Pengguna Android Bakal Bisa Gunakan Google Maps Tanpa Internet

Pengguna Android Bakal Bisa Gunakan Google Maps Tanpa Koneksi Internet – Sebuah kabar baik datang untuk para pengguna gadget berbasis Android. Aplikasi pemetaan milik Google, Google Maps, sedang dikembangkan agar tetap bisa digunakan meski tanpa ada koneksi jaringan internet.

pengguna-android-bakal-bisa-gunakan-google-maps-tanpa-koneksi-internet

Selama ini, pengguna smartphone Android memang hanya bisa menggunakan aplikasi Google Maps secara online atau perangkat harus tersambung ke jaringan internet. Nah kali ini, Google sedang mengupayakan agar Google Maps tetap bisa dioperasikan secara offline atau tanpa perlu koneksi internet.

Google Vice President of Engineering and Product Management, Jen Fitzpatrick, menjelaskan bahwa saat ini tim Google sedang menyiapkan Google Maps agar bisa dipakai dalam berbagai kondisi.

“Sekarang saya bisa mencari dan bernavigasi secara online atau offline,” ujar Fitzpatrick dalam sela-sela acara Google I/O 2015 yang digelar di San Francisco, California, Amerika Serikat, Kamis (28/5).

Mode offline Google Maps sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 2012 lalu. Namun saat itu pengguna hanya bisa mengakses wilayah tertentu, kemudian akan segera hilang beberapa saat kemudian.

Kali ini, fungsi Google Maps dalam keadaan offline akan dibuat sedemikian rupa guna mencakup wilayah yang lebih luas. Kelak pengguna tak hanya bisa mencari alamat melalui peta tersebut, tapi juga bisa melakukan navigasi lengkap dengan panduan suara dan arah tanpa perlu koneksi internet.

Selain itu, Google Maps offline juga akan menawarkan deskripsi secara lebih lengkap dari destinasi yang dituju.

Ide membuat Google Maps ke versi offline diawali dengan sulitnya internet di sejumlah negara seperti India, Filipina, dan termasuk Indonesia. Fitzpatrick sendiri menyebut Indonesia sebagai salah satu negara yang koneksi internetnya terhitung lambat.

Dengan mode offline Google Maps, Fitzpatrick berharap para pengguna Android bisa lebih mudah menemukan destinasi yang ingin dituju meski tak didukung oleh koneksi internet yang memadai.

Google Maps versi offline menurut rencana akan dirilis pada akhir tahun 2015. Pengguna Google Maps nantinya bisa mengunduh peta berdasarkan lokasi masing-masing. Baca juga Sony Tak Tertarik Membuat Smartphone dengan Layar Resolusi Quad HD dan Factory Reset pada Sistem Operasi Android Dinilai Cacat.

Top