Harga Smartfren Andromax Q dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Smartfren Andromax Q – Smartfren melanjutkan gebrakannya pada pertengahan tahun 2015 ini. Setelah mengenalkan Andromax R sebagai varian tertinggi di antara seri Andromax 4G racikan Smartfren, kali ini vendor lokal tersebut kembali dengan membawa Smartfren Andromax Q yang merupakan varian kelas dua dalam deretan smartphone 4G Smartfren. Mengusung spesifikasi turunan dari Andromax R, Smartfren Andromax Q ini diplot untuk menempati segmen ponsel pintar kelas bawah di Indonesia. Smartfren sendiri memiliki dua varian untuk smartphone 4G kelas duanya. Varian yang pertama adalah Smartfren Andromax Q yang akan segera kita ulas spesifikasinya, dan varian yang kedua adalah Smartfren Andromax Qi yang memiliki harga sama namun spesifikasi sedikit berbeda.

smartfren andromax q

Tetap mengusung jaringan 4G LTE sebagai sektor unggulannya, namun Smartfren Andromax Q tetap memiliki sektor-sektor lain yang juga tetap berkualitas. Sebagai contohnya, smartphone Android racikan Smartfren ini dibekali dengan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410. Prosesor pada Smartfren Andromax Q tersebut sama dengan yang digunakan pada Smartfren Andromax R, namun chipset-nya berbeda. Meski mesinnya tak setangguh Smartfren Andromax R, namun kombinasi komponen mesin pada Smartfren Andromax Q ini tetap mampu menghadirkan kinerja yang cukup baik. Nah, untuk lebih jelasnya, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Smartfren Andromax Q pada segmen-segmen di bawah ini.

hp smartfren andromax q

Spesifikasi Smartfren Andromax Q

Desain Sederhana dengan Dimensi Pas di Genggaman

Berbeda dengan Andromax R yang mengusung layar LCD 5 inci, kali ini spesifikasi Smartfren Andromax Q di sektor layar menggunakan dimensi layar yang lebih kecil, yaitu 4.5 inci. Jenis layarnya pun lebih rendah dari saudara tuanya tersebut. Smartfren Andromax Q dibekali layar berjenis TFT LCD yang memiliki resolusi FWVGA 854 x 540 piksel. Jadi, tampilan visual smartphone ini cukup baik meskipun tak setajam Andromax R. Layar Smartfren Andromax Q juga hanya memiliki tingkat kerapatan mencapai 218 ppi pixel density yang akan menyebabkan tampilan gambarnya menjadi tak terlalu tajam. Untuk proteksi layar, spesifikasi Andromax Q juga belum dilengkapi dengan teknologi perlindungan layar kelas wahid sehingga penggunanya harus melindungi layar smartphone ini dengan screen guard tambahan.

Dapur Pacu Level Pemula dengan OS Cyanogen

Beralih ke dapur pacu, kita akan membedah spesifikasi Smartfren Andromax Q untuk melihat seberapa tangguh mesin yang ada di dalamnya. Untuk prosesornya, Smartfren membekali Smartfren Andromax Q dengan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex A53 yang ditandemkan dengan chipset Snapdragon 410. Sebagai penunjang kinerja mesinnya, Smartfren juga menyematkan RAM berkapasitas 1 GB. Sedangkan untuk mendukung tampilan grafisnya, Smartfren Andromax Q dibekali dengan kartu grafis (GPU) Andreno 306. Meski bukanlah komponen mesin terbaik di kelasnya, namun kombinasi mesin pada Smartfren Andromax Q ini tetap akan memberikan kinerja cukup handal kepada penggunanya. Kemudian, untuk melengkapi spesifikasi Smartfren Andromax Q di bagian dapur pacunya, Smartfren menempatkan OS Cyanogen 12 sebagai ‘otak’ smartphone ini. Cyanogen OS sendiri merupakan sistem operasi berbasis OS Android 5 Lollipop yang telah dimodifikasi sehingga kerjanya akan menjadi lebih ringan.

spesifikasi smartfren andromax q

Kapasitas Internal Memory Mencapai 8 GB

Pada spesifikasi Smartfren Andromax Q di bagian ruang penyimpanan data, Smartfren masih menempatkan kapasiats internal memory yang sama dengan varian Andromax 4G lainnya. Tercatat, Smartfren Andromax Q ini dibekali dengan internal memory sebesar 8 GB. Kapasitas ruang penyimpanan file pada Smartfren Andromax Q tersebut masih bisa diekspansi lagi karena smartphone ini dilengkapi dengan slot external memory. Spesifikasi Andromax Q di bagian storage dilengkapi dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas internal memory-nya hingga mencapai 32 GB.

Duet Kamera 5 MP dan 2 MP

Berpindah ke spesifikasi Smartfren Andromax Q pada lini fotografi, kita akan menengok komponen fotografi yang ada pada unit smartphone ini. Sebagai kamera utamanya, Smartfren Andromax Q dibekali dengan kamera 5 MP yang telah dilengkapi dengan fitur Flash Light. Meski kamera ini kualitasnya masih di bawah Andromax R, namun kawan Begawei masih bisa mengandalkan kamera utama Smartfren Andromax Q untuk mengabadikan momen spesial kamu. Selanjutnya, untuk melengkapi spesifikasi Smartfren Andromax Q pada lini fotografi, Smartfren menyematkan kamera berukuran 2 MP yang pastinya selfie-able untuk kawan Begawei.

spesifikasi andromax q

Koneksi Data Andalkan Jaringan 4G LTE

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Smartfren Andromax Q di bagian konektivitasnya. Kali ini Smartfren tetap mengandalkan jaringan 4G LTE pada produk barunya ini. Teknologi konektivitas pada Smartfren Andromax Q ini pun sama dengan yang ada pada Andromax R. Sebagai jaringan utama, Smartfren menempatkan teknologi 4G LTE TDD dan juga FDD. Selain itu, Smartfren Andromax Q juga dilengkapi dengan jaringan lainnya seperti CDMA EVDO Rev A yang setara dengan 3.5G pada jaringan GSM. Smartfren Andromax Q ini juga bisa menangkap sinyal GSM karena memiliki dua slot SIM Card, yaitu CDMA dan juga GSM. Spesifikasi Andromax Q di sektor konektivitas juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur fungsional lainnya, seperti Bluetooth, WiFi, dan juga microUSB.

Baterai Standar 2000 mAh

Pada segmen terakhir ini kita akan membahas spesifikasi Smartfren Andromax Q di bagian penyuplai dayanya. Karena mengusung spesifikasi di bawah Andromax R, wajar jika akhirnya Smartfren Andromax Q pun juga dibekali dengan baterai berkapasitas di bawah Andromax R. Tercatat, smartphone ini dibekali dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 2000 mAh. Untuk mereka yang memiliki aktivitas tinggi, jelas kapasitas baterai pada Smartfren Andromax Q ini sangatlah kurang. Jadi, kami menyarankan kepada kawan Begawei untuk selalu menyediakan penyuplai daya cadangan karena spesifikasi Smartfren Andromax Q tak didukung oleh baterai yang mumpuni.

Smartfren Andromax Q

Jaringan
Teknologi 4G LTE/CDMA & GSM
LTE TDD 2300 MHz
LTE FDD 800, 850, 1800 & 2600 MHz
CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800 MHz
GSM 900 & 1800 MHz
Pengumuman
Pengumuman Juni 2015
Bodi
Dimensi
Berat
SIM Dual SIM CDMA/GSM
Layar
Ukuran 4.5 inch TFT LCD
Resolusi FWVGA 854 x 480 pixels
Multitouch Yes
Dapur Pacu
Chipset Quallcomm Snapdragon 410
CPU Quad Core 1.2 GHz Cortex A53
OS Cyanogen OS 12 (Based on Android 5)
Memori
Internal 8 GB (MicroSD up to 32 GB)
RAM 1 GB
Kamera
Kamera Belakang 5 MP AF with Flash
Kamera Depan 2 MP FF
Video Yes
Suara
Loudspeaker Yes, Audio FX
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Yes, WiFi 802.11 b/g/n
Bluetooth Yes v4.0
USB Yes, MicroUSB v2.0
Fitur
Pesan SMS, MMS, Email, IM
WiFi Hotspot Yes
Radio Stereo FM
Baterai
Li-Ion 2000 mAh

Harga Smartfren Andromax Q

Akhirnya, kita sampai juga pada segmen terakhir yang akan mengulas mengenai harga Smartfren Andromax Q ini. Seperti yang sudah Begawei singgung di awal tadi, Andromax Q ini merupakan smartphone kelas dua di antara deretan Andromax 4G Series lainnya. Namun, sebelum Begawei membisikkan banderol harga Andromax Q ini, seperti biasa kami akan memberikan kesimpulan dari detail spesifikasi yang sudah kita bahas di atas tadi. Menurut Begawei, kualitas Smartfren Andromax Q ini memang tergolong cukup baik. Meski hanya smartphone kelas menengah ke bawah, namun kualitas yang dibawa ponsel pintar ini sangatlah mumpuni untuk memenuhi kebutuhan dunia digital masa kini. Dari mesinnya, ponsel telah dibekali prosesor quad-core 1.2 Ghz Cortex A53 yang dikombinasikan dengan chipset Snapdragon 410. Keunggulan lain yang dibawa oleh ponsel ini adalah penggunaan OS Cyanogen 12 yang lebih ringan dan tentunya jaringan 4G yang akan menghadirkan koneksi internet super cepat. Nah, kira-kira harga Smartfren Andromax Q ini berapa ya?

harga smartfren andromax q

Sesuai dengan rilis resmi Smartfren pada Selasa (9/6) kemarin, banderol harga Smartfren Andromax Q ini adalah Rp 1,299,000. Nominal harga yang dilabelkan Smartfren pada Andromax Q ini hanya berselisih Rp 300,000 saja dengan banderol Smartfren Andromax R. Harga Andromax Q yang berada di bawah Andromax R ini memang karena spesifikasinya juga berada di bawah saudara tuanya tersebut. Seperti halnya Andromax R, kehadiran Smartfren Andromax Q ini memang sangat cocok bagi pengguna Android pemula yang ingin merasakan sensasi jaringan internet super cepat via jaringan 4G. Jadi, kisaran harga Smartfren Andromax Q ini memang sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibawanya.

harga andromax q

Seperti halnya Andromax R, harga Smartfren Andromax Q ini memang menyasar mereka pengguna Android pemula. Walau sedikit tertinggal pada lini fotografi dan juga layarnya, namun Smartfren Andromax Q ini memiliki keuggulan karena menggunakan Cyanogen OS 12 yang proses kerjanya lebih ringan dari OS Android. Dengan harga Andromax Q yang ‘murah-meriah’ ini, Smartfren sendiri meneruskan dominasi mereka di segmen smartphone low-end Tanah Air. Selama ini, vendor smartphone sekaligus penyedia jasa komunikasi seluler ini memang dikenal sering mengeluarkan gadget-gadget murah dengan unggulan utamanya adalah lini konektivitas. Nah, buat kawan Begawei yang sedang berburu smartphone ‘murah meriah’ berteknologi 4G LTE, kisaran harga Smartfren Andromax Q yang sangat terjangkau ini pastinya merupakan opsi yang sangat menarik. Baca juga Smartfren Andromax Ec, Smartfren AndromaxSmarfren Andromax Qi, dan Smartfren Andromax R.

Top