Trend Belanja Online Ancam Kelangsungan Hidup Counter HP

Trend Belanja Lewat Online Shop Mengancam Eksistensi Counter Handphone – Perkembangan teknologi ternyata tak hanya berhubungan dengan perangkat yang semakin canggih saja. Kemajuan teknologi juga mempengaruhi gaya hidup para pengguna gadget. Di Indonesia sendiri, salah satu efek kemajuan teknologi adalah pergeseran cara belanja penggila gadget dari yang sebelumnya secara face to face kini menjadi berbelanja jarak jauh via sambungan internet, atau istilah bekennya belanja online.

trend-belanja-lewat-online-shop-mengancam-eksistensi-counter-handphone

Trend belanja online di Tanah Air memang menunjukkan peningkatan yang semakin tinggi. Selama kurang lebih dua tahun terakhir, masyarakat Indonesia mulai gemar memanfaatkan situs online shop untuk keperluan belanja, termasuk berburu ponsel pintar atau gadget terbaru. Perlahan namun pasti, toko online berhasil menarik minat para pemburu gadget di Indonesia.

Toko online memang menawarkan lebih banyak kemudahan dari pada counter HP yang biasa kita temui di tempat-tempat umum atau pusat perbelanjaan. Kemudahan yang ditawarkan penyedia layanan online shop tersebut memang mengikuti perkembangan teknologi dan semakin banyaknya pengakses internet di Tanah Air. Tingginya pengakses internet via smartphone itulah yang membuat toko online menjadi lebih populer karena pelanggannya bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja.

Semakin populernya toko online memang memudahkan para calon pembeli gadget, namun ternyata hal ini berbanding terbalik bagi pengusaha counter HP. Karena pelanggan yang cenderung berpindah ke toko online, perlahan-lahan counter HP pun mulai ditinggalkan. Hasilnya, omzet para pengusaha counter HP pun ikut menurun drastis.

Salah satu contoh counter HP yang mulai dikalahkan oleh toko online bisa kita temui di beberapa pusat perbelanjaan yang menjadi sentra belanja produk IT atau gadget, misalnya Mall Ambassador. Jika beberapa tahun lalu lantai khsusus di Mall Ambassador yang menjadi pusat gadget begitu ramai oleh pengunjung, maka kondisi terkini dari salah satu mall terbesar di Ibu Kota itu mulai sepi. Bahkan, beberapa counter HP pun sudah ada yang gulung tikar karena terus-terusan merugi akibat minimnya pembeli.

Kondisi lebih baik dialami oleh Roxy Mas. Gudangnya produk IT yang menjadi idola penduduk Jakarta dan sekitarnya itu masih bisa bertahan meski omzetnya tak sebanyak dahulu. Staff Customer Relation Tennant Roxy Mas Jakarta, Lola Sopalau, menerangkan bahwa kunci keberhasilan Roxy Mas menjaga para pelanggannya terletak pada inovasi masing-masing pelaku bisnis di dalamnya serta modal kepercayaan yang sudah terjalin antara pedagang dan pembeli. Baca juga Samsung Galaxy Tab S2 Dirumorkan Meluncur pada Juni 2015 dan Bolt Pidanakan Pelaku Unlock Modem 4G LTE.

Top