Harga Huawei Y3 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Huawei Y3 – Perusahaan telekomunikasi dan teknologi terbesar di Tiongkok, Huawei, kembali membuat gebrakan untuk meramaikan pasar gadget dunia. Jika produsen lain lebih sering merilis ponsel-ponsel pintar premium berharga selangit, namun kali ini Huawei mengenalkan Huawei Y3 yang diplot untuk menempati segmen ponsel pintar kelas menengah ke bawah atau kelas pemula. Sebenarnya, Huawei Y3 ini telah diperkenalkan kepada publik pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 awal Maret lalu. Nah, setelah diperkenalkan sekitar dua bulan yang lalu, akhirnya Huawei Y3 masuk juga ke Indonesia.

huawei y3

Kehadiran Huawei Y3 di pasar gadget Tanah Air hampir berbarengan dengan kemunculan Huawei Honor Bee, produk smartphone Android racikan Huawei yang juga menempati pangsa pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Meski hanya ditempatkan di segmen pemula, namun Huawei Y3 tetap membawa fitur canggih dan spesifikasi tangguh di kelasnya. Sebagai contoh, untuk produk barunya kali ini Huawei telah menggunakan prosesor quad-core sebagai inti mesinnya. Selain itu, Huawei juga menyediakan Huawei Y3 dalam dua pilihan, yaitu yang bermesin quad-core 1.2 GHz dan juga 1.3 GHz. Kemduian, salah satu andalan Huawei yang disematkan pada Huawei Y3 adalah duet kamera 5 MP dan juga 2 MP. Selama ini, smartphone kelas pemula jarang yang menggunakan kamera utama sebesar 5 MP. Nah, buat kamu yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Huawei Y3 ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

hp huawei y3

Spesifikasi Huawei Y3

Bodi Mungil dengan Tampilan Stylish

Kita awali pembahasan spesifikasi Huawei Y3 dari bagian tampilan luarnya. Sekilas, jika dilihat dari luar ponsel ini akan memunculkan kesan mungil namun stylish. Benar saja, untuk ukuran smartphone, Huawei Y3 memang memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil. Smartphone ini memiliki ukuran 122.6 x 63.8 x 10.9 dengan bobot mencapai 120 gram. Dengan ukuran sekecil itu, ponsel pintar produksi Negeri Tirai Bambu ini akan terasa nyaman di dalam genggaman. Lalu, Huawei Y3 juga membawa teknologi visual yang cukup baik untuk ponsel pintar kelas pemula. Untuk layarnya, Huawei menyematkan layar berjenis WVGA beresolusi 480 x 800 pixels. Dengan bentangan layar mencapai 4 inci, maka Huawei Y3 ini akan memberikan tampilan visual yang cukup bagus kepada penggunanya. Kemudian, salah satu keunggulan yang dibawa spesifikasi Huawei Y3 di bagian layar adalah penggunaan teknologi Huawei Emotion UI 3.0 Lite yang akan memberikan interface menarik kepada pengguna Android pemula.

Dapur Pacu Kelas Pemula Andalkan Prosesor Quad-core

Beralih pada spesifikasi Huawei Y3 di bagian dapur pacu, kali ini kita akan berjumpa dengan unit smartphone kelas pemula namun memiliki komponen mesin yang cukup baik. Sebagai inti penggerak mesinnya, Huawei Y3 mengusung prosesor berinti empat atau quad-core. Huawei sendiri menyediakan Y3 dalam beberapa pilihan berdasarkan tipe prosesornya. Untuk Huawei Y3 seri U03,U23, dan juga U31, Huawei menyematkan prosesor MTK 6582M yang memiliki kecepatan 1.3 GHz. Sementara untuk Huawei Y3 seri U12 dan U42, vendor asal Tiongkok tersebut menanamkan prosesor quad-core Spreadtrum 7731 dengan clock-speed mencapai 1.2 GHz. Meski bukan prosesor kelas atas, namun komponen tersebut mampu menghadirkan kinerja optimal pada ponsel ini. Selanjutnya, untuk mendukung kinerja mesin Huawei Y3, Huawei juga menggunakan RAM berkapasitas 512 MB yang akan memperkuat performa yang dihasilkan oleh smartphone ini. Sebagai pelengkap spesifikasi Huawei Y3, Huawei menggunakan sistem operasi OS Android 4.4.2 (KitKat) untuk ‘mengotaki’ ponsel pintar ini.

spesifikasi huawei y3

Memori Internal 4 GB dengan Slot External Hingga 32 GB

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Huawei Y3 di bagian ruang penyimpanan datanya. Karena hanya merupakan smartphone kelas menengah ke bawah, kali ini Huawei memang tak membekali produk barunya ini dengan storage berkapasitas ekstra luas. Tercatat, Huawei Y3 ini hanya dibekali dengan internal memory berkapasitas 4 GB saja. Internal memory tersebut dapat digunakan untuk mengakomodasi keperluan file sistem serta bisa dimanfaatkan untuk menyimpan file-file pribadi penggunanya. Kapasitas 4 GB yang ada pada Huawei Y3 tersebut memang tak terlalu besar. Untuk itu, Huawei tak lupa melengkapi spesifikasi Huawei Y3 di bagian ruang penyimpanan data dengan slot external memory yang bisa diekspansi lagi hingga mencapai kapasitas 32 GB.

Smartphone Kelas Pemula namun Berkamera Istimewa

Selanjutnya, kita akan membedah spesifikasi Huawei Y3 di bagian fotografi untuk mengetahui kualitas kamera yang diusung oleh produk baru Huawei ini. Sebagai ponsel pintar kelas pemula, ternyata kali ini Huawei Y3 telah dibekali dengan lini fotografi yang cukup istimewa. Sebagai kamera utamanya, Huawei menyematkan kamera berukuran 5 MP. Dengan kamera yang cukup bagus tersebut, kawan Begawei bisa menghasilkan jepretan foto yang cukup tajam dan mendetail. Kamera belakang pada Huawei Y3 ini merupakan salah satu kamera terbaik di deretan ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Sementara itu, untuk melengkapi spesifikasi Huawei Y3 di sektor fotografi, Huawei juga menyematkan kamera sekunder 2 MP yang terletak di sisi depannya.

spesifikasi hp huawei y3

Konektivitas Data Seluler Andalkan Jaringan HSDPA

Kini saatnya kita mengulik spesifikasi Huawei Y3 di sektor konektivitas. Seperti ingin memenuhi kebutuhan pecinta gadget akan koneksi data seluler yang cepat, Huawei pun membekali smartphone barunya ini dengan lini konektivitas yang cukup lengkap. Sebgai koneksi utama, Huawei Y3 mengusung teknologi HSPA+ yang akan membawa penggunanya menikmati akses internet secara cepat dan stabil. Tak hanya itu saja, pilihan jaringan lain mulai dari EDGE hingga WCDMA pun juga telah disematkan pada Huawei Y3 ini. Meski tidak menggunakan teknologi 4G LTE layaknya smartphone premium, namun pilihan jaringan yang dibawa oleh smartphone ini tetap menyajikan akses internet yang bisa diandalkan. Sebagai pelengkap spesifikasi Huawei Y3 di sektor konektivitas, Huawei juga membekali smartphone barunya ini dengan fitur-fitur lainnya seperti Bluetooth dan juga navigasi A-GPS.

Suplai Daya dengan Baterai Berkapasitas 1730 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Huawei Y3 di sektor penyuplai daya. Karena hanya ditempatkan di segmen ponsel pintar kelas pemula, Huawei tak membekali Huawei Y3 dengan unit suplai daya berkapasitas besar. Tercatat, Huawei hanya membekali smartphone barunya ini dengan baterai berkapasitas 1.730 mAh. Kapasitas baterai pada Huawei Y3 tersebut memang terhitung sangat lemah. Namun, karena mesin dan layar smartphone ini tak dibekali dengan komponen kelas atas yang boros konsumsi daya, rasanya baterai pada spesifikasi Huawei Y3 tersebut akan sanggup menopang kehidupan ponsel ini selama seharian.

Huawei Y3

Jaringan
Teknologi HSPA+\WCDMA\GPRS\EDGE(only DL)
UMTS:850/1900/2100(U03,U23,U31)
OR UMTS:900/2100(U12,U42)
GSM/EDGE: 850/900/1800/1900
Pengumuman
Pengumuman 2015, March
Status Coming soon. Exp. release 2015, May
Bodi
Dimensi 122.6 x 63.8 x 10.9 mm
Berat 120 g
SIM Yes
Layar
Tipe LCD
WVGA (480 x 800)
Ukuran 4.0 inches
Resolusi 480 x 800 pixels
Multitouch Yes / EMUI 3.0 Lite
Proteksi
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4 (KitKat)
CPU MTK 6582M CPU, 4 x 1.3 GHz(U03,U23,U31)
Spreadtrum 7731CPU, 4 x 1.2 GHz(U12,U42)
Memori
Card slot microSD
Internal RAM : 512M
ROM : 4GB
Kamera
Kamera Belakang 5MP FF
Video Yes
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types WAV,MP3,MP2,AMR,MIDI,Vorbis,AAC,AAC+,FLAC, OGG
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE, apt-X
GPS GPS/AGPS
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor G-sensor
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion 1730 mAh battery

Harga Huawei Y3

Nah, itulah tadi ulasan Begawei mengenai produk baru dari vendor smartphone asal Tiongkok, Huawei. Sekarang saatnya kita membahas harga Huawei Y3 yang menurut rencana akan mulai dipasarkan secara resmi pada awal Juni 2015 ini. Seperti yang sudah Begawei singgung di awal tadi, kali ini Huawei Y3 memang hanya menempati pasar smartphone entry-level. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi mesin yang Huawei tanamkan pada produk barunya ini. Smartphone asal Tiongkok ini hanya dibekali dengan prosesor quad-core yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 512 MB. Namun, meski mesinnya tergolong lemah, harga Huawei Y3 tertolong berkat adanya duet kamera 5 MP dan 2 MP pada lini fotografinya. Lini fotografi pada ponsel pintar ini merupakan salah satu lini fotografi terbaik untuk smartphone kelas entry-level. Hmmm, kalau begitu kira-kira harga Huawei Y3 ini berapa ya?

harga huawei y3

Huawei membuat strategi pemasaran yang cukup pintar untuk produk barunya ini. Srategi pertama adalah dengan banderol harga Huawei Y3 yang tergolong murah. Berdasarkan rilis resmi Huawei, unit smartphone baru ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 799 ribu saja. Harga Huawei Y3 yang di bawah Rp 1 juta itu pasti akan sangat menarik bagi pecinta gadget Indonesia. Sebagai ponsel pintar level pemula, Huawei Y3 ini memang dihargai dengan banderol harga yang sangat terjangkau semua kalangan. Selain harga yang cukup murah, Huawei juga menjalankan strategi lain yang cukup menarik. Huawei memberikan diskon sebesar 50 persen bagi konsumen yang membeli lewat cara pre-order secara online via situs BliBli.com. Dengan proses itu, konsumen bisa mendapatkan harga Huawei Y3 dengan nominal lebih murah lagi.

harga huawei y3 terbaru

Banderol harga Huawei Y3 yang sangat terjangkau tadi pastinya akan sangat cocok di tengah ekonomi Indonesia yang sedang lesu seperti sekarang ini. Kisaran harga Huawei Y3 tersebut juga akan bersaing ketat dengan produk lain di segmen smartphone kelas pemula seperti Axioo Picophone M4U atau produk satu vendornya, Huawei Honor Bee. Namun, jika dibandingkan dengan kedua pesaingnya itu, Huawei Y3 memiliki keunggulan di sektor fotografinya yang mengusung duet kamera 5 MP dan 2 MP. Nah, buat kamu yang baru saja mengenal serunya dunia Android atau sekedar iseng ingin berganti perangkat, kisaran harga Huawei Y3 yang cukup terjangkau tadi pasti merupakan pilihan menarik. Baca juga Huawei Honor Bee dan Axioo Picophone M4U.

Top