Ini Dia Karyawan yang Mendominasi Kantor Facebook

Mengenal Kantor Facebook Lebih Dekat – Apa kawan Begawei setuju, jika Facebook disebut sebagai perusahaan yang spektakuler? Apa yang kurang dari Facebook, untuk menyandang predikat tersebut? Dibesut oleh seorang CEO yang masih begitu muda—Mark Zuckerberg, Facebook menjadi perusahaan yang mendunia. Banyak sekali orang di dunia, yang menggunakan layanan jejaring sosialnya. Perusahaan itu pun, semakin berkembang dengan mengakuisisi berbagai macam layanan teknologi, salah satunya adalah WhatsApp. Menjadi perusahaan yang begitu maju dibawah pimpinan seorang CEO muda, Gacebook pun menjadi incaran para pencari kerja. Siapa sih yang bakal menlak, jika ditawari pekerjaan di perusahaan yang mermarkas besar di Amerika Itu?

karyawan yang mendominasi kantor facebook

Bicara soal bekerja di kantor Facebook, ternyata perusahaan tersebut rutin meng-update berbagai hal soal SDM yang bekerja di perusahaan mereka. Dari situ, kita bisa mengenal Facebook secara lebih dan lebih dekat lagi. Tepat setahun lalu, Facebook merilis data statistik tenaga kerjanya. Dari data yang dipublikasikan kala itu, terlihat bahwa karyawan media sosial milik Mark Zuckerberg itu didominasi oleh pria dan kulit putih, sama seperti Yahoo dan Google.

Data yang dilansir tahun lalu menyebutkan, bahwa karyawan pria yang bekerja di Facebook jumlahnya mencapai 69%. Sedangkan yang perempuan hanya berjumlah  31%. Sementara itu, dilihat dari sisi etnis, SDM yang ada di Facebook didominasi oleh warga kulit putih. Jumlahnya mencapai 57%. Sementara itu, terdapat 34% warga Asia disana. Sebagian kecil sisanya adalah etnis Hispanic (keturunan Amerika Latin) 4% dan kulit hitam 2%. Lalu, bagaimana statistic pekerja Facebook tahun ini?

Ternyata, taka da perubahan yang signifikasn soal statistic pegawai Facebook. Hal ini terlihat dari data statistic tenaga kerja yang dirilis Facebook tahun ini. Memang terjadi penurunan jumlah karyawan pria di Facebook. Namun  presentasenya hanya turun sebesar 1% dari tahun kemarin, menjadi 68%. Sementara untuk karyawan kulit putih, jumlahnya juga hanya menurun sedikit dari 57% menjadi 55%.

Perkembangan yang tercacat tahun ini adalah mulai bertambahnya karyawan waita di sektor on teknologi. Business Insider memberitakan, 52% karyawan non teknologi –bidang administrasi, HRD, dan lain-lain–adalah wanita.Sedangkan untuk urusan teknis –enginering, research and development– Facebook masih belum membuka peluang yang cukup bagi pekerja wanita. Posisi ini masih didominasi oleh 84% pria.

Terkait dengan para pekerja di kantor pusat Faceebook, perusahaan yang banyak sekali diincar oleh karyawan magang ini, dinilai sebagai perusahaan yang friendly. Sekalipun kepada karyawan magang, sang CEO– Mark Zuckerberg begitu akrab. Bahkan, Zuck tak ragu-ragu makan siang bersama dengan para karyawan magang. Bagaimana, tertarik untuk bergabung disana? Tentunya harus ada kualifikasi tinggi yang bisa kawan Begawei penuhi. Baca juga Anak Magang : Facebook Perusahaan yang Friendly dan Facebook Lite, Aplikasi untuk Smartphone Kelas Bawah.

Top