Sony Ubah Strategi Bisnis Smartphone di Indonesia

Sony Ubah Strategi Bisnis Smartphone di Indonesia – Pada beberapa periode belakangan ini sebuah produsen smartphone populer asal Jepang, Sony memang terlihat lesu di persaingan pasar smartphone dan gadget di Indonesia. Meskipun tercatat bahwa smartphone Sony Xperia terbaru mereka telah di luncurkan setiap periodenya namun mereka tetap terlihat kurang begitu kuat dalam persaingan pasar smartphone dan gadget di Tanah Air. Bahkan dikabarkan bahwa Sony akan keluar dari bisnis smartphone yang dinilai kurang menguntungkan, tetapi kabar tersebut segera ditepis oleh perusahaan elektronik dan teknologi besar asal Jepang ini.

Sony Ubah Strategi Bisnis Smartphone di Indonesia

Hal tersebut dikatakan oleh Jason Smith, selaku Direktur dan Kepala Pemasaran Sony Mobile Communications dalam acara peluncuran empat produk baru smartphone Sony yakni Xperia series di Jakarta, Rabu (24/6/2015) yang menyatakan bahwa, Sony kembali menekankan komitmen pihaknya terhadap bisnis gadget mobile.

“Smartphone tetap menjadi salah satu core business kami,” kata Smith saat berbicara di panggung acara. “Kami tak akan mundur dan akan terus berjuang,” ujar Smith yang mengulang perkataan Presiden dan CEO Sony Mobile Hiroki Totoki beberapa waktu lalu.

Dikatakan oleh Smith yang menyatakan tetap bertahan, pihaknya juga akan melakukan perubahan strategi bisnis. Ia menyatakan bahwa Sony Indonesia saat ini akan lebih cenderung menghadirkan produk segmen menengah atas dengan rentang harga mulai Rp 3 juta. “Kami akan berkonsentrasi di segmen tengah dan premium,” jelas Smith.

Meskipun begitu, Manajer Pemasaran Sony Mobile Indonesia Ika Paramita juga menjelaskan bahwa pihak Sony masih memiliki produk di kelas bawah berupa smartphone Xperia seri E yang dibanderol di angka 1 jutaan.

“Tapi itu karena product cycle saja. Harganya turun karena sudah lama beredar,” beber Paramita.

Dia juga melanjutkan bahwa segmen pasar yang diincar oleh Sony dengan memberikan smartphone “mahal” dikarenakan perusahaan ini memiliki klasifikasi harga yang berbeda untuk kelas menengah dan atas, dibanding pabrikan lain yang ada di pasaran. Sony, misalnya, mematok rentang harga Rp 3-5 juta untuk smartphone kelas “menengah”. Demi memaksimalkan profit yang bisa didapat, Sony Indonesia juga hanya menghadirkan beberapa produk baru yang tidak sebanyak dari tahun lalu. Baca juga Sony Kenalkan Tablet Xperia Z4 dengan Desain Bodi Tipis dan Berteknologi Anti Air dan 4G Tahap Dua Siap Dinyalakan Serentak Juli Mendatang.

Top