Harga ZTE Maven dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga ZTE Maven – Kehadiran teknologi jaringan data 4G LTE memang membawa tren baru di dunia gadget, khususnya di Indonesia. Saat ini semakin banyak ditemui smartphone murah namun sudah mengusung teknologi 4G LTE. Salah satu produk ponsel murah namun sudah memiliki konektivitas 4G adalah ZTE Maven yang merupakan unit smartphone baru racikan perusahaan asal Tiongkok, ZTE. Diperkenalkan pada awal juni kemarin, ZTE Maven mampu mencuri perhatian publik gadget Tanah Air lewat spesifikasi handal, namun berharga cukup terjangkau. Setelah cukup mendapatkan atensi di negara asalnya, kali ini ZTE akhirnya membawa ZTE Maven ke Indonesia. Kehadiran produk baru ZTE ini pastinya akan menambah sengit persaingan pasar gadget Tanah Air di segmen menengah ke bawah. Dengan brand ZTE di Indonesia yang cukup kuat, ZTE Maven ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan gadget masyarakat kelas pemula yang ingin merasakan kencangnya jaringan internet 4G.

zte maven

Hadir sebagai smartphone Android kelas menengah ke bawah, tak berarti ZTE Maven hanya dibekali dengan spesifikasi sembarangan. Meski merupakan ponsel kelas pemula, namun ternyata ZTE membekali ZTE Maven ini dengan komponen-komponen yang cukup berkualitas. Untuk menghadirkan performa tangguh kepada penggunanya, ZTE Maven dibekali dengan prosesor quad-core 1.2 GHz yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400 dan juga RAM berkapasitas 1 GB pada sektor dapur pacunya. Meski bukan komponen mesin kelas atas, namun kombinasi perangkat pada dapur pacu ZTE Maven ini mampu memberikan kinerja yang cukup optimal. Selain pastinya koneksi 4G yang menjadi unggulannya, smartpone ini juga dibekali sepasang kamera yang meski standar namun tetap bisa diandalkan, yaitu kamera utama 5 MP dan kamera sekunder VGA. Nah, selain hal-hal tadi kira-kira produk baru ZTE punya keunggulan apa lagi ya? Untuk kawan Begawei yang sudah penasaran dengan ponsel baru ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga ZTE Maven pada segmen-segmen berikut ini.

hp zte maven

Spesifikasi ZTE Maven

Smartphone Kelas Pemula dengan Desain Elegan Minimalis

Kita awali pembahasan spesifikasi ZTE Maven dari desain luarnya terlebih dahulu. Sekilas, desain ponsel ini memang sangat kental dengan desain khas ZTE, yaitu bentuk memanjang dengan sudut melengkung. ZTE Maven ini memiliki dimensi tubuh berukuran 134,9 x 66 x 9,9 mm dengan bobot mencapai 133,5 gram. Jadi, meski smartphone berukuran lumayan ‘bongsor’ namun bobotnya tak terlalu berat, pas di genggaman. Pada sektor visual, ZTE Maven mengandalkan layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan bentangan mencapai 4.5 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 480 x 854 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 218 ppi pixel density. Resolusi layar pada ZTE Maven memang sedikit mengecewakan. Dengan resolusi layar yang tergolong rendah, maka tampilan visual pada ponsel ini tak akan setajam ponsel-ponsel kelas menengah ke atas. Namun meski resolusinya rendah, tampilan visual ZTE Maven masih tertolong dengan ukuran layar yang cukup luas. Sementara itu, catatan lain dari spesifikasi ZTE Maven pada sektor visual adalah belum adanya sistem proteksi yang melindungi layarnya. Hal ini sangat wajar karena biasanya smartphone murah memang tak dibekali dengan sistem perlindungan layar yang berkualitas.

Dapur Pacu Kelas Bawah namun Bisa Diandalkan

Beralih ke spesifikasi ZTE Maven di sektor dapur pacu, kita akan melihat seberapa tangguh performa smartphone terbaru asal Tiongkok in. Kali ini, ZTE membekali ZTE Maven dengan prosesor quad-core 1.2 GHz yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm Snadpdragon 400 serta RAM berkapasitas 1 GB. Meski hanya merupakan komponen-komponen mesin standar, namun kombinasi komponen mesin tersebut mampu menghadirkan performa tangguh pada ZTE Maven ini. Selain itu, tampilan grafis pada ZTE Maven ini juga didukung oleh kartu pengolah grafis GPU Andreno 305. Meski bukanlah GPU kelas atas, namun kehadiran GPU Andreno 305 pada ZTE Maven ini cukup membantunya untuk memberikan tampilan grafis yang cukup baik kepada penggunanya. Spesifikasi ZTE Maven di sektor dapur pacu disempurnakan oleh kehadiran sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop yang merupakan versi terbaru dari OS buatan Google.

spesifikasi zte maven

Internal Memory Ekstra Luas 8 GB

Kini saatnya membedah spesifikasi ZTE Maven di sektor ruang penyimpanan data. Sebagai tempat penyimpanan file sistem dan file pribadi penggunanya, ZTE Maven didukung oleh internal memory berkapasitas 8 GB. Ruang seluas 8 GB tersebut pastinya sudah lebih dari cukup untuk menampung file-file pribadi kamu. Namun jika kamu masih merasa kurang dengan kapasitas internal memory ZTE Maven yang mencapai 8 GB, ZTE pun masih menyediakan opsi lain. ZTE melengkapi spesifikasi ZTE Maven di sektor storage dengan slot external memory yang bisa diekspansi hingga mencapai kapasitas 32 GB.

Duet Kamera Standar

Sekarang kita masuk pada spesifikasi ZTE Maven di sektor fotografinya. Untuk sektor yang satu ini, sayang sekali, ZTE tidak mengusung komponen-komponen terbaiknya. Hal ini memang karena disesuaikan dengan segmentasi ZTE Maven yang diplot sebagai ponsel pintar kelas pemula. Kali ini, ZTE menyematkan kamera utama 5 MP yang memiliki resolusi 2.592 x 1.944 pixels serta sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash. Untuk ukuran ponsel kelas pemula seperti ZTE Maven, kehadiran kamera utama 5 MP sebenarnya sudah cukup baik, apalagi sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash. Meski hasil jepretan fotonya tak akan setajam kamera berukuran besar, namun kemampuan kamera utama pada ZTE Maven ini tetap bisa diandalkan. Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini menggunakan kamera VGA berukuran 0.3 MP. Meski spesifikasi ZTE Maven di sektor fotografi ini tak didukung oleh komponen-komponen terbaiknya, namun kehandalan kamera-kamera pada smartphone ini masih bisa dikedepankan untuk keperluan fotografi standar.

spesifikasi hp zte maven

Koneksi Internet Andalkan Jaringan 4G LTE

Seperti yang sudah Begawei singgung di bagian awal tadi, salah satu spesifikasi ZTE Maven yang menjadi unggulan adalah sektor konektivitasnya. Layaknya ponsel pintar kelas atas, ZTE Maven kali ini sudah menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE yang akan menghadirkan koneksi internet super cepat dan stabil kepada penggunanya. Dengan adanya jaringan 4G LTE pada ZTE Maven ini, kawan Begawei bisa men-download file dengan kecepatan mencapai 150 mbps, dan upload hingga mencapai kecepatan 50 mbps. Selain koneksi data 4G yang menjadi andalannya, ZTE Maven juga dilengkapi dengan pilihan koneksi lainnya seperti jaringan GSM dan juga HSPA. Smartphone ini juga dipersenjatai dengan fitur-fitur koneksi nirkabel jarak dekat yang cukup lengkap, seperti fitur Bluetooth v4.0, WiFi, hotspot, serta slot microUSB v2.0. Spesifikasi ZTE Maven di sektor konektivitas juga dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan memudahkan kawan Begawei saat ingin menentukan lokasi suatu tempat.

Baterai Bertenaga 2.000 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi ZTE Maven pada bagian penyuplai dayanya. Jika kita melihat spesifikasi mesin dan juga layarnya, sebenarnya konsumsi daya ZTE Maven ini tak terlalu boros. Dengan spesifikasi mesin dan layar kelas menengah, ZTE pun hanya membekali ZTE Maven dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.000 mAh. Untuk keperluan standar, sebenarnya kapasitas baterai pada ZTE Maven ini sudah mencukupi. Namun, karena smartphone ini menggunakan jaringan 4G LTE, jadi konsumsi dayanya akan sedikit lebih banyak. Untuk itu, kami menyarankan agar kawan Begawei selalu menyiapkan pemasok daya portabel (power bank) saat beraktifitas menggunakan ponsel ini karena spesifikasi ZTE Maven hanya dibekali dengan baterai berkapasitas menengah.

ZTE Maven

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman2015, June
StatusAvailable. Released 2015, June
Bodi
Dimensi134.9 x 66 x 9.9 mm (5.31 x 2.60 x 0.39 in)
Berat133.5 g (4.73 oz)
SIMYes
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.5 inches (~62.7% screen-to-body ratio)
Resolusi480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
ChipsetQualcomm Snapdragon 400
CPUQuad-core 1.2 GHz
GPUAdreno 305
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
FiturYes
VideoYes
Kamera DepanVGA
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, proximity
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML
Baterai
Non-removable Li-Ion 2100 mAh battery

Harga ZTE Maven

Tampil sebagai smartphone level menengah ke bawah, kisaran harga ZTE Maven pun dipastikan akan sangat terjangkau. Namun meski hanya ponsel pintar kelas menengah, ternyata smartphone ini memiliki beberapa sektor yang menjadi unggulannya. Di sektor mesin, ZTE Maven dibekali dengan prosesor quad-core 1.2 GHz serta RAM berkapasitas 1 GB yang dikombinasikan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400. Dengan bekal spesifikasi mesin seperti ini, memang wajar jika akhirnya kisaran harga ZTE Maven tak akan terlalu mahal. Meskipun harganya murah, namun bukan berarti smartphone racikan ZTE ini adalah ponsel ‘murahan’. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan teknologi 4G LTE yang menjadi koneksi data utamanya. Nah, dengan spesifikasi seperti ini, kira-kira harga ZTE Maven berapa ya?

harga zte maven

Seperti yang sempat Begawei singgung tadi, banderol harga ZTE Maven ini memang sangat murah. Seperti dikutip dari GSM Arena pada Selasa (30/6), ZTE membanderol ponsel pintar edisi terbarunya ini dengan harga sekitar 50 euro saja. Jika nominal tersebut dikonversikan ke mata uang rupiah, maka banderol harga ZTE Maven ini adalah sekitar Rp 800 ribuan saja. Sangat murah kan? Untuk pangsa pasar gadget Indonesia, nominal harga yang dibanderol oleh ZTE pada ZTE Maven memang sangat terjangkau. Meski begitu, sekali lagi smartphone ini tak bisa dikatakan sebagai ‘ponsel murahan’ karena memiliki konektivitas 4G LTE yang menjadi andalannya. Jika kita melihat spesifikasinya secara umum, maka banderol harga ZTE Maven ini memang sudah sesuai dengan komponen-komponen yang ada di dalamnya.

harga zte maven terbaru

Dengan spesifikasi cukup baik serta harga ZTE Maven yang cukup bersahabat, rasanya produk baru asal Tiongkok ini akan cukup diperhitungkan di pasar gadget Indonesia. Penggemar gadget di Tanah Air pun kini memiliki kecenderungan untuk membeli unit gadget yang berkualitas namun harganya terjangkau. Dengan menghadirkan ZTE Maven, sekali lagi ini menjadi bukti bahwa ZTE tetap serius menggarap pasar gadget Indonesia di level menengah ke bawah. Kisaran harga ZTE Maven yang cukup pas dikantong masyarakat kelas menengah Tanah Air pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri. Berbekal spesifikasi cukup bagus meski hanya menggunakan komponen standar, banderol harga ZTE Maven ini pastinya akan tertolong oleh sektor andalannya, yaitu koneksi data 4G LTE. Baca juga ulasan Begawei mengenai ZTE Blade Qlux 4G dan Smartfren Andromax Ec.

Top