Hewan Peliharaan Juga Punya Perangkat Canggih Lho…!

Wearable Device Untuk Hewan Peliharaan – Saat ini, berbagai macam perangkat canggih sudah beredar luas. Tak hanya sebatas alat, namun perangkat tersebut bisa dipakai dalam penggunaan sehari-hari. Kawan Begawei pasti sudah ngeh dengan berbagai macam wearable device yang ada. Terbaru, yang sedang menjadi perbincangan hangat adalah smartwatch, alias jam tangan pintar. Ternyata, perkembangan wearable device pun semakin canggih dan unik saja. Saat ini, tak hanya manusia saja yang bisa menikmati wearable device. Hewan peliharaan pun bisa merasakan kecanggihannya. Perangkat seperti apa yang dimaksud?

wearable device untuk hewan

Wearable device yang digunakan pada hewan itu, berupa kalung pintar khusus anjing. Adalah perusahaan bernama DogTelligent, yang mereka-reka perangkat unik itu. Gunanya adalah memudahkan komunikasi dengan pemiliknya.

DogTelligent menamai kalung cerdas itu, dengan nama Connected Collar. Bagaimana tidak cerdas, berbagai teknologi canggih tersemat di dalamnya. Connected Collar dilengkapi dengan GPS, Wi-Fi, pengukur suhu, lampu LED, sensor accelometer, bahkan hingga koneksi di jaringan 3G. Menarik bukan? Sementara itu, untuk memudahkan komunikasi lewat suara, Connected Collar dilengkapi dengan speaker ultrasonik dan mikrofon. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Kalung anjing tersebut, dapat sedikit mengencang saat memberikan peringatan. Keberadaan anjing dapat langsung diketahui dari siulan yang otomatis berbunyi. Berdasarkan laporan Mirror, kalung itu juga memiliki sengatan untuk mencegah anjing agar tidak berlari terlalu jauh bisa  Namun pemilik tak perlu khawatir, karena sengatan dan “peringatan” untuk anjing tak akan melukai anjing tersebut.

Pemilik bisa mengatur zona aman bagi anjing lewat aplikasi yang diinstal di telepon pintar. Aplikasi dapat berfungsi melacak keberadaan anjing ketika berada jauh dari pandangan. Cara kerja itu, hamper serupan dengan fitur fitness, yang ada pada smartwatch.   Lebih canggihnya lagi, pengaturan juga dapat menyesuaikan agar anjing tidak menyalak terlalu kencang. Gelombang ultrasonik akan mengirimkan perintah yang diklaim tidak dapat didengar oleh manusia.

Bagaimana, kawan Begawei tertarik? Menyoal harga, satu unit Connected Collar dibanderol US$ 159 atau setara dengan harga Rp 2 juta. DogTelligent berencana mengembangkan perangkat siap pakai lain yang dapat berfungsi memberi makan otomatis. Perusahaan juga tengah merancang mainan khusus untuk hewan peliharaan. Baca juga Alasan Acer Belum Terjun Langsung Pada Pasar Smartwatch dan Smartwatch Sony Berbahan e-Paper.

Top