Google Gelontorkan Dana Besar untuk Temukan Kelemahan Android

Google Gelontorkan Dana Besar untuk Temukan Kelemahan Android – Dalam usahanya memasarkan sistem operasi perangkat mobile andalannya yakni Android, Google memang mengeluarkan dana yang sangat besar. Salah satunya dalam hal kelemahan Android, diketahui selama bertahun-tahun Google telah membayar orang-orang yang berhasil menemukan kelemahan pada sektor keamanan dari sistem operasi besutan Google tersebut. Tidak hanya itu, pada bulan Februari lalu Google pun telah menyediakan program khusus untuk mencari kelemahan pada sebuah software browser andalan miliknya, Google Chrome. Saat ini, Google berusaha mencari kelemahan yang ada pada sistem operasi andalan miliknya, Android. Google pun menyediakan program khusus untuk mencari kelemahan pada sistem operasi mobile andalannya ini.

Google Gelontorkan Dana Besar untuk Temukan Kelemahan Android

Program buatan Google untuk mencari kelemahan Android tersebut adalah Android Security Reward. Dalam program tersebut, jika orang-orang dapat menemukan dan memperbaiki kelemahan yang ada pada Android maka Google akan membayarnya. Tidak hanya itu, jika ada orang yang berhasil mencegah kelemahan yang ada pada Android agar tidak dieksploitasi maka juga akan diberikan bayaran.

Selain itu diketahui, Google juga memberikan bayaran jika pengguna menemukan kelemahan pada smartphone Android miliknya, Nexus. Kelemahan pada Nexus tersebut dapat berupa masalah yang disebabkan oleh patch atau aplikasi yang dijual di Play Store. Sementara itu jika pengguna dapat menemukan sebuah bug yang sangat berbahaya pada software maupun sistem operasi yang diciptakan oleh Google maka penemu akan mendapatkan bayaran sebesar USD2.000 atau setara dengan Rp26,6 juta.

Dari informasi yang ada orang yang berhak mendapatkan hadiah terbesar dari Google adalah orang yang berhasil menemukan cara untuk melewati sistem keamanan pada sistem operasi Android, seperti pada ASLR, NX dan Sandboxing.

Sekedar informasi sepanjang tahun 2015 ini, Google telah menggelontorkan dana besar yakni mencapai lebih dari USD1,5 juta atau setara dengan Rp20 miliar untuk para peneliti keamanan yang berhasil menemukan celah pada software maupun sistem operasi buatan Google. Sampai saat ini, hadiah uang terbanyak yang berhasil didapatkan oleh satu orang mencapai USD150.000 atau setara dengan Rp2 miliar. Baca juga Ramadhan Semakin Semarak dengan Aplikasi-Aplikasi Ini dan Smartphone OnePlus 2 Dirumorkan Meluncur Bulan Juli.

Top