Harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 – Setelah membius pecinta gadget lewat smartphone flagship Galaxy S6 Series, kini penguasa pasar teknologi dunia, Samsung, kembali mengenalkan produk baru yang akan melengkapi deretan gadget-gadget canggihnya. Berbeda dengan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge yang menempati segmen gadget kelas premium, kali ini perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengenalkan Samsung Galaxy Tab E 9.6 yang merupakan unit tablet kelas menengah ke bawah. Kehadiran Samsung Galaxy Tab E 9.6 kali ini juga sebagai tanda bahwa Samsung tak meninggalkan pasar gadget kelas menengah ke bawah, meski sudah cukup sukses di segmen gadget premium. Mengusung layar berukuran 9.6 inci, jelas Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini ditujukan bagi mereka yang menghendaki unit gadget dengan layar lebar yang memberikan visualisasi berkualitas.

samsung galaxy tab e 9.6

Sebelum merilis Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini, sebenarnya Samsung sudah lama tak memunculkan seri tablet terbaru. Terakhir, Samsung mengeluarkan tablet Samsung Galaxy Tab 3 V yang juga merupakan varian tablet Android berharga murah. Dengan menghadirkan Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini, Samsung mencoba ‘menghidupkan’ lagi segmen tablet setelah dunia gadget dihebohkan oleh berbagai produk smartphone flagship super canggih. Mengusung layar TFT 9.6 inci, jelas Samsung Galaxy Tab E 9.6 akan memberikan tampilan visual yang lega kepada penggunanya. Meski layarnya bukanlah layar berteknologi tinggi, namun tetap saja tablet ini mampu menghadirkan tampilan gambar yang cukup baik. Selain itu, Samsung Galaxy Tab E 9.6 juga dibekali dengan CPU quad-core 1.3 GHz yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 1.5 GB. Meski kinerja CPU-nya tak terlalu tangguh, namun keberadaan RAM 1.5 GB pada Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini akan sangat membantu menaikkan performa mesinnya. Lalu, produk baru racikan Samsung ini punya komponen canggih apa lagi ya? Nah, buat kawan Begawei yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

tablet samsung galaxy tab e 9.6

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6

Desain Elegan Khas Tablet Samsung dengan Layar 9.6 Inci

Kali ini, Samsung membekali spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada bagian eksterior dengan desain minimalis namun tetap elegan, khas gadget-gadget produksi Samsung lainnya. Dengan bentangan layar mencapai 9.6 inci, Samsung Galaxy Tab E 9.6 memang memiliki bodi yang cukup lebar. Meski memiliki dimensi yang cukup lebar, namun Samsung Galaxy Tab E 9.6 tetap terlihat elegan dengan lekukan lebar yang menjadi ciri khas Samsung, dipadukan dengan tombol navigasi yang tertata rapi di bagian bawah tablet. Sebagai tablet kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy Tab E 9.6 memang tak dibekali dengan teknologi visual kelas wahid. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen pada tablet ini. Layar tersebut memiliki resolusi 800 x 1280 pixels dengan tingkat kerapatan warna mencapai 157 ppi pixel density. Karena hanya memiliki resolusi yang rendah, tampilan visual Samsung Galaxy Tab E 9.6 pun tak akan setajam tablet kelas atas lainnya. Selain itu, Samsung pun tak menyematkan sejenis proteksi layar pada unit tablet barunya ini. Dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada bagian layar ini sudah bisa ditebak bahwa tablet ini ditujukan kepada mereka yang menyukai gadget berlayar lebar.

Dapur Pacu Andalkan CPU Quad-core 1.3 GHz

Beralih ke spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada bagian dapur pacunya, kita akan menengok performa mesin tablet terbaru racikan Samsung ini. Karena hanya merupakan gadget kelas menengah ke bawah, dapur pacu Samsung Galaxy Tab E 9.6 pun hanya dibekali dengan komponen-komponen mesin standar saja. Kali ini Samsung mengandalkan CPU quad-core 1.3 GHz yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 1.5 GB. Kinerja dapur pacu Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini memang sedikit mengecewakan, tak seperti tablet kelas atas buatan Samsung lainnya. Meski begitu, performa mesin pada dapur pacu Samsung Galaxy Tab E 9.6 masih bisa diandalkan untuk menjalankan perintah-perintah standar, seperti browsing, chatting, serta mampu menjalankan game kelas menengah. Samsung sendiri belum mengungkap spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 di bagian dapur pacu secara lengkap. Samsung belum merilis informasi mengenai seri OS Android dan GPU yang disematkan pada tablet ini.

spesifikasi samsung galaxy tab e 9.6

Internal Memory Berkapasitas 8 GB

Untuk sektor ruang penyimpanan file, spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 dibekali dengan internal memory berkapasitas cukup besar. Sebagai unit tablet yang fungsional, Samsung membekali Samsung Galaxy Tab E 9.6 dengan internal memory berkapasitas 8 GB. Kapasitas tersebut sebenarnya bisa dibilang kurang karena biasanya pengguna tablet memiliki file-file dalam ukuran besar. Jika sudah dikurangi untuk keperluan file sistem, maka sisa ruang storage pada Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini akan terasa kurang untuk mewadahi file-file berukuran besar. Untuk itu, Samsung membekali spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada sektor storage dengan slot external memory yang bisa diekspansi hingga mencapai kapasitas 128 GB.

Duet Kamera Standar 5 MP dan 2 MP

Selanjutnya kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada sektor fotografi. Seperti halnya bagian layar yang hanya mengusung komponen layar standar, kali ini Samsung Galaxy Tab E 9.6 juga hanya dibekali sepasang kamera kelas menengah untuk menunjang fotografinya. Sebagai kamera utama, Samsung menyematkan kamera berukuran 5 MP pada sisi belakang Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini. Kamera tersebut memiliki resolusi 2592 x 1944 pixels. Sayangnya, kamera utama tersebut hanya dilengkapi dengan fitur Autofocus dan Geo-Tagging, tanpa LED Flash. Jadi kawan Begawei akan sedikit mengalami kesulitan untuk menghasilkan foto berkualitas saat berada di tempat minim cahaya menggunakan Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini. Selain kamera utama pada sisi belakang tersebut, Samsung juga menempatkan kamera sekunder 2 MP pada sisi depan tablet ini. Meski hanya berupa kamera-kamera standar, namun kedua kamera yang menjadi bagian dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada sektor fotografi ini cukup fungsional dan bisa diandalkan untuk mengabadikan setiap momen-momen kamu.

spesifikasi galaxy tab e 9.6

Minus Konektivitas Data Seluler

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada sektor konektivitasnya. Sebagai informasi, unit tablet terbaru racikan Samsung ini merupakan tablet non-SIM Card alias tak memiliki slot kartu seluler. Jadi, Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini tak didukung oleh jaringan data seluler. Untuk bisa mengakses internet menggunakan tablet ini, kawan Begawei harus terhubung dengan Wi-Fi. Untuk menangkap sinyal Wi-Fi, Samsung membekali Samsung Galaxy Tab E 9.6 dengan fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n serta Wi-Fi Direct. Selain kedua fitur untuk keperluan akses internet teresebut, spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth v4.0, navigasi GLONASS, serta slot microUSB v2.0.

Kapasitas Baterai Super Besar 5.000 mAh

Sedikit mengecewakan pada sektor dapur pacu dan fotografi, namun ternyata spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 pada bagian penyuplai daya justru tampil dengan salah satu komponen terbaik milik Samsung. Karena memiliki layar yang cukup lebar, Samsung pun menyematkan baterai berkapasitas super besar pada Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini. Tak tanggung-tanggung, kali ini Samsung menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh guna menunjang ‘kehidupan’ Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini. Meski mesinnya tak terlalu bertenaga, namun konsumsi daya tablet ini cukup besar karena mengusung layar berukuran 9.6 inci. Baterai berkapasitas 5.000 mAh tersebut akan membuat tablet ini mampu hidup selama sehari semalam atau bahkan lebih. Nah, pembahasan mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 9.6 di sektor penyuplai daya sekaligus mengakhiri segmen ini. Selanjutnya kita akan membahas kisaran harga Galaxy Tab E 9.6 pada segmen selanjutnya.

Samsung Galaxy Tab E 9.6

Jaringan
TeknologiNo cellular connectivity
Pengumuman
Pengumuman2015, June
StatusComing soon. Exp. release 2015, June
Bodi
Dimensi241.9 x 149.5 x 8.5 mm (9.52 x 5.89 x 0.33 in)
Berat490 g (1.08 lb)
SIMNo
Layar
TipeTFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran9.6 inches (~73.9% screen-to-body ratio)
Resolusi800 x 1280 pixels (~157 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS
CPUQuad-core 1.3 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal8 GB, 1.5 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus
FiturGeo-tagging
Video720p@30fps
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesYes
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct
Bluetoothv4.0
GPSYes, GLONASS
RadioTo be confirmed
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanEmail, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 5000 mAh battery

Harga Samsung Galaxy Tab E 9.6

Tampil sebagai tablet Android kelas menengah ke bawah, bisa dipastikan bahwa kisaran harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini akan sangat terjangkau. Hadir dengan layar 9.6 inci, tablet ini akan sangat cocok bagi pengguna gadget Android pemula yang mengendaki unit tablet berlayar lebar. Meski layarnya cukup lega, namun sektor dapur pacu Samsung Galaxy Tab E 9.6 justru sedikit mengecewakan. Kali ini Samsung hanya menyematkan CPU quad-core 1.3 GHz yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 1.5 GB. Meski mesinnya ‘payah’ namun tablet ini tetap bisa diandalkan untuk keperluan browsing, chatting, serta bisa digunakan untuk gaming. Kisaran harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 kali ini juga tak akan masuk kategori mahal karena tablet ini merupakan tablet non-SIM Card alias minus koneksi data seluler. Nah, dengan spesifikasi seperti ini, kira-kira harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini berapa ya?

harga samsung galaxy tab e 9.6

Seperti dilaporkan oleh GSM Arena, kisaran harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini memang sangat murah, yaitu hanya dibanderol dengan harga EUR 200 saja. Jika dikonversikan ke mata uang kita, maka harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini adalah sekitar RP 2,8 jutaan. Tak semahal tablet Samsung kelas atas lainnya kan? Banderol yang dipasang oleh Samsung pada Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini memang disesuaikan dengan spesifikasi dan fitur yang dibawanya. Jika dibandingkan dengan unit tablet racikan Samsung sebelumnya, yaitu Galaxy Tab 3V, banderol harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini juga tak berselisih banyak.

harga galaxy tab e 9.6

Banderol harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 yang tak sampai Rp 3 juta tersebut memang terhitung ‘murah’ untuk pasar tablet Indonesia. Meski memiliki catatan minus pada konektivitasnya, namun Samsung Galaxy Tab E 9.6 tetap memiliki daya jual tersendiri lewat dimensi layarnya yang cukup lebar. Sebelumnya, Samsung juga merilis Galaxy Tab 3V dengan banderol harga di bawah Rp 2 jutaan. Namun bedanya, Galaxy Tab 3V memiliki dimensi layar yang lebih kecil dari pada Galaxy Tab E 9.6 ini. Jadi, sangat wajar jika akhirnya harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 ini lebih mahal daripada saudara tuanya tersebut. Seperti yang Begawei sempat singgung di awal tadi, tablet ini memang lebih cocok untuk fungsi hiburan karena minus koneksi data seluler. Nah, bagi kawan Begawei yang sedang mencari gadget untuk keperluan hiburan, sepertinya kisaran harga Samsung Galaxy Tab E 9.6 yang tak terlalu mahal ini adalah salah satu opsi yang menarik. Baca juga Samsung Galaxy Tab 3 V dan Acer Iconia One 8 B1-820s.

Top