Sering Tidur Bersama Smartphone? Bisa Bahaya Lho!

Sering Tidur Bersama Smartphone Ternyata Bisa Berakibat Buruk – Smartphone memang telah membuat sebagian orang kecanduan. Beberapa orang tak bisa lepas dari gadget mereka, apapun aktifitasnya. Mulai dari bekerja, bersantai, menunggu, bahkan saat tidur sekalipun. Untuk yang terakhir ini, kebanyakan dari kita pasti sering melakukannya tanpa sadar. Kita sering, atau pernah, tertidur dengan smartphone berada di dekat kita. Meski sepele, ternyata tidur bersama smartphone bisa menimbulkan efek buruk.

sering-tidur-bersama-smartphone-ternyata-bisa-berakibat-buruk

Adalah peneliti dari Universitas Leeds, Dr. Neil Stanley yang mengungkapkan beberapa fakta mengejutkan tentang efek buruk akibat sering tidur bersama ponsel pintar atau gadget. Seperti dilansir oleh laman Huffington Post pada Senin (29/6), Dr. Neil mengungkapkan bahwa tidur bersama smartphone bisa mengakibatkan hypervigilence, atau gejala di otak yang membuat seseorang mengalami ketegangan dan kewaspadaan terus menerus.

“Dalam rangka untuk mendapatkan tidur malam yang baik, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun. Dengan ponsel yang berada di dekat Anda pada malam hari, secara sadar Anda ingin menggunakan ponsel itu. Otak akan memantau situasi dan tidur Anda akan mudah terganggu. Ini dinamakan hypervigilance,” ujar Dr. Neil.

Berdasarkan survei yang dibuat oleh Dr. Neil, sebanyak 63 persen pengguna smart phone yang berusia 18-29 tahun benar-benar tidur bersama ponsel atau tablet mereka. Dari hasil survei tersebut, pengguna yang tidur bersama gadget mereka memang sering mengalami gangguan saat tidurnya, atau kebanyakan tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Selain hypervigilence, efek yang bisa timbul dari tidur bersam smartphone ternyata masih ada lagi. Dr. Charles Czisler, seorang Profesor Kedokteran dari Universitas Harvard mengungkapkan bahwa cahaya pada smartphone juga bisa menyebabkan gangguan ritem alami dalam tubuh manusia. Efek dari hal ini adalah tubuh akan menipu dirinya sendiri sehingga sesorang akan menganggap waktu masih siang meski kenyataannya sudah malam.

Hasil lain dari penelitian Dr. Czisler juga mengungkap bahwa produktivitas karyawan yang sering tidur bersama smartphone biasanya menunjukkan grafik menurun. Hal ini karena kuantitas dan kualitas istirahat mereka sangatlah buruk. Baca juga Bos Twitter Indonesia Mundur setelah 8 Bulan Menjabat dan Waktu Melambat di 30 Juni, Pengaruhi Internet Dunia.

Top