Mi 4i Tanpa MicroSD, Ini Solusi Xiaomi

USB OTG Jadi Solusi Penyimpanan Data di Mi 4i – Pengguna gadget di Indonesia, akhirnya resmi bisa menikmati keampuhan Mi 4i. Handset yang satu ini jelas menjadi pilihan yang ike, karena menyodorkan spesifikasi dan harga yang menarik. Namun sebagai smartphone Android, ternyata Mi 4i tak dilengkapi dengan slot microSD. Dengan begitu, maka pengguna hanya akan “mandeg” dengan kapasitas storage sebesar 16 GB. Menurut kawan Begawei, apakah kapasitas penyimpanan tersebut cukup bisa mengcover kebutuhan pengguna? Untuk anda yang merasa kapasitas internal memory 16 GB adalah ukuran yang kurang besar, ternyata Xiaomi memberikan solusinya.

solusi xiaomi untuk mi 4i

Vendor asal Tiongkok itu, memang telah berkomitmen untuk tak lagi menyematkan card slot microSD ada besutan-besutan barunya. Hal itu merupakan bentuk “kekecewaan” Xiaomi terhadap maraknya penggunaan microSD palsu oleh para pengguna ponsel. Padahal itu justru akan merusak perangkat. Namun kawan Begawei tak perlu kebingungan. Xiaomi sudah menyiapkan solusinya dengan menghadirkan fitur lain di lini storage.

Vice President Xiaomi Global, Hugo Barra mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan USB OTG (on the go). Dengan fitur tersebut, kebutuhan multimedia tetap akan tercover dengan baik, pun tak ada microUSB.

“Saya pikir memori internal 16 GB cukup. Kalau kurang, Mi4i sudah memiliki kemampuan USB OTG. Jadi pengguna bisa langsung membuka atau menyimpan file di flashdisk tersebut,” terangnya saat berbicara dengan media.

Dengan fitur USB OTG (on the go), perangkat smartphone Android  dimungkinkan untuk terhubung langsung dengan media penyimpanan, seperti flashdisk dan harddisk eksternal. Pengguna hanya perlu menyediakan adapter USB ke micro-USB. Hugo menilai, pengguna mungkin akan sedikit mengeluh karena belum terbiasa. Namun hal itu akan terselesaikan setelah para pengguna bisa beradaptasi.

“Pada awalnya orang mungkin banyak komplain mengenai hal seperti ini, tapi nanti mereka akan menerima. Umumnya kan kita menginginkan punya banyak fitur, tapi belum tentu fitur itu tepat,” ujarnya.

Hugo menambahkan, bahwa menurutnya kapasitas 16 GB sudah cukup untuk menampung kebutuhan multimedia mulai dari foto, musik hingga film. Terutama karena umumnya pengguna tidak menyimpan data-data multimedia itu dalam bentuk full high definition (full HD). Namun jika keluhan terus berdatangan, kemungkinan  Xiaomi akan melakukan perubahan. Bukan dengan menghadirkan kembali slot microSD, namun dengan memperbesar kapasitas memory internal pada smartphonenya.

“Kalau itu kurang, kami punya rencana untuk mengeluarkan yang kapasitasnya lebih besar. Tapi soal ini masih menunggu potensi permintaannya. Jika banyak, kami tidak menutup kemungkinan untuk meluncurkannya,” tutup Hugo. Baca juga Xiaomi Tidak Lagi Produksi Ponsel dengan MicroSD dan Xiaomi Mi 4i Gunakan Komponen dari Samsung dan Sony.

Top