Splendo, PC Stick Buatan Microsoft

Microsoft Kenalkan Komputer Super Mini Bernama Splendo – Tak hanya di jagad ponsel pintar, persaingan antar perusahaan teknologi di dunia komputer ternyata juga cukup menarik. Kali ini, persaingan antar perusahaan teknologi kelas dunia bermuara pada penciptaan unit komputer dengan bentuk kecil, atau populer disebut dengan istilah PC Stick.

microsoft-kenalkan-komputer-super-mini-bernama-splendo

Produk PC Stick pertama kali dipopulerkan oleh Intel yang menciptakan produk komputer super mini bernama Compute Stick. Produk komputer mungil dengan ukuran sebesar flash disk tersebut cukup menarik kalangan pecinta teknologi. Setelah Intel memiliki Compute Stick, kini Microsoft pun telah menciptakan produk serupa. Dalam pengembangan PC Stick miliknya, Microsoft bekerjasama dengan perusahaan India Ball. Produk PC Stick racikan Microsoft dan India Ball tersebut diberi nama Splendo.

Seperti halnya dengan Compute Stick milik Intel, Splendo buatan Microsoft ini memiliki dimensi yang sangat kecil, seukuran flash disk. Cara pemakaian Splendo pun juga cukup praktis. Microsoft Splendo telah didukung dengan slot HDMI sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengkoneksikan Splendo ke TV ataupun monitor yang mendukung port HDMI.

Splendo dibekali dengan prosesor Intel Atom quad-core serta didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Selain itu, komputer mungil ini juga telah dilengkapi dengan slot microSDXC yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas ruang penyimpanannya. Splendo juga mendukung koneksi dengan Bluetooth 4.0, microUSB, ataupun USB.

PC Stick Splendo beroperasi dengan sistem operasi Windows 8.1 Full Version. Splendo juga mendukung penggunaan aplikasi wireless keyboard milik Intel. Jadi, selain pengoperasiannya yang cukup mudah dan praktis, Splendo juga kompatibel dengan produk-produk lain.

Varian komputer berukuran mini memang semakin berkembang. Selain Compute Stick buatan Intel serta Splendo racikan Microsoft ini, Asus juga telah memiliki jenis PC Stick lainnya. Produk Asus tersebut bernama Asus Pen Stick.

Seperti dilansir oleh Ubergizmo pada Selasa (23/6), Microsoft memang telah mempersiapkan Splendo secara serius. PC Stick buatan Microsoft ini menurut rencana akan mulai dipasarkan pada medio Juli 2015 mendatang. Splendo akan dijual untuk pertama kalinya di India dengan banderol harga sekitar 140 USD. Baca juga Xiaomi Berencana untuk Terjun ke Bisnis Peminjaman Modal dan Sony Umumkan PS4 dengan Memori 1 TB.

Top