Lenovo Indonesia Siap Penuhi Kebijakan TKDN

Lenovo Indonesia Siap Penuhi Kebijakan TKDN – Sebuah produsen smartphone ternama asal Tiongkok yang ada di Indonesia yakni Lenovo Indonesia, menyatakan bahwa saat ini sedang mempersiapkan segala hal yang terkait dengan wacana penerapan produsen smartphone yang memiliki kandungan lokal sebesar 40 persen. Ternyata aturan kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang disampaikan oleh Menkominfo beberapa saat lalu pun disambut positif oleh Lenovo Global yang berpusat di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Dimana Lenovo Global menyatakan siap membantu apapun terkait dengan aturan yang akan diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia pada seluruh produsen smartphone dunia yang ada di Tanah Air.

Lenovo Indonesia Siap Penuhi Kebijakan TKDN

Salah satu pihak Lenovo Indonesia, Adrie R. Suhadi yang merupakan Sales Lead Lenovo Indonesia pun menyatakan bahwa, “”Saat ini kita sedang on progress menyiapan semuanya, kan belum ketok palu, nanti kalau sudah tahu seperti apa baru saya share.”

Namun salah satu petinggi Lenovo Indonesia tersebut memang belum secara detail memberi penjelasan mengenai persiapan apa saja yang dilakukan oleh Lenovo Indonesia dalam menghadapi aturan pemberlakuan kebijakan TKDN yang rencananya akan dilaksanakan paling lambat pada tahun 2017 mendatang.

Menurut salah satu petinggi Lenovo Indonesia, perusahaan smartphone ini akan tetap mematuhi aturan Pemerintah Indonesia apapun bentuknya nanti. Begitu pun juga untuk perusahaan induk mereka yaitu Lenovo Group yang juga akan mengikuti aturan yang ada di sejumlah negara yang merupakan target pemasaran perusahaan elektronik dan gadget asal Tiongkok tersebut.

“Ya kami selalu berkomunikasi, Lenovo Global mengatakan siap membantu kami jika (TKDN 40 persen) sudah disahkan,” tambah Adrie.

Untuk saat ini memang Lenovo Indonesia belum memutuskan apakah akan membangun pabrik di Indonesia untuk memenuhi aturan kebijakan TKDN tersebut atau tidak.

“Belum tahu bentuknya nanti, apakah bangun pabrik atau kita pakai sistem outsource, nanti dipikirkan lagi, yang jelas global siap membantu,” sambung Adrie.

Memang telah kita ketahui bersama bahwa aturan kebijakan TKDN yang disampaikan oleh Menkominfo ditujukan untuk perangkat seluler yang telah memiliki teknologi 4G LTE. Dimana berbagai smartphone dari berbagai vendor harus memenuhi Tingkat Kandungan Lokal Dalam negeri minimal 40 % jika mereka tetap ingin memasarkan produknya. Untuk kebijakannya sendiri telah dikeluarkan oleh Menkominfo sejak akhir April lalu. Baca juga Kelebihan Sistem Operasi Android M : Lebih Aman Untuk Data Pribadi dan Kartu Nama Steve Jobs Dibanderol Harga Fantastis.

Top