Ini Dia, USB-C dari Intel

Intel Juga Punya “Kembaran” USB-C – Jika kita bicara soal perangkat penyimpanan data, sepertinya nama yang tak akan tertinggal adalah Kingston. Ya…! Perusahaan pem,besut perangkat storage asal Amerika itu, memang bukan nama nbaru di dunia tekno. Bahkan, teknologi yang diluncurkannya pun semakin maju. Baru-baru ini, Kingstone sedang gencar memperkenalkan flash drive, yang memboyong teknologi terbaru bernama USB-C. Dengan teknologi tersebut, benda bermerk DataTraveler microDuo 3C itu mampu memberikan kinerja yang jauh lebih cepat, walaupun ukurannya cukup kecil. Tak mau kalah dengan maneuver Kingston, muncullah “kembaran” USB-C. Adalah Intel—salah satu raksasa teknologi yang membesut perangkat itu. Seperti apa?

USB C dari intel

Menjadi pesaing DataTraveler microDuo 3C dari Kingston, Intel hadir dengan Thunderbolt 3. Kecepatan super, menjadi andalan produk ini. Tak tanggung-tanggung, kawan Begawei disodori bandwidth selebar 40 Gbps, atau dua kali lipat lebih tinggi dibanding pendahulunya. Port ini juga akan mendukung protokol USB, Thunderbolt, DisplayPort, serta PCI Express. Ini artinya Thunderbolt 3 akan bisa dipakai untuk mengirim data, menjalankan monitor, serta menyalurkan daya listrik ke komputer secara bersamaan. Protokol ini diklaim mampu mentransfer film 4K dalam waktu 30 detik.

Intel juga menyebutkan bahwa Thunderbolt 3 bisa dipakai untuk menghubungkan PC dengan dua buah monitor 4K 60hz secara bersamaan. Port ini juga bisa dipakai mengalirkan daya sebesar 100 watt ke notebook, serta 15 watt ke perangkat lainnya. Hebat kan?

Namun demikian, jika kawan Begawei ingin menikmati kecepatan maksimal 40 Gbps yang ditawarkan Intel, maka anda harus menggunakan kabel khusus bertanda “petir”. Kabel tersebut memang dibuat untuk Thunderbolt 3.  Dengan perangkat bawaan, kinerja Thunderbolt 3 menjadi lebih maksimal.

Kemunculan Thunderbolt 3, tak lantas”menyingkirkan” perangkat-perangkat pendahulunya. Perangkat terdahulu dengan interface Thunderbolt  dan Thunderbolt 2, masih bisa disambungkan ke Thunderbolt 3 (USB-C) dengan memakai adapter khusus. Lalu kapan Thunderbolt 3 bakal mulai dipasarkan dan dinikmati para pengguna?

Thunderbolt 3 diharapkan akan hadir mulai tahun 2016, yang diikuti dengan kehadiran perangkat yang mendukung port ini. Nantinya pun akan tersedia juga adaptor untuk perangkat Thunderbolt generasi sebelumnya. Kita tunggu saja kabar baiknya. Baca juga Flash Drive USB Type-C, Lebih Kecil dan Lebih Cepat dan MicroSD Berkapasitas 512 GB Kini Telah Tersedia.

 

Top