Celah Keamanan Berbahaya Ditemukan di Keyboard Bawaan Samsung

Bug Fatal Ditemukan di Keyboard Bawaan Samsung – Semakin pesatnya perkembangan teknologi tak serta merta membawa dampak positif. Diketahui perkembangan teknologi yang begitu cepat bisa jadi menghasilkan celah keamanan bagi penggunanya yang dapat menimbulkan resiko negatif atau kerugian. Baru-baru ini hal tersebut ditemukan pada aplikasi keyboard alternatif bawaan dari sebagian smartphone Samsung yang ada. Aplikasi keyborad alternatif yang bernama SwiftKey yang disertakan sebagai default keyboard pada sebagian smartphone Samsung dilaporkan memiliki celah keamanan yang berbahaya. Dimana celah keamanan tersebutd dapat dimanfaatkan oleh Hacker untuk menyerang pengguna baik mencuri data atau pun merusak sistem.

Bug Fatal Ditemukan di Keyboard Bawaan Samsung

Dari informasi yang dilansir oleh laman Forbes yang dikutip oleh Kompas Tekno, Rabu (17/6/2015) menyatakan bahwa celah tersebut merupakan “bug” pada metode pembaharuan layanan Language Pack di SwiftKey. Dimana dikatakan bahwa aplikasi tersebut akan melakukan update melalui jalur yang tidak dienkripsi karena berupa plain text, yang resikonya dapat dengan mudah dibobol oleh peretas.

Penyerangan yang dilakukan dapat membuat server proxy palsu untuk menipu aplikasi keyboard SwiftKey dan diam-diam menyisipkan program jahat ke smartphone Samsung pengguna. Diketahui setelah usaha tersebut terlaksana, maka peretas dapat melakukan hal yang diinginkan seperti mencuri informasi penting dari smartphone pengguna atau kejahatan lainnya.

Celah keamanan pada SwiftKey tersebut ditemukan oleh Ryan Welton sebagai peneliti keamanan dari mobile NowSecure, yang mana dirinya mendemontrasikan eksploitasi keamanan aplikasi keyboard tersebut pada sebuah video yang telah di upload pada situs Youtube dengan judul “SamsungKeyboardExploit.”

Saat ini diketahui telah terdapat sekitar 600 juta smartphone Samsung yang menyertakan aplikasi keyboard alternatif SwiftKey. Dimana seluruh pengguna smartphone Samsung tersebut dapat terkena resiko mengenai celah keamanan yang berbahaya.

Dari informasi yang ada smartphone Samsung yang diketahui memiliki resiko celah keamanan tersebut adalah Samsung Galaxy S3, S4, S5 serta Galaxy Note 3 dan 4. Meskipun begitu dikatakan oleh juru bicara SwiftKey bahwa, resiko keamanan ini tidak ditemukan jika aplikasi SwiftKey diunduh secara terpisah dari Google Play Store atau Apple App Store. Dengan kata lain keamanan bisa ditemukan pada aplikasi SwiftKey yang diunduh langsung pada laman web resmi SwiftKey sendiri. Baca juga Google Gelontorkan Dana Besar untuk Temukan Kelemahan Android dan Microsoft Luncurkan Windows 10 Mobile Preview Terbaru.

Top