Hati-hati, Ternyata System Update dari Lenovo Rentan Dibobol

System Update dari Lenovo Rentan Dihack – Informasi teknologi terbaru yang Begawei sampaikan kali ini datang dari perusahaan perangkat komputer dan perangkat telekomunikasi ternama asal negeri Tirai Bambu yaitu Lenovo. Dimana perusahaan telekomunikasi kebanggaan warga Republik Rakyat Tiongkok yang baru saja merayakan 10 tahun akuisisi Thinkpad dari IBM pada kemarin, Rabu (6/5/15) malah mendapatkan masalah pada sistem perangkat seluler yang mereka ciptakan. Dimana masalah tersebut mengenai keamanan produk dari komputer Lenovo, yang ditemukan di Amerika Serikat.

Ternyata System Update dari Lenovo Rentan Dibobol

Sesuai informasi yang The Verge yang dikutip Metrotvnews Teknologi menyatakan bahwa, perusahaan keamanan IOActive melaporkan telah menemukan celah keamanan berbahaya dalam sistem pembaruan yang dihadirkan oleh Lenovo pada komputer Lenovo yang telah dipasarkan. Dimana dengan celah keamanan tersebut memungkinkan peretas dapat menerobos uji validasi, mengganti program resmi Lenovo dengan program jahat, dan mengendalikannya dari jauh. Tentu saja jika hal ini terjadi maka dapat membuat kerugian bagi pengguna komputer Lenovo yang tersebar di seluruh dunia.

Selain itu diketahui penyerang atau peretas juga dapat membuat otoritas sertifikat palsu sehingga program jahat yang disisipkan pada perangkat komputer Lenovo seolah-oleh merupakan program resmi yang dihadirkan oleh Lenovo melalui System Update. Diketahui celah keamanan berbahaya ini ditemukan pada Lenovo System Update versi 5.6.0.27 dan versi sebelumnya.

Dengan adanya penemuan mengenai celah keamanan Lenovo oleh perusahaan keamanan IO Active membuat perusahaan perangkat telekomunikasi asal Tiongkok ini segera berbegas. Dimana saat ini Lenovo telah bekerjasama dengan perusahaan keamanan IOActive untuk melakukan perbaikan dan menutup celah yang ada. “Tim keamanan dan pengembangan Lenovo telah bekerjasama secara langsung dengan IOActive terkait dengan temuan mereka tentang kerentanan Lenovo System Update,” kata Lenovo.

Dengan kondisi tersebut, hasilnya Lenovo saat ini telah menerbitkan pembaharuan System Update mereka yang sudah memiliki perbaikan pada bulan April lalu. Diketahui pengguna komputer Lenovo harus mengunduh pembaharuan secara manual di situs resmi Lenovo yang ada. Berdasarkan pernyataan yang dilansir oleh pihak Lenovo ternyata perangkat komputer  Lenovo yang rentan terkena serangan dan harus melakukan update terbaru yaitu Lenovo V/B/K/E Series, Lenovo All ThinkPad, All ThinkCentre, dan All ThinkStation. Baca juga Trend Belanja Lewat Online Shop Mengancam Eksistensi Counter Handphone dan Generasi Terbaru Android, Yakni Android M.

Top