Komputer Seukuran Flashdisk Ala Lenovo

Lenovo Luncurkan Komputer Mini Seukuran Flashdisk – Saat ini, nampaknya peran PC mulai tergantikan dengan computer mini. Disebut mini, karena ukurannya hanya setara dengan USB flashdisk. Sebelumnya, Microsoft telah membesut computer mininya bernama Lucoms. Lalu hadir juga juga Compute Stick, hasil besutan Intel. Tak lama setelah kemunculan keduanya, Google hadir dengan produk serupa. Raksasa internet itu hadir dengan mengusung produk mini computer bernama Chromebit. Seolah-olah tak mau ketinggalan kereta, giliran perusahaan teknologi komunikasi—Lenovo, yang meluncurkan produk computer mini yang serupa.

komputer mini ala lenovo

Adalah Lenovo Ideacentre Stick 300, sebuah PC super mini yang diluncurkan oleh Lenovo. Ternyata, produk ini membawa konsep yang sama dengan Intel Compute Stick. Secara fisik, Lenovo Ideacentre Stick 300 memiliki dimensi serupa USB flashdisk. Namun, walau hanya memiliki ketebalan sekitar 15 mm, tapi spesifikasi yang dimiliki cukup mumpuni. Untuk memfungsikan komputer ini, kawan Begawei hanya perlu menghubungkan konektornya ke port HDMI di monitor maupun TV. Seketika itu juga, layar display tersebut langsung bisa berubah menjadi komputer bersistem operasi Windows 8.1. Nantinya, system operasi (OS) tyang ada, juga akan mendapakan update ke sistem operasi Windows 10 secara gratis, tepatnya pada 29 Juli mendatang saat perilisan resminya.

Untuk memesini si mungil ini, Lenovo membekali Ideacentre Stick 300 dengan prosesor Intel Atom Z3735F yang bertandem dengan RAM 2 GB. Ruang penyimpanan data sebesar 32 GB masih bisa diperluas dengan ketersediaan slot Micro SD. Sementara itu, untuk soal konektivitas, perangkat ini juga menyediakan WiFI, Bluetooth 4.0 dan satu buah port HDMI. Lalu, berapa harga yang harus ditebus para fans Lenovo, untuk bisa memboyong si mungil ini?

Di Amerika Serikat, Lenovo Ideacentre Stick 300  dibanderol dengan harga sekitar USD129 (setara dengan harga sekitar Rp. 1,7 juta). Sejauh ini, perangkat PC yang mungil itu, baru dipasarkan di negara itu saja. Kita tunggu saja kabar selanjutnya, untuk pemasaran globalnya. Baca juga Komputer Sebesar Flashdisk Ala Google dan Microsoft Kenalkan Komputer Super Mini Bernama Splendo.

 

Top