EFF : WhatsApp Perusahaan Teknologi Paling Tidak Aman

WhatsApp Dinilai Terburuk dalam Pengamanan Privasi Pengguna – Keamanan menjadi hal sangat dipertimbangkan, ketika kita menggunakan sebuah aplikasi. Hal itu menjadi sangat jelas, karena pasti taka da pengguna yang ingin data atau percakapan pribadinya, diketahui oleh pihak-pihak yang tak semestinya. Berkaitan dengan aplikasi, saat ini aplikasi apa yang sering anda pergunakan untuk berkomunikasi? Jika WhatsApp adalah jawabannya, mungkin informasi berikut ini bisa menjadi pertimbangan bagi kawan Begawei.

WhatsApp layanan paling tak aman

Dalam laporan tahunannya, The Electronic Frontier Foundation (EFF) memberikan predikat perusahaan teknologi terburuk dalam hal pengamanan privasi pengguna, kepada WhatsApp. Hal itu terjadi, ketika lembaga tersebut memberikan penilaian, mengenai “reaksi” para perusahaan yang layanannya berhubungan erat dengan privasi pelanggannya. Penilaian itu dilakukan dengan menggunakan lima indikator. Apa hasilnya?

Dari penilaian tersebut, WhatsApp bersama dengan AT&T, hanya mendapat satu bintang dari lima indikator yang tersedia. Satu bintang tersebut merefleksikan keikutsertaan WhatsApp menentang pembocoran informasi penggunanya. Sangat disayangkan juga,  pada indikator penilaian lainnya, WhatsApp dinilai masih kurang cakap. Cnet mengabarkan, WhatsApp dianggap tak menerapkan praktik-praktik terbaik yang mengikuti standar keamanan industri lain. Secara sederhana, WhatsApp yang memberikan layanan chatting bagi penggunanya, dinilai cuek dengan berbagai issue strategis. Layanan yang identic dengan warna hijau itu, dianggap kurang informatif terkait beberapa isu. Misalnya, isu penghapusan konten tertentu yang diimbau pemerintah dan kebijakan terkait penyimpanan data. WhatsApp seolah-olah mengabaikannya.

Selain nama WhatsApp yang “dianugerahi” predikat perusahaan paling tak aman, EFF juga menyebut nama Google dan Microsoft, sebagai perusahaan yang juga dianggap kurang aman. Mereka mendapatkan tiga bintang dari serangkaian kriteria penilaian. Namun jika ditelaah lebih jauh lagi, fakta ini cukup aneh. Pasalnya, Google dan Microsoft selama ini sesumbar terkait perhatian mereka terhadap pentingnya perlindungan keamanan bagi pengguna.

Berkebalikan dengan WhatsApp, Google dan Microsoft, predikat paling aman didapatkan lima perusahaan teknologi. Mereka dinilai memenuhi semua standar keamanan bagi pengguna. Kelimanya adalah Adobe, Apple, Dropbox, Yahoo, dan WordPress. Baca juga ‘Flow’, Aplikasi Chatting Buatan Microsoft yang Akan Saingi WhatsApp dan Pengguna WhatsApp Capai Angka 800 Juta.

 

 

Top