Ponsel Pintar ‘Matikan’ Penjualan Kamera Saku

Ponsel Pintar Berharga Murah Semakin Menggerus Penjualan Kamera Saku – Kehadiran perangkat ponsel pintar yang memiliki teknologi fotografi canggih memang telah menjadi tren baru di kalangan pecinta gadget dunia, termasuk Indonesia. Umumnya, perangkat smartphone modern telah dilengkapi dengan kamera berkualitas mumpuni yang akan membuat keperluan fotografi penggunanya menjadi lebih mudah dan praktis. Kini, dengan semakin banyaknya smartphone berkamera canggih membuat orang tak perlu lagi menenteng kamera saku saat ingin jalan-jalan atau bertamasya.

ponsel-pintar-yang-berharga-murah-semakin-menggerus-penjualan-kamera-saku

Kehadiran perangkat ponsel pintar lengkap dengan kamera canggih memang membawa pergeseran gaya hidup pengguna gadget. Jika seseorang ingin mengabadikan suatu momen atau peristiwa, pilihan utama untuk merekam momen tersebut adalah perangkat smartphone, bukan lagi kamera saku atau pocket camera. Selain lebih mudah dan terintegrasi dengan banyak aplikasi sosial media yang menjadi tren masa kini, sekarang pun sudah banyak perangkat ponsel pintar yang mampu menghasilkan jepretan foto berkualitas setara dengan kamera saku.

Semakin banyaknya varian smartphone berkamera canggih akhirnya membawa dampak buruk pada penjualan kamera saku. Division Manager Canon Image Communication Product, Sintra Wong mengungkapkan bahwa penjualan kamera saku memang terus mengalami penurunan.

“Selama dua tahun terakhir, penjualan kamera saku kelas low-end memang sudah mengalami penurunan. Bisa dibilang, penurunan penjualan kamera saku ini memang dipengaruhi oleh semakin meningkatnya kualitas kamera pada smartphone atau ponsel,” ujar Sintra saat ditemui di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Sintra menambahkan, meski penjualan kamera kelas menengah ke bawah terus anjlok, tidak demikian halnya dengan kamera-kamera pocket kelas premium. Meski tak terlalu siginifikan, penjualan kamera saku Canon kelas premium masih mampu berkontribusi maksimal.

Sintra memberikan contoh, penjualan Canon Powershot seri SX dan J yang merupakan kamera saku kelas premium masih berada di jalur normal. Masih menurut Sintra, biasanya orang-orang yang masih gemar menggunakan kamera saku adalah mereka yang memang menginginkan perangkat kamera berharga murah dan tak terlalu memperhatikan kualitas atau spesifikasi yang ada pada kemera saku tersebut. Baca juga Kamera Samsung Galaxy S6 Bermasalah dan iPhone Akan Berbekal Kamera Berkualitas DSLR.

Top