Gara-gara Inflasi, Harga iPhone 6 di Negara Ini Jadi Rp 632 Juta

Harga iPhone 6 di Venezuela Mencapai Rp 632 Juta Karena Pengaruh Inflasi – Salah satu negara di Amerika Selatan, Venezuela, saat ini sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup parah. Krisis ekonomi yang melanda Venezuela tersebut menyebabkan inflasi tinggi di negara yang dikenal sebagai ‘gudangnya’ perempuan-perempuan cantik peraih gelar Miss Universe. Dampak dari tingginya inflasi di Venezuela sudah barang tentu adalah harga barang-barang yang meroket. Tak hanya harga barang-barang kebutuhan pokok, harga gadget di Venezuela pun juga ikut-kutan melonjak tinggi gara-gara inflasi.

harga-iphone-6-di-venezuela-mencapai-rp-632-juta-karena-pengaruh-inflasi

Akibat inflasi tinggi dan menurunnya daya beli penduduk Venezuela, harga sebuah ponsel pun bisa mencapai ratusan juta rupiah. Salah satu produk yang harganya menjadi ‘super mahal’ di Venezuela adalah smartphoen iPhone 6. Bayangkan saja, harga sebuah unit iPhone 6 di Venezuela bisa mencapai sekitar USD 47,678 atau setara dengan Rp 632 juta. Wow!

Harga iPhone 6 di Venezuela ini berbeda sangat jauh sekali dengan harga produk Apple itu di Indonesia. Di Indonesaia, iPhone 6 dibanderol dengan harga ‘hanya’ Rp 10 jutaan.

Keadaan perekonomian Venezuela memang sangat miris. Salah satu penyebab melemahnya perekonomian Venezuela adalah kuranganya investor dan mata uang Dollar yang beredar di sana. Keadaan ini membuat penduduk Venezuela kesulitan untuk membeli ponsel. Akibatnya, daya beli penduduk terhadap ponsel pun semakin menurun.

Berdasarkan estimasi dari Pyramid Research, hanya ada sekitar 4,9 juta perangkat gadget yang akan dijual di Venezuela pada tahun 2015 ini. Angka tersebut menurun sebanyak 46 persen dari estimasi penjualan gadget di Venezuela pada tahun 2012.

Seperti dikutip dari Bloomberg pada Rabu (24/6), selain harga iPhone 6 yang membumbung tinggi tadi, ponsel jenis lain pun mulai jarang ditemukan di Caracas, ibu kota Venezuela. Toko-toko di Venezuela bahkan ada yang sama sekali tak menjual produk Apple dan hanya menyediakan ponsel-ponsel murah buatan Samsung, Huawei, atau ZTE.

Kondisi yang terjadi di Venezuela ini pastinya bertolak belakang dengan situasi di Tanah Air. Di Indonesia, segala macam produk gadget terbaru tersedia dan sangat mudah ditemukan. Tentunya kita harus bersyukur bahwa kita hidup di negeri semakmur Indonesia. Baca juga Orang Indonesia Hobi Belanja Setelah Sahur dan Instagram Versi Baru Lebih Responsif dan Informatif.

Top