Harga HTC One ME dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga HTC One ME – Pertengahan tahun sepertinya menjadi waktu favorit bagi para perusahaan teknologi kelas dunia untuk memperkenalkan unit gadget terbarunya. Setelah LG, Xiaomi, dan juga Lenovo menghadirkan jagoan-jagoan barunya di pasar gadget internasional, kini giliran HTC yang menghadirkan unit ponsel pintar terbarunya. Pada bulan kuartal kedua tahun 2015 ini, perusahaan asal Taiwan itu memperkenalkan dua unit smartphone baru, yaitu HTC One ME dan juga HTC Desire 820G+ Dual. Nah kali ini yang akan kita bahas adalah HTC One ME yang diplot untuk pasar gadget level premium. Kehadiran HTC dengan unit smartphone premium memang sudah lama dinanti oleh para pecinta gadget dunia karena perusahaan asal semenanjung Asia tersebut sudah lama tak merilis ponsel pintar kelas premium. Kehadiran HTC One ME juga menjadi jawaban HTC yang dinilai mulai sedikit tertinggal dari para kompetitornya.

htc one me

Kemunculan HTC One ME di pasar gadget dunia ini memang sudah lama ditunggu karena beberapa waktu yang lalu beredar kabar bahwa HTC sedang menyiapkan unit smartphone flagship terbarunya. Sebagai salah satu produk ‘masterpiece’, tak heran jika HTC One ME dibekali dengan spesifikasi mesin kelas wahid dan tentunya fitur-fitur modern nan canggih. Salah satu komponen andalan HTC pada produk barunya ini adalah penggunaan prosesor Octa-core 2.2 GHz yang ditandemkan dengan chipset Mediatek X10. Kombinasi piranti pada CPU HTC One ME ini merupakan salah satu kombinasi mesin terbaik yang pernah digunakan pada unit smartphone. Tak hanya sampai di situ saja, smartphone terbaru racikan HTC ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas 3 GB. Wow! Luar biasa gahar kan?! Sebagai informasi, chipset Helio X10 yang ada pada HTC One MEini merupakan komponen masa depan yang telah lama dipersiapkan oleh MediaTek. Bagaimana? Semakin penasaran dengan smartphone ini kan? Nah, buat kawan Begawei yang selalu setia mengikuti perkembangan  dunia teknologi, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap spesifikasi dan harga HTC One ME pada segmen-segmen di bawah ini.

hp htc one me

Spesifikasi HTC One ME

Tampilan Fisik Mewah dengan Bezel Tipis

Sepertinya HTC memang memiliki patron khusus dalam mendesain produk-produknya. Seperti halnya dengan produk-produk HTC yang lain, spesifikasi HTC One ME pada tampilan luar memang terlihat memiliki bentuk khas smartphone HTC. Ponsel pintar ini memiliki bentuk fisik yang cukup lebar dengan tiap sudutnya memiliki lengkungan tajam. Meski terlihat standar dan pasaran, namun HTC One ME tetap memiliki aura kemewahan lewat desain bezel tipis di kedua sisi layarnya. Dengan dimensi berukuran 151 x 72 x 9,8 mm, smartphone ini memang terlihat cukup besar dan lebar. Namun HTC One ME tetap nyaman di genggaman karena hanya memiliki bobot seberat 155 gram. Sementara itu untuk menampilkan visualisasi kelas wahid, HTC membekali produk barunya ini dengan layar Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan 5.2 inci. Ukuran layar HTC One ME memang sedikit lebih kecil daripada HTC Desire 820G+ Dual. Sayang sekali, HTC belum memberikan informasi jenis layar yang akan disematkan pada smartphone terbarunya ini. Namun jika melihat segmentasinya, kami memprediksi bahwa HTC One ME ini akan dibekali dengan jenis layar kelas premium yang memiliki tampilan visual tajam dan mendetail. Meski begitu, HTC telah memastikan bahwa unit smartphone terbarunya ini akan menggunakan layar beresolusi 1440 x 2560 pixels dengan corak warna mencapai 16 M serta tingkat kerapatan layar mencapai 565 ppi pixel density. HTC juga akan menanamkan fitur HTC Sense UI 7.0 sebagai user interface pada HTC One ME ini. Satu hal lagi, HTC juga belum mengungkap sistem proteksi layar yang akan disematkan pada smartphone ini. Namun jika melihat spesifikasi HTC One ME di sektor layar yang telah dipublikasikan, HTC kemungkinan besar akan menggunakan proteksi layar sekelas Corning Gorilla Glass 4 guna melindungi smartphone terbarunya ini.

Dapur Pacu Kelas Wahid dengan Chipset Mediatek Helio X10

Sekarang kita beralih pada spesifikasi HTC One ME di bagian dapur pacu. Seperti yang sudah Begawei singgung di awal tadi, kali ini HTC memang merancang smartphone flagship ini dengan komponen-komponen terbaik. Piranti canggih yang disematkan pada HTC One ME ini contohnya adalah chipset Mediatek X10. Chipset yang juga sering disebut dengan Helio X10 tersebut merupakan chipset super canggih yang dianggap sebagai chipset masa depan. Chipset X10 racikan MediaTek itu ditandemkan dengan CPU octa-core 2.2 GHz serta RAM berkapasitas 3 GB. Kombinasi piranti mesin pada HTC One ME ini merupakan salah satu kombinasi mesin terbaik yang pernah digunakan pada unit smartphone modern. Tak hanya sampai di situ saja, HTC juga menanamkan GPU PowerVR G6200 untuk menunjang tampilan grafis pada HTC One ME ini. Tak ayal, dengan CPU dan juga GPU kelas wahid tersebut, visualisasi grafis yang dihasilkan oleh smartphone ini akan nampak sempurna dan memanjakan mata. Selain visualisasi menawan, kinerja smartphone ini pun dijamin akan sangat tangguh, responsif dan pastinya stabil. Sebagai pelengkap spesifikasi HTC One ME di bagian dapur pacu, HTC mengaplikasikan sistem operasi Android OS v5.0.2 (Lollipop) yang akan ‘mengotaki’ smartphone ini.

spesifikasi htc one me

Internal Memory Super Luas 32 GB

Selanjutnya, kita akan masuk pada spesifikasi HTC One ME sektor ruang penyimpanan file-nya. Sebagai ponsel pintar kelas premium, bisa dipastikan bahwa smartphone asal Taiwan ini akan dibekali dengan storage berkapasitas ekstra luas. Benar saja, kali ini HTC One ME dibekali dengan internal memory berkapasitas 32 GB. Kapasitas sebesar 32 GB tersebut akan cukup untuk menampung kebutuhan sistem dan juga sebagai tempat penyimpanan file pribadi. Tanpa harus menambah kartu external memory pun sebenarnya kapasitas storage HTC One ME ini sudah sangat memadai. Namun jika kawan Begawei masih belum puas dengan kapasitas sebesar 32 GB, spesifikasi HTC One ME di bagian storage juga telah dilengkapi dengan slot external memory yang bisa diekspansi hingga mencapai 128 GB.

Lini Fotografi Bersenjatakan Duet Kamera Profesional 20 Mp dan 4 MP

Kini saatnya membahas spesifikasi HTC One ME di bagian fotografi. Sektor ini merupakan salah satu sektor andalan HTC selain dapur pacunya. Kali ini HTC merancang HTC One ME dengan dilengkapi duet kamera layaknya perangkat fotografi profesional. Sebagai kamera utamanya, HTC menempatkan kamera 20 MP yang telah dilengkapi dengan fitur dual tone LED Flash dan juga fitur Autofocus. Kamera utama HTC One ME tersebut memiliki resolusi 5376 x 3752 pixels serta telah dipersenjatai dengan teknologi Geo-tagging, Face Detection, dan juga Panorama. Dengan kamera kelas wahid tersebut kawan Begawei bisa menghasilkan jepretan foto layaknya fotografer profesional. Selain bisa digunakan untuk fungsi fotografi, kamera utama pada HTC One ME tersebut juga mampu merekam video HD dengan resolusi 2160p@30fps. Sementara untuk kamera sekundernya, HTC menempatkan kamera 4 MP yang telah dilengkapi dengan fitur HDR dan juga sensor otomatis. Spesifikasi HTC One ME di sektor fotografi ini memang sangat memanjakan kawan Begawei yang hobi jepret-menjepret karena kedua kameranya sangat berkualitas.

spesifikasi hp htc one me

Konektivitas Lengkap Andalkan Jaringan 4G LTE

Selanjutnya kita akan membahas spesifikasi HTC One ME di sektor konektivitas. Untuk sektor yang satu ini, HTC juga menempatkan teknologi-teknologi terbaiknya pada smartphone barunya ini. Sebagai ponsel pintar kelas premium, akan sangat disayangkan jika HTC One ME tak memiliki koneksi data super kencang dan juga fitur-fitur canggih yang fungsional. Seakan menjawab kebutuhan pecinta gadget akan unit smartphone berkoneksi internet super cepat, HTC membekali smartphone barunya ini dengan pilihan jaringan data seluler yang sangat lengkap dan pastinya kencang. Sebagai koneksi utama, HTC One ME mengusung teknologi jaringan 4G LTE yang akan menghadirkan sensasi berseluncur di dunia maya secara cepat dan stabil bagi penggunanya. Sementara untuk pengguna yang daerahnya belum ter-cover jaringan 4G, HTC melengkapi HTC One ME dengan pilihan jaringan data seluler lainnya yang juga sangat cepat, mulai dari GPRS, EDGE, hingga jaringan HSPA. Fitur-fitur koneksi nirkabel jarak dekat macam Wi-Fi 802.11, Bluetooth v4.1, dan juga fitur Near Field Connectivity juga telah disematkan pada smartphone ini. Sebagai pelengkap spesifikasi HTC One ME di sektor konektivitas, dipasangkan pula unit navigasi A-GPS, GLONASS, dan juga Beidou yang akan membantu keperluan navigasi dan pemetaan penggunanya.

Baterai Ukuran Sedang 2.840 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi HTC One ME di bagian ruang penyuplai dayanya. Menempati level ponsel pintar kelas premium, ternyata smartphone ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas kelas menengah. Tercatat, HTC One ME hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2.840 mAh. Jika melihat spesifikasi mesin, layar, dan juga konektivitasnya, jelas kapasitas baterai yang ada pada HTC One ME tersebut sangatlah kurang. Jadi kami sarankan kawan Begawei selalu menyiapkan pemasok daya portabel saat membawa smartphone ini beraktivitas di luar ruangan. Salah satu catatan plus yang ada pada spesifikasi HTC One ME di bagian pemasok daya adalah sudah digunakannya baterai berjenis Non-removable Lithium Battery yang memiliki life circle lebih lama dan juga lebih awet jika dibandingkan dengan baterai jenis Lithium Ion.

HTC One ME

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman2015, June
StatusComing soon. 2015, June
Bodi
Dimensi151 x 72 x 9.8 mm (5.94 x 2.83 x 0.39 in)
Berat155 g (5.47 oz)
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
– Fingerprint sensor
Layar
TipeCapacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.2 inches (~68.6% screen-to-body ratio)
Resolusi1440 x 2560 pixels (~565 ppi pixel density)
MultitouchYes
– HTC Sense UI 7.0
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0.2 (Lollipop)
ChipsetMediatek X10
CPUOcta-core 2.2 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal32 GB, 3 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang20 MP, 5376 x 3752 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
FiturGeo-tagging, face/smile detection, HDR, panorama
Video2160p@30fps
Kamera Depan4 MP (1/3” sensor size, 2mm pixel size), 1080p@30fps, HDR
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
– Dolby Surround sound
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP, apt-X
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
NFCYes
Infrared portYes
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
PesanSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Po 2840 mAh battery

Harga HTC One ME

Bagaimana kawan Begawei? Sudah puas dengan detail spesifikasinya? Nah, sekarang kita akan membahas harga HTC One ME yang akan segera dirilis pada pertengahan Juni 2015 ini. Sebelum mengulas kisaran harga secara lebih dalam, kami akan memberikan sedikit kesimpulan dari pembahasan spesifikasi HTC One ME di atas tadi. Sebagai ponsel pintar level premium, smartphone asal Taiwan ini memang mengusung komponen-komponen kelas wahid. Dari layarnya, HTC menempatkan layar 5.2 inci yang beresolusi 1440 x 2560 pixels. Sementara untuk sektor mesin, kisaran harga HTC One ME akan dipengaruhi oleh penggunaan CPU octa-core 2.2 GHz yang dikombinasikan dengan chipset MediaTek X10 serta RAM 3 GB. Jika melihat komponen-komponen dan juga fitur yang ada di dalamnya, wajar jika akhirnya harga HTC One ME ini akan sangat mahal.

harga htc one me

Sebagai perbandingan, sebelumnya HTC merilis HTC One M9+ dengan banderol sekitar 790 EUR atau sekitar Rp 11 jutaan. Kami pun memprediksi bahwa harga HTC One ME ini tak akan berbeda jauh dengan harga saudara tuanya tersebut. HTC sendiri sebenarnya belum memberikan harga resmi untuk HTC One ME ini. Namun sekali lagi, kisaran harga produk baru HTC ini akan dipenharuhi oleh spesifikasi kelas wahid yang dibawanya. Mulai dari layar hingga konektivitas, smartphone ini memang mengusung komponen-komponen terbai. Meski ada sedikit catatan minus pada baterainya, namun rasanya kisaran harga HTC One ME ini tak akan jatuh hanya karena komponen pemasok daya tersebut. Berbekal spesifikasi kelas wahid, kisaran harga HTC One ME ini memang diperuntukkan bagi mereka yang berorientasi pada kualitas dan kinerja.

Kisaran harga HTC One ME juga kami prediksi masuk pada kategori ‘mahal’ jika mengacu pada produk-produk lain yang memiliki spesifikasi satu kelas. Sebelumnya, Oppo telah memperkenalkan Oppo R7 Plus yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 jutaan. Sementara itu pesaing lain HTC One ME, yaitu Sony Xperia Z3+ Dual dilepas ke pasaran dengan harga sekitar Rp 8 sampai 9 jutaan. Kebetulan, kedua produk dari kompetitor HTC tersebut juga akan mulai dipasarkan secara resmi pada Juni 2015 ini. Dengan kisaran harga HTC One ME yang kami prediksi akan berada pada level Rp 6 jutaan ke atas, persaingan ponsel pintar kelas premium di Indonesia pun akan semakin ramai. Nah, buat kawan Begawei yang memang telah lama mengincar gadget canggih di kelas premium, kami menyarankan agar kamu sabar menunggu sampai HTC merilis banderol harga HTC One ME secara resmi pada pertengahan Juni 2015 ini. Baca juga Oppo R7 Plus dan Sony Xperia Z3+.

Top