Google Besut Celana Jeans “Pintar”.

Google Buat Celana Jeans Pintar – Saat ini, barang-barang dengan predikat “pintar”, memang banyak ditemukan. Tak hanya ponsel, ada juga jam tangan pintar, televise pintar, bahkan kulkas pintar. Tak berhenti sampai pada daftar itu saja, Google pun menggagas celana jeans pintar. Terdengar nyeleneh memang. Namun kawan Begawei pasti penasaran bukan, seperti apa teknologi “aneh” itu? Secerdas apa sih celama jeans besutan Google?

celana jeans pintar dari google

Adalah divisi Advanced Technology and Projects (ATAP) Google, yang memiliki ide untuk membuat celana jeans pintar. Mereka menggandeng pabrikan jeans terkenal, Levi Strauss, untuk mewujudkannya. Perangkat yang diumumkan pada konferensi Google I/0 2015 itu pun, menambah deretan wearable device, alias perangkat yang bisa dikenakan di tubuh. Tak sekedar dikenakan saja, proyek celana jeans bernama Project Jacquard itu, akan mampu memberikan input berupa sentuhan jari, seperti yang bisa anda lakukan melalui touchpad. Nah, input tersebut akan bisa dikendalikan melalui gesture alias gerakan tubuh. Bagian yang bisa menerima input dibuat agar menonjol dari bagian lain, misalnya dengan diberi warna berbeda, atau dibuat menyatu. Bisa juga dibatasi pada area tertentu.Bisa membayangkan? Contoh mudahnya seperti ini. Untuk memutar music pada ponsel misalnya, kawan Begawei tinggal menyapukan jari di atas bahan tekstil jeans saja. Seru kan?

“Kami punya para genius di ATAP yang bakal membantu mengembangkan dan mewujudkan platform ini,” kata Paul Dillinger dari Levi Strauss.

Untuk membuat celana jeans pintar ini, pastinya diperlukan juga bahan yang tidak sembarangan. Nantinya, tim dari Google bakal membuat bahan jeans pintar menggunakan serat konduktif khusus yang dijahit bersama bahan tekstil biasa. Tak hanya bahan jeans saja, bahkan bisa digunakan bersama aneka macam bahan tekstil.

Selain memiliki kemampuan input yang canggih, celana jeans pintar ini, tetap akan bisa dicuci lho. Jadi, kawan Begawei tak perlu khawatir, jika ada kotoran melekat.

“Ini bisa dicuci. Perlakuannya seperti kain biasa saja,” ujar Emre Karagozler dari Google ATAP.

Anda tertarik memilikinya? Meskipun sudah bekerjasama dengan perusahaan tekstil, namun belum ada keterangan lebih mendalam soal produksi massalnya. Sehingga belum juga bisa diketahui, apakah celana jeans pintar ini bakal dijual bebas. Baca juga Pengguna Android Bakal Bisa Gunakan Google Maps Tanpa Koneksi Internet dan Google Wallet Kini Punya Perlindungan Asuransi.

 

Top