Ini Dia Alasan Tersembunyi Daum Kakao Membeli Path

Alasan Tersembunyi Daum Kakao Membeli Path – Beberapa saat lalu telah beredar bahwa salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi asal Korea Selatan yakni Daum Kakao membeli salah satu layanan media sosial yang populer di kawasan Asia yakni Path. Nah sebenarnya apakah alasan utama Daum Kakao yang telah memiliki layanan media sosial Kakao Talk membeli Path?

Alasan Tersembunyi Daum Kakao Membeli Path

Sebelumnya kedua belah pihak memang telah memberikan alasannya masing masing, yang mana pada intinya dengan adanya langkah tersebut diharapkan agar perkembangan bisnis mereka dapat lebih baik lagi. Namun dari analisis yang lebih mendalam ternyata ada alasan lain yakni untuk Daum Kakao berusaha melapangkan ambisi Kakao Talk yang diharapkan dapat mendunia.

Hal tersebut pun dikatakan langsung oleh Jonathan Cheng melalui laman Wall Street Journal yang menyatakan, “Akuisisi oleh Daum Kakao ini menandai langkah paling berani perusahaan itu untuk berekspansi di luar pasar negaranya. Mereka ingin berkompetisi dengan nama seperti WhatsApp atau Viber.”

Path Inc. sendiri memang gagal menuai popularitas di negara asalnya, Amerika Serikat. Namun dengan inovasi dan perkembangan yang makin baik di Path membuat layanan sosial media berwarna orange ini mulai populer di sejumlah wilayah benua Amerika, Asia dan lain sebagainya mulai tahun 2013 silam. Bahkan salah satu negara yang memiliki pengguna terbanyak di dunia adalah Indonesia, ternyata hal tersebutlah yang mendorong Daum Kakao membeli Path beberapa saat lalu.

“Ketertarikan utama Kakao Talk adalah kekuatan Path di Indonesia. Lebih dari separuh dari 10 juta user aktif Path berbasis di Indonesia. Daum Kakao sendiri coba berekspansi di Asia Tenggara tapi belum begitu sukses,” tambah Jonathan.

Dengan langkah tersebut, Daum Kakao yakin bahwa jika mereka berhasil merebut pasar media sosial di Indonesia maka langkahnya akan lebih mudah untuk masuk pada pasar lain di sejumlah wilayah mulai dari kawasan Asia Tenggara. Dengan akusisi Path terhadap Daum Kako maka akan memperkuat persaingan antara Kakao Talk dengan sosial media populer Asia lainnya yakni Line dan WeChat.

Meskipun begitu sampai saat ini belum diketahui secara jelas apa rencana Daum Kakao untuk mengembangkan Path serta sosial media mereka yakni Kakao Talk. Menariknya dengan langkah tersebut saham Daum Kakao sempat naik 13 persen setelah pengumuman akusisi Path. Baca juga

Top