Prosesor Flagship Qualcomm adalah Prosesor Quad Core?

Qualcomm Snapdragon 820 CPU Flagship Quad Core – Setelah beberapa saat lalu, perusahaan mikro prosesor khusus untuk perangkat seluler dan gadget asal Amerika Serikat yakni Qualcomm, yang telah mengumumkan produk terbarunya yaitu Qualcomm Snapdragon 818 sebagai jawaban atas datangnya produk prosesor seluler terbaru yang canggih dari kompetitornya yaitu MediaTek yang menghadirkan Helio X20. Ternyata Qualcomm juga menyiapkan prosesor seluler atau gadget terbaru mereka yang lebih canggih daripada Snapdragon 818. Bahkan diketahui prosesor Qualcomm ini merupakan penerus dari prosesor mobile flagship andalannya saat ini yaitu Qualcomm Snapdragon 810. Dari informasi yang beredar prosesor Qualcomm terbaru ini memiliki nama snapdragon 820. Meski membawa kedigdayaan performa seperti prosesor flagship Qualcomm sebelumnya, tetapi dikatakan bahwa Snapdragon 820 ini merupakan prosesor Quad Core atau prosesor dengan inti.

Qualcomm Snapdragon 820 CPU Flagship Quad Core

Ternyata dari informasi yang ada, Qualcomm lebih berpendapat bahwa ketimbang menambah jumlah inti prosesor pada prosesor Qualcomm flagship terbaru, perusahaan mikro prosesor asal Amerika Serikat ini lebih memfokuskan performa pada setiap inti prosesor yang ada pada Snapdragon 820.

Informasi tersebut kemudian diperkuat dari laman Tech Gadgetsz yang mengatakan bahwa Qualcomm akan menciptakan Snapdragon 820 dengan menggunakan fabrikasi 14 nm. Diketahui pula bahwa prosesor Qualcomm terbaru ini akan memiliki teknologi FinFET, yang diklaim memiliki fitur efisiensi daya dan kestabilan suhu yang cukup baik.

Dari informasi yang beredar nantinya, Snapdragon 820 ini tidak akan menggunakan arsitektur dari ARM sepenuhnya. Tetapi merupakan prosesor Qualcomm yang dimodifikasi dari teknologi ARMv8 yang mereka beri nama Kryo. Keempat inti prosesor Qualcomm terbaru ini nantinya akan terbagi menjadi dua cluster, yaitu dengan kecepatan @1,7 GHz untuk performa bawah sampai menengah dan @2,2 GHz untuk performa atas. Dari segi fitur, Snapdragon 820 ini sama seperti Snapdragon 818 yag telah mendukung RAM LPDDR4.

Sedangkan untuk kartu grafisnya seperti biasa, Qualcomm tetap mempercayakan GPU Adreno akan yang akan menjadi duet utama mereka. Kali ini Adreno 530 akan menjadi komponen penghasil kualitas visual powerfull dari Snapdragon 820. Sebagai satu prosesor dengan komputasi 64-bit, Snapdragon 820 sudah pun mendukung konektivitas 4G LTE Cat.10 (kecepatan hingga 450 Mbps). Untuk urusan foto dan video, prosesor ini siap mendukung kamera 28 MP dan video 4K dengan kecepatan 60 FPS. Sedangkan untuk waktu tersedianya, Snapdragon 820 kemungkinan besar muncul pada paruh kedua tahun ini. Baca juga MediaTek Resmi Kenalkan Helio X20 dan Smartphone Lokal Kian Tersisih Akibat Semakin Gencarnya Produk Gadget Asing.

Top