MediaTek Resmi Kenalkan Prosesor Tercanggihnya

MediaTek Resmi Kenalkan Helio X20 – Salah satu produsen prosesor ternama untuk perangkat smartphone dan gadget asal Taiwan yakni MediaTek akhirnya secara resmi memperkenalkan prosesor Mediatek yang terbaru dan tercanggih saat ini yaitu, Helio X20. Sebelumnya memang MediaTek baru memperkenalkan secara terbatas bersamaan dengan prosesor MediaTek terbaru lainnya yaitu Helio X10. Untuk MediaTek Helio X20 sendiri ini sebenarnya memiliki nama asli MediaTek MT6797. Prosesor MediaTek terbaru ini merupakan prosesor andalan di masa yang akan mendatang karena prosesor MediaTek ini adalah prosesor deca-core (10 inti) pertama yang menerapkan Tri-Cluster. Artinya, di dalam prosesor MediaTek terbaru ini terdapat tiga macam arsitektur yang sama-sama berbasis ARM.

MediaTek Resmi Kenalkan Helio X20

Sesuai informasi yang dilansir oleh laman Anandtect, menyatakan bahwa prosesor MediaTek terbaru yakni Helio X20 ini memiliki tiga cluster yang berbeda. Dimana tiga cluster tersebut terdiri dari 2 x ARM Cortex-A72 yang berkecepatan maksimal mencapai @2,5 GHz, lalu ada 4 x ARM Cortex-A53 yang berkecepatan maksimal mencapai @2,0 GHz, dan terakhir ada 4 x ARM Cortex-A53 yang berkecepatan maksimal mencapai @1,4 GHz.

Jika dibandingkan dengan bocoran informasi terkait kompetitor utama MediaTek yaitu Qualcomm yang dikabarkan tengah mempersiapkan prosesor terbarunya yaitu Snapdragon 818, dimana prosesor tersebut yang dikatakan juga merupakan prosesor deca-core ternyata sebenarnya hanya menggunakan dua arsitektur. Diketahui ARM Cortex-A53 yang digunkan oleh Qualcomm terbagi menjadi dua cluster yang dibedakan berdasarkan kecepatan.

Saat ini prosesor MediaTek terbaru ini diklaim sebagai prosesor pertama yang menanamkan modem CDMA2000 yang telah terintegrasi, dan dukungan konektivitas LTE Cat.6. Meskipun begitu Helio X20 sebenarnya menggunakan teknologi yang sedikt tertinggal karena mengandalkan RAM LPDDR3, sedangkan Snapdragon 818 telah mengandalkan RAM LPDDR4. MT6797 ini ternyata sudah siap mendukung resolusi kamera tinggi yang mencapai 32 MP.

Untuk kualitas Visualnya sendiri, Helio X20 ini menggunakan GPU Mali T800, dimana performa kartu grafis tersebut diklaim 40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan Helio X10 yang masih menggunakan PowerVR G6200. MediaTek juga menyatakan bahwa prosesor terbarunya yang canggih ini memiliki konsumsi daya 30 persen lebih irit dibandingkan dengan prosesor dual-cluster. Dari informasi yang beredar prosesor ini memiliki fabrikasi 20 nm, dan dijadwalkan akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang. Baca juga Kelebihan Sistem Operasi Android M : Lebih Aman Untuk Data Pribadi dan Apple Semakin Sering Bekerjasama dengan Tiongkok.

Top