Harga Oppo Joy 3 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Oppo Joy 3 – Nama Oppo memang terus melambung di pasar gadget kelas menengah ke bawah, khususnya di Indonesia. Dengan image sebagai penyedia ponsel murah namun berkualitas, kekuatan brand Oppo memang bersaing ketat dengan nama-nama vendor lain seperti Xiaomi atau Huawei. Belum lama ini, Oppo kembali meramaikan pasar gadget Tanah Air dengan merilis Oppo Joy 3 yang diplot untuk menempati segmen pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Kehadiran Oppo Joy 3 memang berjarak sedikit jauh dengan kemunculan dua produk Oppo di segmen ponsel kelas menengah ke atas, yaitu Oppo R7 dan R7 Plus. Berbeda dengan R7 atau R7 Plus yang bersaing ketat di pasar gadget kelas menengah atas, kali ini Oppo Joy 3 memang bisa dibilang sedikit memiliki pesaing karena membawa spesifikasi yang cukup baik untuk ponsel pintar kelas pemula. Sebenarnya, Oppo Joy 3 ini ditempatkan sebagai penerus varian Oppo Find Muse yang tak terlalu sukses di pasaran. Dengan peningkatan spesifikasi dan fitur, Oppo Joy 3 diharapkan akan menjadi ‘penebus’ kegagalan Oppo Find Muse.

oppo joy 3

Hadir sebagai smartphone Android kelas menengah ke bawah, Oppo Joy 3 dibekali dengan spesifikasi dan fitur terbaik di kelasnya. Salah satu keunggulan yang coba ditawarkan Oppo lewat produk barunya ini adalah visualisasi ekstra dengan panel layar 4.5 inci yang ada pada Oppo Joy 3 ini. Meski bukanlah jenis layar kelas wahid, namun layar tersebut tetap bisa memberikan tampilan visual yang baik karena memiliki ukuran cukup lebar. Selain layar yang cukup lebar, Oppo Joy 3 juga dibekali dengan prosesor quad-core 1.3 GHz yang ditandemkan dengan chipset MediaTek MT6582. Dapur pacu Oppo Joy 3 ini merupakan salah satu terbaik di antara ponsel-ponsel kelas pemula lainnya. Selain itu, ponsel pintar buatan perusahaan asal Tiongkok ini juga telah menggunakan teknologi Dual SIM Card yang akan memudahkan penggunanya. Jika melehat sekelumit spesifikasinya, kita bisa menebak bahwa Oppo Joy 3 ini merupakan ponsel pintar berkualitas namun memiliki harga jual yang tak terlalu mahal. Mau bukti? Kita bahas spesifikasi dan harga Oppo Joy 3 secara lebih lengkap pada segmen-segmen di bawah ini!

hp oppo joy 3

Spesifikasi Oppo Joy 3

Desain Stylish dengan Lengkungan Tipis di Tiap Sudutnya

Pada spesifikasi Oppo Joy 3 bagian desain, perusahaan asal Tiongkok ini masih setia dengan desain khasnya yang mengandalkan lengkungan-lengkungan tipis di empat sudutnya. Desain minimalis namun elegan tersebut berpadu dengan ukuran tubuh Oppo Joy 3 yang tak terlalu bongsor. Smartphone terbaru buatan Oppo ini memiliki dimensi 132.8 x 66.6 x 9 mm dengan bobot sekitar 135 gram. Meski dari tampilan luarnya terlihat ‘biasa-biasa’ saja, namun kali ini Oppo Joy 3 tetap dibekali dengan komponen-komponen visual yang cukup baik untuk ukuran ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Tampilan visual pada smartphone ini memang cukup baik karena Oppo menggunakan panel layar IPS LCD Capactive Touchscreen dengan bentangan layar mencapai 4.5 inci. Layar pada Oppo Joy 3 ini lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel murah lainnya yang kebanyakan menggunakan layar jenis TFT atau WVGA. Visualisasi layar Oppo Joy 3 memang cukup baik karena layarnya memiliki resolusi 480 x 854 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 218 ppi pixel density. Meski tingkat kerapatan layarnya tak terlalu tinggi, namun tampilan visual layar Oppo Joy 3 ini akan cukup membuat nyaman mata karena kekayaan warnanya mencapai 16 M. Sebagai pelengkap spesifikasi Oppo Joy 3 di sektor desain dan layarnya, Oppo menyematkan teknologi ColorOS 2.0 UI pada smartphone ini. ColorOS 2.0 merupakan user interface berbasis Android OS yang akan meningkatkan kemampuan deteksi multijari pada unit ponsel pintar.

Smartphone Low-end Berkekuatan Prosesor Quad-core 1.3 GHz

Kini saatnya kita membedah spesifikasi Oppo Joy 3 pada bagian dapur pacunya. Seperti yang sudah Begawei singgung di awal tadi, meski smartphone ini merupakan gadget kelas menengah namun tetap memiliki komponen mesin yang cukup berkualitas. Sebagai inti mesinnya, Oppo Joy 3 mengusung CPU yang diperkuat oleh prosesor quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 yang diperkuat oleh chipset MediaTek MT6582 serta RAM berkapasitas 1 GB. Kecepatan prosesor pada mesin Oppo Joy 3 ini merupakan salah satu yang paling kencang karena biasanya ponsel pintar kelas menengah ke bawah hanya dibekali dengan prosesor di bawah 1.3 GHz. Selain duet prosesor dan chipset yang cukup tangguh, dapur pacu Oppo Joy 3 masih diperkuat dengan kehadiran sistem operasi Android OS KitKat yang akan mengatur operasionalnya. Meski fitur dalam OS Android KitKat belum sekaya fitur pada OS Android Lollipop, namun sistem operasi ini mampu mengoptimalkan kinerja Oppo Joy 3, khususnya di sektor mesin. Sementara itu, untuk menyempurnakan kinerja mesinnya, Oppo melengkapi spesifikasi Oppo Joy 3 dengan GPU Mali-400MP2 yang akan mengoptimalkan tampilan grafisnya.

spesifikasi oppo joy 3

Storage Standar Berkapasitas 4 GB

Sekarang kita beralih pada spesifikasi Oppo Joy 3 di bagian ruang penyimpanan data. Untuk yang satu ini, Oppo menghadirkan kapasitas ruang penyimpanan data yang memang disesuaikan dengan segmentasinya. Kali ini, Oppo Joy 3 dibekali dengan internal memory berkapasitas 4 GB. Ruang seluas 4 GB tersebut sebenarnya tak terlalu besar jika digunakan untuk menampung file sistem dan juga data-data pribadi kawan Begawei. Namun jika dibandingkan dengan produk lain, kapasitas internal memory pada Oppo Joy 3 ini hampir sama. Kebanyakan ponsel pintar kelas menengah ke bawah memang hanya memiliki kapasitas storage antara 4-8 GB. Nah, untuk yang menghendaki ruang lebih luas, spesifikasi Oppo Joy 3 telah dibekali dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk mengekspansi storgae-nya hingga kapasitas 32 GB.

Duet Kamera 5 MP dan 2 MP

Kini saatnya kita mengupas spesifikasi Oppo Joy 3 pada bagian fotografi. Pada lini fotografi ini, Oppo membekali produk barunya dengan sepasang kamera yang cukup baik. Sebagai kamera utamanya, Oppo Joy 3 dibekali dengan kamera berukuran 5 MP yang telah dibekali dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Kamera pada sisi belakang Oppo Joy 3 tersebut mampu menghasilkan foto dengan resolusi 2.592 x 1.944 pixels. Dengan resolusi yang cukup tinggi dan telah didukung oleh keberadaan fitur LED Flash, kawan Begawei tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski berada di tempat yang minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera utama pada Oppo Joy 3 juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 720 pixels. Sebagai pelengkap spesifikasi Oppo Joy 3 di lini fotografi, Oppo menyematkan kamera sekunder 2 MP pada sisi depan smartphone ini.

spesifikasi hp oppo joy 3

Koneksi Internet Andalkan Jaringan HSPA

Seperti yang sudah Begawei sempat singgung di awal tadi, spesifikasi Oppo Joy 3 memang tak dilengkapi dengan koneksi data 4G LTE. Namun, kawan Begawei tak perlu khawatir karena Oppo Joy 3 tetap memiliki koneksi internet yang cukup cepat meski tak dibekali dengan jaringan 4G LTE. Sebagai koneksi data utama, smartphone buatan Oppo ini mengandalkan jaringan 3.5G HSPA. Meski tak sekencang jaringan 4G, namun koneksi internet pada jalur HSPA sudah terbukti cepat dan cukup stabil. Selain itu, Oppo Joy 3 juga merupakan smartphone dual SIM. Asyiknya lagi, kedua slot SIM Card pada smartphone ini semuanya bisa diaktifkan secara bersamaan. Jadi, kawan Begawei tak perlu lagi menenteng dua ponsel lagi, cukup satu Oppo Joy 3 saja. Fitur-fitur konektivitas lainnya seperti Bluetooth v4.0, dan juga slot microUSB juga ada pada smartphone ini. Spesifikasi Oppo Joy 3 di sektor konketivitas dan fitur juga telah dibekali dengan teknologi A-GPS yang akan membantu keperluan navigasi kawan Begawei.

Baterai Standar 2.000 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Oppo Joy 3 pada bagian ruang penyuplai dayanya. Karena merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, konsumsi daya Oppo Joy 3 pun tak akan seboros ponsel-ponsel kelas atas lainnya. Tercatat, Oppo menyematkan baterai berkapasitas 2.000 mAh pada Oppo Joy 3 ini. Kapasitas baterai tersebut memang merupakan kapasitas baterai standar. Salah satu keunggulan yang coba ditawarkan oleh Oppo pada sektor baterai ini adalah penggunaan baterai berjenis Lithium-Polymer. Ya, Oppo Joy 3 ini telah menggunakan baterai jenis baru yang diklaim lebih tahan lama. Baterai Lithium-Polymer sendiri merupakan jenis baterai yang menggunakan bahan dasar cairan. Baterai pada Oppo Joy 3 ini lebih tahan lama dan lebih awat jika dibandingkan dengan baterai jenis Lithium-Ion yang biasa digunakan oleh ponsel-ponsel kelas menengah ke bawah. Ulasan mengenai spesifikasi Oppo Joy 3 di bagian suplai daya ini sekaligus menjadi penutup pada segmen ini. Selanjutnya kita akan membahas kisaran harga ponsel baru racikan Oppo ini pada segmen selanjutnya.

Oppo Joy 3

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
Pengumuman
Pengumuman 2015, June
Status Coming soon. Exp. release 2015, July
Bodi
Dimensi 132.8 x 66.6 x 9 mm (5.23 x 2.62 x 0.35 in)
Berat 135 g (4.76 oz)
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.5 inches (~63.1% screen-to-body ratio)
Resolusi 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
Multitouch Yes
– ColorOS 2.0 UI
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4 (KitKat)
Chipset Mediatek MT6582
CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400MP2
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 4 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, HDR, panorama
Video 720p
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, EDR
GPS Yes, with A-GPS
Radio FM radio
USB microUSB v2.0, USB Host
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser HTML5
Baterai
Li-Po 2000 mAh battery

Harga Oppo Joy 3

Berbeda dengan Samsung atau Sony yang semakin gencar mengeluarkan produk-produk kelas atas, Oppo masih setia untuk menggarap pasar ponsel kelas menengah ke bawah. Seperti yang Begawei sampaikan di awal tadi, kisaran harga Oppo Joy 3 ini memang tak akan terlalu mahal. Jika melihat spesifikasi dan fitur yang dibawanya, wajar jika akhirnya banderol harga Oppo Joy 3 ini terjangkau. Pada bagian mesinnya, smartphone ini mengusung prosesor quad-core 1.3 GHz yang didukung oleh chipset MediaTek MT6582. Meski merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, namun performa dapur pacu Oppo Joy 3 ini tetap bisa diandalkan. Selain mesin yang cukup bertenaga, smartphone ini juga dibekali dengan lini fotografi yang cukup berkualitas berkat kehadiran kamera 5 MP dan 2 MP. Nah, dengan spesifikasi seperti ini, kira-kira harga Oppo Joy 3 ini berapa ya?

harga oppo joy 3

Seperti dilansir oleh GSM Arena, banderol harga Oppo Joy 3 ini memang cukup terjangkau. Oppo membanderol produk barunya ini dengan harga sekitar Rp 1,8 jutaan. Jika melihat spesifikasinya, banderol harga Oppo Joy 3 ini memang sudah sangat sesuai. Meski ada sedikit catatan pada sektor konektivitasnya yang belum mengusung teknologi jaringan 4G LTE, namun secara keseluruhan Oppo Joy 3 mendapat predikat ‘baik’ untuk smartphone kelas menengah ke bawah. Banderol harga Oppo Joy 3 ini juga tak terpaut jauh dengan kisaran harga para pesaingnya di segmen smartphone kelas menengah bawah, seperti contohnya Xiaomi Mi 4.

harga oppo joy 3 terbaru

Seperti kita ketahui, Oppo memang salah satu vendor ponsel internasional yang lebih sering ‘bermain’ di segmen menengah ke bawah, meski sesekali mereka juga merilis ponsel pintar premium. Dengan harga Oppo Joy 3 yang cukup terjangkau ini, Oppo semakin mempertegas eksistensi mereka di pasar gadget murah dunia, khususnya di Indonesia. Namun yang patut dicatat adalah, kisaran harga Oppo Joy 3 di atas adalah harga untuk pasar lokal Tiongkok. Ada kemungkinan jika nanti harganya akan berubah jika benar-benar sudah masuk ke Indonesia. Selain spesifikasi dan fitur Oppo Joy 3 yang cukup baik, banderol harganya yang tak terlalu mahal pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri di pasar gadget Indonesia. Banderol harga Oppo Joy 3 ini sangat cocok bagi kawan Begawei yang sedang mencari gadget murah namun tetap berkualitas. Baca juga ulasan Begawei mengenai Oppo Neo 5s dan Samsung Galaxy J5.

  • Makuta Wiku Aji

    Harganya 1,8 Juta

  • Hilman Ata

    Color OS nya Makan Banyak Kapasitas….Apilikasi padahal cuman 140 MB Color Osnya 2.1 GB….

Top