4G Tahap Dua Siap Dinyalakan Serentak Juli Mendatang

4G Tahap Dua Siap Dinyalakan Serentak Juli Mendatang – Askes data internet tercepat saat ini yakni 4G LTE tahap kedua yakni pada frekuensi baru 1.800 Mhz akan siap diresmikan secara serentak pada bulan Juli 2015 ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Repubik Indonesia yang menyatakan akan meresmikan 4G tahap kedua tersebut di lima kota di Indonesia.

4G Tahap Dua Siap Dinyalakan Serentak Juli Mendatang

Seperti dilansir dari laman Kompas Tekno, Rabu (24/6/2015), saat ditemui di sela-sela apel Pengecekan Kesiapan Jaringan Bergerak Seluler untuk Mudik 2015, Rudi mengatakan bahwa, “Jadi mereka (operator telekomunikasi) mau mengadakan update bahwa sudah siap untuk 4G LTE. Kalau dari kami, untuk 6 Juli sih siap saja, tinggal bagaimana operatornya. Soal lokasi penyelenggaraan pun kami serahkan ke operator”.

Rencana ini memang berkaitan dengan antisipasi lonjakan traffic komunikasi seluler saat mudik nantinya. Diketahui peresmian 4G tahap kedua tersebut merupakan uji jaringan yang diterapkan oleh seluruh operator telekomunikasi di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat, XL, Hutchinson Tri dan Telkom.

“Waktunya kami majukan supaya lebih siap. Selain itu kan kita punya program besar, yaitu penataan 4G LTE. Penataan ini juga kita freeze seminggu sebelum dan sesudah lebaran untuk memastikan pengguna layanan telekomunikasi tidak mengalami gangguan,” terang Rudi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemenkominfo Ismail Cawidu mengatakan bahwa, menteri nantinya akan mendeklarasikan gelaran 4G LTE tersebut dari Makassar. Dari kota tersebut, Telkomsel juga akan meresmikan layanan 4G LTE terbarunya. Kemudian operator lainnya pun melakukan hal yang sama. Dimana XL meresmikan 4G LTE terbaru di Mataram, Indosat di Balikpapan, Hutchinson Tri di Banjarmasin, dan Smartfren di Batam. Untuk Smartfren, mereka menyelenggarakan 4G LTE di frekuensi yang berbeda yakni 850 Mhz saja.

“Kita melaksanakan ini serentak karena di tahap ini memang lebih penting mengedepankan kebersamaan daripada kompetisi. Kalau nanti 4G sudah tuntas digelar semua, ya mau berkompetisi silahkan saja,” ujar Chief RA.

Sebelumnya, Kemenkominfo dan para operator memang telah sepakat untuk melaksanakan penataan jaringan 4G LTE ini menggunakan metode cluster. Pemerintah pun memberi lampu hijau kepada operator apabila ingin menyelenggarakan 4G LTE di suatu cluster. Asalkan penataan mereka di cluster tersebut sudah selesai. Baca juga Orang Indonesia Hobi Belanja Setelah Sahur dan LG Luncurkan Smartphone Baru dengan Speaker 1 Watt.

Top