Setelah Dibongkar Harga Asli Ketahuan

Setelah Dibongkar Harga Asli Headphone Beats Ketahuan – Jika sobat Begawei merupakan pengamat dunia gadget atau pun pengguna gadget saat ini pastinya sudah tidak asing lagi dengan perangkat headphone audio yang bermerek Beats bukan? Headphone berkualitas besutan dr. Dre ini memang memiliki kualitas sangat baik dalam mengolah dan menghasilkan output audio. Namun mengapa banderol harga sebuah headphone Beats sangatlah mahal. Bahkan mahalnya banderol harga headphone Beats sudah dapat membeli sebuah smartphone baru yang canggih.

Harga Asli Headphone Beats

Baru-baru ini seorang pengamat teknologi dan gadget yang bernama Avery Louie menelaah sepasang headphone Beats yang merupakan tipe Solo HD. Dimana ia penasaran mengetahui kontruksi dan rahasia di balik kesan mahalnya banderol harga perangkat audio tersebut.

Louie sendiri sebenarnya merupakan insinyur yang memiliki pengalaman luas dalam membantu perusahaan-perusahaan startup demi merancang dan memproduksi produk andalan mereka. Maka dari itu ia sangat familiar dengan industri manufactur sehingga mampu menghitung berapa harga asli sebenarnya dari sebuah perangkat gadget yang ada.

Seperti dilansir dari laman Geek.com yang dikutip oleh KompasTekno, Senin (22/6/2015) menyatakan bahwa headphone Beats Solo HD saat ini memang memiliki harga yang cukup fantastis, yakni sebesar 200 dollar AS atau senilai lebih dari Rp2,6 juta.

Mengejutkannya setelah Louie membongkar headphone yang cukup populer dikalangan penikmat musik tersebut ternyata diketahui harga semua komponen Beats Solo HD tidak lebih dari 17 dollar AS atau hanya senilai Rp230.000 saja. Wow, harga yang berbanding jauh bukan?

Meski begitu diketahui harga tersebut belum termasuk biaya lain, seperti biaya riset atau pengembangan, dan biaya distribusi. Namun jika dibandingkan tentu saja angka tersebut memberikan margin profit besar karena harga aslinya tak sampai sepuluh persen dari harga jual yang ditetapkan. Nah apakah yang membuat kesuksesan produk headphone besutan Beat ini?

Louie menjelaskan bahwa, “Ini adalah kekuatan dari brand, Dr Dre dan Jimmy Iovine (musisi pendiri Beats) telah memanfaatkan latar belakang mereka, berikut desain yang bagus, untuk meluncurkan brand yang menjadi bagian fundamental dari budaya musik pop.”

Ternyata dikatakan oleh Louie bahwa komponen yang sangat bernilai pada Beats Solo HD bukan pada perangkat headphone itu sendiri, melainkan pada kotak kemasan, manual, softcase, dan lain-lain yang menghabiskan biaya 7 dollar AS dari total 17 dollar AS tadi. Baca juga Apple Watch Akan Hadir dengan Kamera Depan dan Apple Kabulkan Protes Taylor Swift Mengenai Apple Music.

Top