel atau wireless. Dengan memanfaatkan koneksi WiFi, para peneliti tersebut berhasil mengisi ulang baterai sebuah smartphone melalui cara wireless.

wireless-charging-via-WiFi-untuk-smartphone-sukses-lewati-uji-coba

Seperti dilaporkan oleh Wired pada Kamis (11/6), para peneliti dari University of Washington mengaplikasikan beberapa sensor pada unit ponsel pintar agar bisa mengambil sinyal WiFi dari router dan mengubahnya menjadi arus listrik DC.

Tim peneliti menggunakan sistem yang terintegrasi antara unit smartphone dengan pemancar WiFi yang berasal dari sebuah router Asus untuk membuat pengisian secara nirkabel tersebut bekerja. Pada baterai smartphone yang telah ditanami sensor khusus tersebut, dipancarkanlah sinyal WiFi dari jarak 28 kaki (8,5 meter). Selain itu, dipasangkanlah sebuah kamera yang bekerja pada ketinggian 17 kaki (5,2 meter).

Proses uji coba wireless charging dengan bantuan WiFi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Washington tersebut memiliki hasil yang cukup mengesankan. Namun mereka terhambat oleh batas output daya 1 Watt pada router-nya.

Pada proses uji cobanya, para peneliti menginstal router yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Mereka kemudian menempatkan router tersebut pada sebuah tempat yang tak berjarak terlalu jauh dari tempat diletakkannya unit smartphone yang akan di-charging. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pengisian ulang baterainya, namun secara bertahap baterai pada smartphone tersebut bisa terisi dan dayanya pun bertambah.

Meski sukses melewati serangkaian uji coba, namun para peneliti yang mengembangkan wireless charging ini mengaku belum siap untuk memproduksi charger WiFi secara massal. Para peniliti asal University of Washington itu juga telah bekerjasama dengan perusahaan perangkat keras untuk mengembangkan pengisi ulang daya nirkabel tersebut.

Sistem pengisian baterai secara nirkabel saat ini memang menjadi isu menarik di dunia teknologi. Penggunaan wireless charging ini bertujuan untuk efisiensi energi dan menjadi solusi pengisian baterai smartphone modern. Baca juga Universitas Cornell Kembangkan Aplikasi Merlin Bird Photo ID untuk Mengenali Spesies Burung Hanya dari Fotonya dan Apple Resmi Rilis iOS 9, Diklaim Lebih Pintar dan Ringan.

Top