Merlin Bird Photo ID, Aplikasi Pendeteksi Spesies Burung

Universitas Cornell Kembangkan Aplikasi Merlin Bird Photo ID untuk Mengenali Spesies Burung Hanya dari Fotonya – Perkembangan aplikasi untuk smartphone memang selalu menarik untuk diikuti. Semakin hari, semakin banyak pula aplikasi-aplikasi sederhana namun tetap fungsional. Kali ini, sebuah aplikasi canggih untuk smartphone baru saja diciptakan oleh peneliti dari Universitas Cornell yang bekerjasama dengan Visipedia.

universitas-cornell-kembangkan-aplikasi-merlin-bird-photo-id-untuk-mengenali-spesies-burung-hanya-dari-fotonya

Aplikasi ponsel pintar yang diciptakan oleh para peneliti Universitas Cornell dan Visipedia tersebut adalah Merlin Bird Photo ID. Aplikasi bernama Merlin Bird Photo ID ini merupakan aplikasi untuk smartphone yang bisa digunakan untuk mengenali spesies seekor burung hanya melalui fotonya saja. Fungsi menarik dari aplikasi Merlin Bird Photo ID ini bisa dilakukan berkat adanya sebuah software khusus yang dikembangkan oleh peneliti dari Universitas Cornell dan Visipedia.

Merlin Bird Photo ID bisa digunakan oleh para pengguna smartphone untuk mengetahui spesies dari seekor burung hanya dengan berbekal foto yang diambil secara langsung oleh pemakai smartphone. Setelah si obyek burung diambil fotonya oleh pengguna smartphone, maka software yang ada pada aplikasi Merlin Bird Photo ID akan mendeteksi spesies burung tersebut.

Aplikasi Merlin Bird Photo ID sendiri memiliki database sekitar 400 spesies burung yang ada di Amerika dan Kanada. Gambar burung yang dijepret oleh pengguna smartphone tadi akan dicocokkan dengan foto yang sebelumnya telah tersimpan di dalam database aplikasi Merlin Bird Photo ID. Proses pendeteksian spesies burung oleh Merlin Bird Photo ID pun berlangsung sangat cepat. Dalam hitungan detik, aplikasi ini akan menampilkan beberapa spesies burung yang memiliki kecocokan sangat mirip dengan burung yang diambil fotonya.

Merlin Bird Photo ID ini pun bisa menampilkan informasi yang sangat akurat. Tingkat akurasi aplikasi Merlin Bird Photo ID ini mencapai 90 persen. Selain itu, kemampuan akurasi Merlin Bird Photo ID juga akan semakin meningkat seiring penggunaannya. Jadi, semakin sering Merlin Bird Photo ID ini digunakan maka akurasi pendeteksian spesies burung oleh software di dalamnya pun juga akan semakin meningkat. Baca juga Lumia 940 XL Rumornya Dilengkapi dengan Pemindai Iris Mata dan Asus Bakal Luncurkan ZenWatch 2 Versi Terakhir di IFA 2015.

Top