Komputer Samsung Dinilai Mudah Terjangkit Virus

Komputer Besutan Samsung Mudah Terjangkiti Virus? – Sudah bukan rahasia lagi, jika Samsung adalah salah satu nama hebat di dunia teknologi. Bahkan penjualannya di lini bisnis smartphone begitu fantastis. Namun dibalik itu, Samsung bukanlah perusahaan yang kebal masalah. Ditengah tingginya penjualan smartpgone besutannya, perusahaan yang bermarkas di  Korsel itu, digempur habis-habisan oleh produk smartphone Tiongkok, yang harganya murah, namun spesifikasinya sangat mumpuni. Tak hanya di lini bisnis smartphone, Samsung pun dilanda kabar tak seda di lini bisnis komputernya.

komputer samsung rentan virus

Berbagai kabar menyebutkan, bahwa belakangan ini banyak produk komputer Samsung yang terjangkiti virus. Tak main-main, program jahat itu bhakan membuat produk-produk Samsung secara otomatis mematikan fungsi pembaruan Windows. Ini menjadi hal yang sangat berbahaya. Adalah
technical expert produk Microsoft, Patrick Barker, yang menemukan celah berbahaya tersebut. Ketika sedang memperbaiki komputer Samsung ia menemukan aplikasi yang disebut Disable_Windowsupdate.exe. Seperti namanya, aplikasi tersebut membuat Windows tidak bisa menjalankan proses pembaruan seperti biasanya. Padahal, Microsoft secara rutin merilis beberapa update untuk menambal celah keamanan pada Windows.

Menurut Barker, pengguna memang bisa mengaktifkan otomatisasi update secara manual, tapi komputer akan kembali memblokir fungsi itu ketika melakukan proses reboot. Hal itu tentunya membuat para pengguna produk computer dari Samsung “terancam”. Ujung-ujungnya mereka pasti menjadi dirugikan. Atas hasil temuan itu, maka Patrick Barker mengaku telah menginformasikannya kepada pihak Samsung.

“Kami tidak menyarankan untuk tidak mengaktifkan atau mengubah pengaturan Windows Update. Karena hal ini bisa membahayakan keamanan pengguna komputer. Kami sudah menghubungi Samsung untuk menyelesaikan ini,” kata Barker melalui blog resminya.

Dengan adanya temuan ini, berkembang pertanyaan, apakah benar, komputer besutan Samsung sangat mudah terjangkiti virus? Rumor semakin meluas, karena hasil temuan Patrick Barker tersebut, juga sudah tersebar kemana-mana. Maka atas semakin ramainya pembicaraan tersebut, Samsung pun memberi respon.

Samsung menanggapi hasil temuan dari perusahaan pesaingnya itu, dengan sebuah pernyataan resmi. Dalam pernyataan tersebut, Samsung berdalih bahwa mereka tidak pernah menghalangi proses update Windows. Karena mereka sadar, ini terkait dengan masalah keamanan yang cukup serius.

“Kami tidak pernah memblokir sistem update pada Windows 8.1. Kami memberikan pilihan kepada pengguna soal bagaimana mereka melakukan pembaruan,” tulis pernyataan resmi Samsung. Lantas, apakah benar memang akan terbukti jika computer besutan Samsung rentan virus? Atau sebenarnya ini hanya strategi untuk menjatuhkan dominasi Samsung di dunia teknologi? Baca juga Bug Fatal Ditemukan di Keyboard Bawaan Samsung dan Samsung Berpotensi Alihkan Produksi Smartphone-nya ke Indonesia.

Top