Harga Samsung Galaxy J5 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 – Sang penguasa pasar smartphone dunia, Samsung, sepertinya mulai terusik dari singgasananya. Setelah mendapat serangan bertubi-tubi dari Xiaomi dan Sony di pasar gadget dunia, kini Samsung dihadapkan dengan masalah baru. Beberapa waktu yang lalu perusahaan asal Korea Selatan tersebut dihadapkan dengan masalah keterlambatan pengiriman unit smartphone-nya ke negara Tiongkok, yang notabene area kekuasaan Xiaomi. Tak tanggung-tanggung, Samsung mengalami penurunan income hingga 4,3 persen gara-gara masalah tersebut. Seakan ingin merebut tampuk kekuasaannya yang mulai terusik pada pesaing, Samsung pun mulai menyiapkan produk-produk baru untuk mengembalikan reputasinya. Setelah mengenalkan varian tablet Galaxy Tab E 9.6, kini Samsung kembali memunculkan Samsung Galaxy J5 yang merupakan produk awal dari Samsung Galaxy J Series. Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas. Sebelum meluncurkan Samsung Galaxy J5, Samsung memang terlihat lebih berfokus pada segmen gadget premium lewat unit smartphone flagship-nya Galaxy S6 dan S6 Edge.

samsung galaxy j5

Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kualitas Samsung Galaxy J5 bisa dilihat dari penggunaan duet kamera 13 MP dan 5 MP yang menjadi andalan di sektor fotografi. Selain duet kamera berkualitas tersebut, Samsung Galaxy J5 juga telah dibekali dengan internal memory berkapasitas ekstra luas, yaitu 16 GB dan masih bisa diekspansi hingga 128 GB. Sebagai sektor andalan, Samsung Galaxy J5 ini telah menggunakan jaringan data seluler 4G LTE yang akan menghadirkan koneksi internet super cepat kepada penggunanya. Bagaimana? Keren, kan?! Eits, ini belum seberapa. Produk baru dari Samsung ini masih memiliki fitur-fitur canggih lainnya. Nah, buat kawan Begawei yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J5 ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

hp samsung galaxy j5

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Bodi Bongsor dengan Desain Elegan Khas Samsung

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram. Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif. Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni.

Dapur Pacu Bertenaga Andalkan CPU Quad-core 1.2 GHz

Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

spesifikasi samsung galaxy j5

Internal Memory Ekstra Luas 16 GB

Jika dibandingkan dengan varian lain pada Samsung Galaxy J Series, spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian storage kali ini mengusung kapasitas internal memory yang lebih besar. Kali ini Samsung membekali Samsung Galaxy J5 dengan internal memory berkapasitas 16 GB. Kapasitas storage tersebut sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi file sistem serta file pribadi penggunanya. Namun jika pengguna Samsung Galaxy J5 merasa masih kurang dengan kapasitas internal memory sebesar 16 GB tersebut, Samsung pun masih menyediakan opsi lain yang bisa digunakan. Spesifikasi Galaxy J5 pada sektor storage kali ini sudah dibekali dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk mengekspansi kapasitas storage-nya hingga mencapai kapasitas 128 GB.

Duet Kamera Mumpuni 13 MP dan 5 MP

Selanjutnya kita akan mengulas spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada sektor fotografinya. Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

spesifikasi galaxy j5

Koneksi Lengkap Andalkan Jaringan 4G LTE

Sekarang saatnya membahas spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada sektor konektivitasnya. Pada sektor ini, Samsung telah menggunakan teknologi terbaiknya guna memberikan jaminan koneksi internet super cepat kepada penggunanya. Sama seperti smartphone lain di kelas premium, Samsung Galaxy J5 kali ini dilengkapi dengan teknologi jaringan data 4G LTE yang akan membawa kawan Begawei untuk berseluncur di dunia maya secara cepat dan stabil. Selain jaringan utama 4G LTE, Samsung Galaxy J5 juga dibekali dengan pilihan jaringan lainnya yang sangat lengkap, mulai dari jaringan GSM hingga HSPA. Untuk mendukung keperluan konektivitas jarak dekat, Samsung Galaxy J5 pun juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur bermanfaat seperti WiFi, Hotspot, Bluetooth v4.1 serta slot microUSB. Berpetualang dengan menggunakan smartphone ini pun akan sangat mengasyikkan karena spesifikasi Galaxy J5 telah dilengkapi dengan fitur navigasi A-GPS dan GLONASS serta memiliki fitur Radio FM with RDS Recording sebagai fitur hiburan.

Sokongan Daya Besar Lewat Baterai 2.600 mAh

Untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kawan Begawei yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen-komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga.

Samsung Galaxy J5

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / EVDO / LTE
Pengumuman
Pengumuman 2015, June
Status Coming soon. Exp. release 2015, June
Bodi
Dimensi 142 x 73 x 8.5 mm (5.59 x 2.87 x 0.33 in)
Berat 149 g (5.26 oz)
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.0 inches (~66.5% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 16 GB, 1.5 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
NFC Yes
Radio FM radio with RDS; recording
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion 2600 mAh battery

Harga Samsung Galaxy J5

Setelah sukses dengan Galaxy S6 Series di pasar smartphone kelas premium, kini Samsung mencoba menyasar pasar kelas menengah dengan menghadirkan varian Galaxy J Series. Karena merupakan ponsel pintar kelas menengah, kisaran harga Samsung Galaxy J5 pun juga akan berada pada level menengah, tidak terlalu mahal namun juga tidak murah. Berbekal mesin quad-core 1.2 GHz serta RAM berkapasitas 1.5 GB, performa Samsung Galaxy J5 ini memang bisa diandalkan. Selain dapur pacunya yang cukup berkualitas, smartphone ini juga telah didukung oleh teknologi Dual SIM stand-by yang mengandalkan jaringan data 4G LTE. Dengan spesifikasi seperti ini, kisaran harga Samsung Galaxy J5 memang tak bisa dibilang murah. Selain didukung oleh spesifikasi mumpuni, kisaran harga Samsung Galaxy J5 juga dipengaruhi oleh kuatnya brand Samsung di pasar gadget dunia, termasuk Indonesia.

harga samsung galaxy j5

Meski Samsung sendiri belum merilis banderol harga Samsung Galaxy J5 secara resmi, namun jika melihat spesifikasinya sepertinya smartphone ini akan dihargai sekitar Rp 3 jutaan. Kami pun memprediksi, angka termurah untuk harga Galaxy J5 ini adalah sekitar Rp 2,5 jutaan. Perkiraan harga ini jika mengacu pada kisaran harga Samsung Galaxy J1. Jika melihat spesifikasinya, harga Rp 3 jutaan memang sudah sesuai dengan ‘jeroan’ Samsung Galaxy J5 ini. Nominal angka yang menjadi banderol harga Samsung Galaxy J5 ini memang tak bisa dikatakan murah, namun juga tak terlalu mahal untuk smartphone sekelas Samsung.

harga galaxy j5

Dengan harga Samsung Galaxy J5 yang kami prediksi berada pada kisaran Rp 3 jutaan, sepertinya smartphone ini akan mendapat banyak saingan. Seperti kita ketahui, Xiaomi baru saja ‘membanjiri’ pasar gadget Indonesia dengan deretan ponsel murah yang kualitasnya berani diadu dengan Samsung Galaxy J5 ini. Dengan spesifikasi kelas menengah yang dibawanya, smartphone ini memang ditolong oleh kuatnya nama Samsung di pasar gadget dunia. Kisaran harga Galaxy J5 pun kami prediksi masih bisa berubah mengingat perkembangan pasar gadget Tanah Air yang cepat berubah. Nah, untuk kawan Begawei yang sudah mengincar ponsel ini, harap bersabar ya! Kita tunggu sampai Samsung merilis banderol harga Samsung Galaxy J5 secara resmi paling lambat akhir Juni 2015 ini. Baca juga Samsung Galaxy J7 dan Vivo X5Pro.

Top