Layanan CDMA StarOne Resmi Dihentikan

Indosat Stop Layanan CDMA StarOne – Kawan Begawei penggunan layanan Code Division Multiple Access CDMA? Jika anda memang akrab dengan salah satu jenis layanan seluller ini, pasti anda mengenal nama-nama seperti Flexi, Esia, StarOne dan lain-lain. Namun nampaknya satu per satu layanan CDMA di Indonesia, mulai ditutup oleh perusahaan yang menggawanginya. Misalnya saja Flexi. Perusahaan telekomunikasi Telkom resmi menutup layanan Flexi pada pada 30 September 2014.  Selanjutnya, pelanggan Flexi akan dialihkan ke layanan Kartu AS dari Telkomsel. Menyusul Flexi, kini giliran layanan CDMA StarOne yang “tutup lapak”.

Layanan CDMA StarOne Resmi Dihentikan

Adalah Indosat—si empunya StarOne, yang resmi menghentikan layanan CDMA StarOne. Namun, para penggunanya tak perlu khawatir. Anda bakal dialihkan ke teknologi yang memanfaatkan Extended Global System for Mobile communication (E-GSM). Layanan StarOne di wilayar Jabodetabek sudah resmi dimatikan secara keseluruhan. Sementara itu untuk wilayah-wilayah lainnya, StarOne sedang dihentikan secara bertahap.

“Saat ini bertahap kita memang matikan infrastruktur dan layanan StarOne sesuai dengan Kepmen Kominfo untuk mempergunakan frekuensi tersebut untuk seluler,” ujar Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto.

Belum diketahui, apakah keputusan Indosat ini, dikarenakan pengguna layanan StarOne sudah sangat menurun. Namun ditanya soal hal itu, Adrian membenarkan, bahwa pengguna layanan CDMA StarOne memang sedikit, pun ia enggan memberitahukan jumlah pastinya. “Tinggal sedikit,” ujarnya.

Sama seperti para pengguna Telkom Flexi, yang diarahkan untuk beralih ke jalur GSM,  para penggunan layanan CDMA StarOne akan dialihkan ke layanan GSM Indosat. Jika pengguna merasa masih memiliki saldo dalam bentuk pulsa StarOne, tak perlu khawatir. Saldo tersebuit bisa dialihkan ke layanan GSM. “bisa dijadikan saldo layanan Indosat Dompetku atau diuangkan di galeri atau di transfer ke rekening.” Kata Adrian.

Berkaitan dengan layanan seluller, Kemenkominfo telah menerbitkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 30 Tahun 2014 tentang Penataan Pita Frekuensi Radio 800 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler tanggal 10 September 2014.Jika Telkom dan Indosat, mengalihkan layanan CDMA milik mereka ke jalur GSM, tidak dengan layanan lainnya. Smartfren dan Esia, memilih untuk menjalin kerja sama penyelenggaraan jaringan dan mendorong peralihan teknologi CDMA menuju jaringan mobile generasi keempat Long Term Evolution (4G LTE). Baca juga  Nama iPod Sudah Tak Terlihat di Website Apple dan Wireless Charging via WiFi untuk Smartphone Sukses Lewati Uji Coba.

 

Top