Harga Lenovo A3900 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Lenovo A3900 – Hai! Begawei hadir kembali untuk untuk kamu semua penggila gadget di Indonesia. Kali ini Begawei akan membahas satu unit gadget baru racikan vendor asal Tiongkok, Lenovo. Setelah beberapa kali merilis ponsel pintar kelas menengah ke atas, kali ini perusahaan teknologi asal Negeri Tirai Bambu itu kembali dengan membawa smartphone kelas pemula yang harganya dipastikan akan sangat terjangkau. Yup! Kali ini pabrikan asal Tiongkok tersebut mengenalkan Lenovo A3900 yang menurut rencana akan mulai dirilis secara resmi pada pertengahan Mei 2015 ini. Sebelumnya, Lenovo telah memperkenalkan varian Lenovo P70 yang menempati pasar kelas menengah ke atas. Nah kali ini, Lenovo A3900 yang akan kita bahas adalah tipe smartphone kelas pemula atau level menengah ke bawah namun tetap menawarkan kecanggihan dan fitur-fitur seru. Kemunculan Lenovo A3900 ini juga mempertegas bahwa Lenovo tetap serius menggarap pasar ponsel pintar kelas pemula meski akhir-akhir ini sering merilis smartphone level premium.

lenovo a3900

Hadir sebagai pilihan para pecinta gadget level pemula, Lenovo A3900 tetap dibekali dengan komponen yang cukup bagus serta fitur canggih khas smartphone Android racikan Lenovo. Meski layarnya bukanlah jenis layar terbaik, namun Lenovo A3900 tetap menawarkan pengalaman seru karena bentangan layarnya yang mencapai 5 inci akan memberikan tampilan visual yang sangat lega. Selain itu, lini konektivitas pada Lenovo A3900 juga membawa teknologi terbaik berupa jaringan 4G LTE yang dipastikan akan memberikan layanan internet super cepat kepada penggunanya. Hmmm.., kira-kira ponsel pintar terbaru dari Lenovo ini punya kecanggihan apa lagi ya? Nah, buar kawan Begawei yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Lenovo A3900 ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkapnya spesial buat kamu semua. Simak ya!

hp lenovo a3900

Spesifikasi Lenovo A3900

Visualisasi Lemah Namun Punya Tampilan Lega Berkat Layar 5 inci

Bicara soal desain luar pada spesifikasi Lenovo A3900 kali ini, kita akan disuguhi dengan satu unit smartphone level pemula namun memiliki desain yang sederhana dan nampak elegan. Dari tubuhnya, ponsel pintar asal Negeri Panda ini memiliki dimensi tubuh 142.8 x 71.8 x 9 mm dengan bobot mencapai 157 gram. Dengan bentuk yang lebar namun tipis tersebut, Lenovo A3900 akan nampak layaknya smartphone kelas premium. Ponsel pintar ini juga memiliki bentangan layar berukuran 5 inci. Dengan IPS LCD Capacitive Touchsecreen tersebut, Lenovo A3900 akan memberikan tampilan visual yang lega. Meski memiliki bentangan layar yang cukup lega, namun ternyata layar pada Lenovo A3900 hanya memiliki resolusi sebesar 480 x 854 pixels dengan tingkat kerapatan 196 ppi pixel density serta kekayaan warna mencapai 16 M. Karena hanya memiliki resolusi yang tergolong rendah, maka tampilan visual Lenovo A3900 pun tak akan setajam ponsel pintar kelas atas lainnya. Jadi, jangan heran jika gambar yang ditampilkan oleh smartphone ini akan sedikit terlihat pecah-pecah saat di zoom-in. Selain resolusinya yang termasuk rendah, satu lagi catatan minus pada spesifikasi Lenovo A3900 di sektor visualisasi adalah, ponsel pintar ini belum dilengkapi oleh proteksi layar built-in sehingga kawan Begawei harus menambahkan screen guard secara manual.

Dapur Pacu Keleas Menengah ke Bawah Andalkan CPU Octa-core

Setelah melihat tampilan luarnya, sekarang kita akan membahas spesifikasi Lenovo A3900 di sektor ‘jeroannya’. Hadir sebagai ponsel pintar Android kelas pemula, kawan Begawei tak akan menemukan spesifikasi mesin yang ‘wah’ pada Lenovo A3900 ini. Sebagai bagian inti pengolah datanya, Lenovo menyematkan CPU dengan prosesor octa-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Mediatek MT6752 serta RAM berkapasitas 512 MB. Kombinasi mesin pada Lenovo A3900 tersebut memang bukanlah komponen-komponen terbaik. Meski begitu, ponsel pintar ini tetap memberikan performa yang cukup baik untuk digunakan beraktivitas secara wajar. Performa standar pada mesin Lenovo A3900 tersebut sedikit tertolong dengan adanya sistem operasi yang cukup bagus, yakni Android OS v4.4.2 atau biasa dikenal dengan OS Android KitKat. Sebagai pelengkap spesifikasi Lenovo A3900 di sektor dapur pacu, Lenovo menyematkan kartu pengolah grafis atau GPU Mali-T760MP2 pada ponsel pintar ini. Keberadaan GPU yang cukup bagus ini, smartphone terbaru racikan Lenovo ini akan mampu menjalankan game-game kelas menengah dengan tampilan yang lumayan baik.

spesifikasi lenovo a3900

Kapasitas Storage Lumayan Luas

Pada segmen ketiga ini, kita akan membahas spesifikasi Lenovo A3900 di bagian ruang penyimpanan file atau storage. Meski hanya menempati ponsel pintar level menengah ke bawah, ternyata Lenovo membekali Lenovo A3900 dengan kapasitas storage yang cukup luas. Tercatat, pabrikan asal Negeri Tirai Bambu tersebut menyematkan internal memory berkapasitas 4 GB. Kapasitas internal memory pada Lenovo A3900 tersebut sudah cukup untuk mengakomodasi file sistem serta berbagai macam file hiburan yang kamu miliki. Namun, jika kawan Begawei masih belum puas dengan spesfikasi Lenovo A3900 di sektor storage ini, kamu masih bisa menambahkan kartu external memory guna menambah kapasitas storage-nya. Storage pada smartphone ini bisa diekspansi hingga mencapai kapasitas 32 GB.

Tandem Kamera 5 MP dan 2 MP di Lini Fotografi

Berikutnya, kita akan membahas spesifikasi Lenovo A3900 pada lini fotografi. Layaknya ponsel pintar level pemula lainnya, smartphone buatan Lenovo ini hanya dibekali dengan lini fotografi standar, namun tetap bisa diandalakan. Sebagai sektor fotografi utama, Lenovo membekali Lenovo A3900 dengan kamera belakang 5 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi 2592 х 1944 pixels. Selain itu, kamera utama Lenovo A3900 tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan LED Flash. Jadi, buat kawan Begawei yang hobi jepret-menjepret foto, tak perlu ragu lagi untuk membawa Lenovo A3900 ini hunting foto di tempat minim cahaya karena bantuan kedua fitur canggih tersebut. Sementara itu, sebagai pelengkap fungsi fotografi pada smartphone masa kini, spesifikasi Lenovo A3900 pada lini fotografi juga dibekali dengan kamera sekunder 2 MP yang terletak di sisi depannya.

spesifikasi hp lenovo a3900

Konektivitas Super Cepat via Jaringan 4G LTE

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Lenovo A3900 di sektor yang menjadi andalannya, yaitu sektor konektivitas. Hadir sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, namun siapa sangka Lenovo membekali produk terbarunya ini dengan teknologi konektivitas terbaik di kelasnya. Yup! Benar sekali! Lenovo A3900 kali ini sudah mengusung teknologi jaringan data 4G LTE yang pastinya akan membuat kamu bisa menikmati koneksi internet super cepat. Berbekal jaringan 4 G pada Lenovo A3900 ini, kamu bisa men-download file dengan kecepatan mencapai 150 Mbps. Sementara untuk keperluan download, ponsel pintar ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal mencapai 50 Mbps. Jaringan seluler lainnya pun juga dibawa oleh Lenovo A3900 ini, mulai dari jaringan GSM hingga jaringan HSPA yang kecepatan akses datanya juga sangat cepat. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Lenovo pada produk barunya ini adalah dengan adanya dua slot SIM Card pada ponsel pintar ini. Jadi, kawan Begawei tak usah repot-repot lagi menenteng dua unit ponsel karena kamu sudah bisa mengaktifkan dua SIM Card sekaligus pada Lenovo A3900 ini. Selain pilihan jaringan data seluler yang sangat lengkap, spesifikasi Lenovo A3900 di sektor konektivitas juga dibekali dengan fitur-fitur canggih lainnya yang akan memudahkan penggunanya. Fitur-fitur canggih tersebut antara lain Bluetooth A2DP, TBC Radio, hingga teknologi A-GPS guna membantu keperluan navigasi penggunanya.

Baterai Standar Berkapasitas 2300 mAh

Pada bagian akhir pembahasan spesifikasi Lenovo A3900 ini, kita akan menengok besaran kapasitas pemasok daya yang dimiliki oleh smartphone asal Tiongkok ini. Meski hanya terhitung sebagai smartphone kelas pemula, ternyata Lenovo A3900 ini dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar. Lenovo menyematkan baterai berkapasitas 2300 mAh untuk ‘menghidupi’ Lenovo A3900 ini. Dengan baterai berkapasitas sedang tersebut, kawan Begawei bisa menggunakan ponsel pintar ini sebagai partner beraktivitas selama seharian penuh. Namun, sebagai antisipasi kehabisan daya di tengah jalan, Begawei tetap menyarankan agar kamu selalu membawa pemasok daya tambahan agar Lenovo A3900 tak mati di tengah-tengah penggunaan. Selain kapasitas yang cukup besar tersebut, ternyata spesifikasi Lenovo A3900 di sektor pemasok daya sudah menggunakan baterai berjenis Lithium Polymer yang tahan lama dan ramah lingkungan.

Lenovo A3900

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman2015, May
StatusComing soon. Exp. release 2015, May
Bodi
Dimensi142.8 x 71.8 x 9 mm (5.62 x 2.83 x 0.35 in)
Berat157 g (5.54 oz)
SIMDual SIM (Mini-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~67.2% screen-to-body ratio)
Resolusi480 x 854 pixels (~196 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4.2 (KitKat)
ChipsetMediatek MT6752
CPUOcta-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPUMali-T760MP2
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal4 GB, 512 MB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
FiturYes
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANYes
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0, USB Host
Fitur
SensorAccelerometer, proximity
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Li-Po 2300 mAh battery

Harga Lenovo A3900

Akhirnya, kita sampai juga pada segmen yang pastinya sudah kamu tunggu-tunggu. Setelah kita membahas spesifikasinya secara lengkap, kini kita akan membahas kisaran harga Lenovo A3900 ini. Meski di beberapa sektor mengecewakan, namun smartphone terbaru racikan Lenovo ini tetap memiliki sektor-sektor lain yang menjadi unggulan. Membawa layar beresolusi rendah, namun harga Lenovo A3900 kali ini terkatrol oleh lini konektivitasnya yang sudah mengusung koneksi data 4G LTE. Selama ini, jarang sekali ada vendor yang menyematkan teknologi 4G pada produk kelas bawahnya. Jadi, Lenovo A3900 sudah memiliki daya tarik tersendiri di sektor konektivitasnya. Berikutnya, kisaran harga Lenovo A3900 juga tertolong oleh kapasitas baterai cukup besar yang dibawanya, yaitu 2300 mAh.

harga lenovo a3900

Beberapa sumber menyebutkan bahwa harga Lenovo A3900 ini adalah sekitar EUR 70. Angka 70 EURO tersebut jika dikonversikan ke Rupiah akan setara dengan Rp. 1,2 jutaan. Cukup murah, kan? Kisaran harga Lenovo A3900 ini memang dipengaruhi oleh komponen-komponen serta fitur yang dibawanya. Meski memiliki nilai minus pada resolusi layar dan dapur pacunya, namun Lenovo A3900 tetap memiliki daya jual yang menarik pada pilihan konektivitas 4G yang diusungnya. Kisaran harga Lenovo A3900 ini juga akan bersaing dengan produk baru lainnya, seperti BenQ B502 atau Huawei Honor Bee yang sebentar lagi juga akan segera rilis.

harga lenovo a3900 terbaru

Dalam beberapa waktu terakhir, Lenovo memang jarang merilis ponsel pintar berharga di bawah Rp. 1,5 jutaan. Namun dengan banderol harga Lenovo A3900 yang sangat terjangkau tersebut, Lenovo memang seperti ingin melanjutkan eksistensinya di pangsa pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Kehadiran Lenovo A3900 memang sangat cocok bagi mereka para pemula pengguna smartphone Android. Kisaran harga Lenovo A3900 juga sangat pas bagi kawan Begawei yang sekedar ingin merasakan koneksi internet super cepat via jaringan 4G. Nah, bagaimana? Tertarik untuk menebus harga Lenovo A3900 yang murah meriah ini? Tunggu rilis resminya paling lambat akhir Mei 2015 ini ya! Baca juga BenQ B502 dan Huawei Honor Bee.

Top